Panduan Cara Ternak Burung Lovebird1

Panduan Cara Ternak Burung Lovebird

Posted on 6 views

Panduan Cara Ternak Burung Lovebird – Para pecinta burung di Indonesia tentu saja sudah tidak asing lagi dengan nama lovebird, jenis burung yang satu ini memang sangat populer di tanah air. Jenis burung ini dinamakan lovebird karena perilaku burung tersebut yang akan duduk bertengger berdekatan dan saling menyayangi antara satu sama lain. Selain itu burung lovebird tergolong sebagai jenis burung yang sangat unik dan menarik karena jenis burung yang satu ini sangatlah setia dan hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Burung lovebird sendiri memang sangatlah mengagumkan dengan warna bulunya yang begitu indah sehingga sedap untuk dipandang. Pada umumnya sebagian besar burung lovebird memiliki bulu yang berwarna hijau cerah, meskipun ada juga beberapa burung lovebird yang bulunya berwarna kuning ataupun abu-abu. Keindahan bulu yang dimiliki oleh burung lovebird membuatnya sangat populer sehingga ada banyak orang yang ingin membudidayakannya, pada kesempatan kali ini akan kami ulas panduan cara ternak burung lovebird.

Panduan Cara Ternak Burung Lovebird

  1. Persiapan Kandang

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin beternak burung lovebird tentu saja mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu. Anda bisa membuat kandang untuk burung lovebird menggunakan bahan kayu keras, apabila Anda ingin beternak lebih dari satu pasang burung lovebird, maka buatlah kandang dengan ukuran yang lebih besar dan jangan lupa untuk memberinya sekat.

  1. Pilih Indukan Lovebird Yang Berkualitas

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah menyiapkan kandang adalah memilih sepasang indukan lovebird yang berkualitas. Anda bisa memilih indukan lovebird yang suara kicauannya merdu ataupun indukan lovebird dengan bulu yang indah. Selain itu akan lebih baik jika Anda memilih indukan lovebird jantan yang usianya lebih tua daripada indukan betina agar lebih mendominasi.

  1. Menjodohkan Lovebird

Burung lovebird akan memasuki masa siap kawin setelah usianya menginjak satu tahun. Burung lovebird jantan akan mengosokkan pantatnya ke kandang yang menandakan siap kawin, sedangkan burung betina akan merentangkan sayapnya. Setelah itu Anda bisa mendekatkan kedua kandangnya terlebih dahulu sebelum memasukkan keduanya ke dalam satu kandang yang sama.

 

  1. Pemberian Pakan

Pakan merupakan salah satu faktor yang sangat penting karena akan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam melakukan budidaya burung lovebird. Anda harus memberikan pakan secara rutin agar burung lovebird cepat bertelur, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan kepada indukan lovebird antara lain biji sawi, jagung muda, milet, tauge, dan biji bunga matahari.

  1. Proses Perkawinan dan Bertelur

Setelah dijodohkan, maka indukan lovebird jantan dan betina akan melewati proses perkawinan. Indukan lovebird betina akan lebih cepat untuk bertelur jika Anda memberinya pakan secara teratur. Telur burung lovebird akan menetas setelah 14 hari dierami oleh induk betina, setelah itu Anda bisa memisahkan anak lovebird dari induknya dan siapkan lampu 5 watt untuk menghangatkan kandang.

Jika Anda tertarik untuk mencoba beternak burung lovebird, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *