Membuat Media Tanam Sayuran Dalam Polybag

Membuat Media Tanam Sayuran Dalam Polybag

Posted on 6 views

Membuat Media Tanam Sayuran Dalam Polybag – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa media tanam adalah salah satu faktor yang paling penting karena akan sangat menentukan dalam kegiatan bertani atau berkebun. Perlu Anda tahu bahwa media tanam akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan tanaman yang mana juga akan menentukan tingkat produksi atau panennya. Sekarang ini Anda bisa menemukan berbagai jenis media tanam yang sangat beragam, terlebih lagi teknologi pertanian juga semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Setiap tanaman tentu saja akan membutuhkan media tanam yang berbeda-beda seperti misalnya tanaman sayuran tentu saja akan membutuhkan media tanam yang berbeda dengan jenis tanaman buah. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman sayuran akan membutuhkan media tanam yang gembur sehingga mudah ditembus oleh akar. Anda bisa membuat media tanam di dalam polybag yang mana akan sangat sesuai bagi Anda yang memiliki lahan sempit. Apabila Anda tertarik, maka berikut ini akan kami ulas cara membuat media tanam sayuran dalam polybag.

Membuat Media Tanam Sayuran Dalam Polybag

  1. Langkah Pertama

Untuk membuat media tanam sayuran di dalam polybag, maka Anda harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa bahan yang akan dijadikan sebagai media tanam organik. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah di alam sehingga tidak membutuhkan biaya mahal seperti misalnya tanah, kompos, dan juga arang sekam ataupun sabut kelapa.

  1. Langkah Kedua

Anda bisa mengambil tanah yang terlihat subur yakni memiliki ciri warnanya yang terlihat lebih gelap serta gembur, Anda bisa mengambil bagian tanah yang paling atas dan mengayaknya menjadi butiran yang halus. Perlu Anda perhatikan bahwa usahakanlah agar tanah dalam kondisi kering pada saat proses pengayakan agar tanah tersebut tidak menggumpal menjadi bagian yang padat.

  1. Langkah Ketiga

Setelah mengayak tanah yang subur menjadi butiran halus, maka selanjutnya Anda bisa menyiapkan kompos. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis kompos yang bisa digunakan sebagai media tanam sayuran di antaranya adalah kompos biasa, kompos takakura, ataupun kompos bokashi. Anda juga harus mengayak kompos tersebut hingga menjadi butiran yang halus.

 

  1. Langkah Keempat

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk membuat media tanam sayuran adalah dengan mencampurkan tanah, kompos, dan arang sekam ke dalam suatu wadah menjadi satu. Perbandingan masing-masing bahan yang digunakan adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos, serta 1 bagian arang sekam. Setelah itu Anda bisa mengaduk semua bahan tadi hingga benar-benar merata.

  1. Langkah Kelima

Setelah mengaduk kesemua bahan menjadi satu, Anda bisa menyiapkan beberapa buah polybag. Anda bisa memilih polybag dengan berbagai macam ukuran, hendaknya Anda menyesuaikan ukuran polybag dengan jenis tanaman sayuran yang akan dibudidayakan. Setelah itu Anda bisa memasukkan semua bahan yang telah diaduk ke dalam polybag, dan media tanam siap untuk digunakan.

Media tanam sangatlah penting untuk diperhatikan, Anda bisa membuat media tanam sendiri untuk tanaman sayuran di dalam polybag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *