Panduan Lengkap Budidaya Ikan Mas

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Mas

Posted on 8 views

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Mas Ikan mas memiliki harga yang cukup stabil di pasaran. Permintaan pasarnya pun sangat tinggi. Baik untuk skala rumahan hingga industri, jenis ikan ini kerap dicari. Dagingnya yang empuk dan gizinya yang tinggi membuat banyak orang yang senang mengonsumsi ikan satu ini. hal ini yang bisa menjadi dasar anda mengapa harus mencoba budidaya ikan mas. Ikan mas memiliki proses perkembangan yang tidak terlalu lama. Dengan demikian perputaran modal pun tidak terlalu lama sehingga laba pun semakin cepat anda dapatkan.

Ikan mas juga memiliki harga yang variatif. Semakin besar maka semakin tinggi harga jualnya. Selain dagingnya, anda pun bisa menjual telur serta indukan ikan mas. Dengan banyaknya potensi yang bisa dimanfaatkan membuat proses budidaya ikan mas mampu membuahkan hasil optimal. Ikan satu ini juga cukup fleksibel karena bisa hidup di berbagai macam kondisi kolam. Berikut ini uraian selengkapnya untuk cara budidaya ikan mas yang bisa anda coba.

Cara Budidaya Ikan Mas

  1. Pembenihan

Pertama-tama mulailah dari memilih indukan yang unggul. Dari indukan unggul hasil panen optimal pun bisa anda dapatkan. Calon indukan mesti dipisahkan dari jenis jantan dan betina. Baru anda satukan keduanya jika sudah memulai proses pemijahan. Anda bisa melakukan pemijahan menggunakan kolam khusus yang memiliki kakaban sehingga telur ikan akan menempel dan bisa anda optimalkan hasilnya.

  1. Pembesaran

Benih yang digunakan mesti yang berbobot 100 gram per ekor. Ukuran benih tersebut sudah cukup untuk dibesarkan dan kecil resikonya untuk gagal. Anda bisa menggunakan metode air deras, tenang dan tumpang sari untuk memanfaatkan pembesaran. Kolam yang digunakan bisa dari air tanah yang memiliki ciri khas tenang serta memiliki biaya murah. Anda juga bisa menggunakan kolam air deras serta jaring apung agar kolam yang anda miliki lebih tahan lama.

  1. Pengendalian hama penyakit

Penyebaran penyakit ikan mas lebih tinggi seiring dengan besarnya ukuran ikan. Maka untuk meminimalisir penyakit, anda mesti memberikan pakan yang intensif serta tambahan vitamin. Kondisi aliran airnya juga mesti optimal sehingga tidak membuat ikan tersebut kekurangan oksigen. Ikan sudah siap panen jika bobotnya mencapai 400 gram.

  1. Pemberian pakan

Pakan ikan mas berupa pelet dengan protein sebesar 25%. Jumlah pakan yang diperlukan sebanyak 4% dari bobotnya. Timbang ikan secara berkala maksimal dua minggu sekali untuk menyesuaikan kebutuhan pakannya. Pemberian pakan sebaiknya 3 kali sehari agar nutrisi ikan terpenuhi. Lakukan perawatan secara berkala sampai masa panen berlangsung. Kurang lebih 3 bulan.

  1. Panen

Jika bobot sudah mencapai 300-400 gram, ikan mas sudah siap dipanen. Bobot ikan dibawah standar berpotensi untuk dibesarkan kembali sehingga keuntungannya bisa anda dapatkan lebih maksimal. Maka dari itu, timbang ikan dan pilih yang bobotnya sudah memenuhi standar. Waktu yang anda perlukan untuk budidaya ikan sekitar 2-3 bulan dan dalam waktu tersebut, bobot ikan sudah tumbuh berkali lipat.

Demikian uraian mengenai panduan budidaya ikan mas yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *