Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif

Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif

Posted on 27 views

Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif – Masyarakat di Indonesia tentu saja sudah tidak asing lagi dengan lele, jenis ikan yang satu ini memang sangat populer di tanah air. Ikan lele sendiri biasa dijadikan sebagai sumber protein yang biasa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang rasanya sangat lezat. Ikan lele sendiri memiliki bentuk fisik yang sangat khas dengan adanya sungut di kepalanya dan tubuhnya yang panjang, jenis ikan ini tidak memiliki sisik, namun tubuhnya diselimuti oleh lendir yang membuatnya terasa licin pada saat dipegang.

Permintaan ikan lele yang selalu tinggi di pasaran merupakan sebuah peluang yang sangat menjanjikan sehingga membuat banyak orang yang ingin melakukan budidaya lele secara intensif. Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha budidaya ikan lele, salah satunya adalah pakan. Ikan lele akan bisa tumbuh dengan optimal jika mendapatkan asupan makanan yang cukup sehingga Anda perlu memberinya pakan alternatif, pada kesempatan ini akan kami ulas cara membuat sendiri pakan lele alternatif.

Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif

  1. Pakan Lele Pengganti Pelet

Untuk membuat pakan lele alternatif pengganti pelet, Anda bisa menggunakan tepung ikan. Namun jika harga tepung ikan dirasa terlalu mahal, maka Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan lain yang kadar protein dan gizinya cukup tinggi seperti misalnya tepung jagung, dedak halus, dan tepung tapioka yang mana harganya tentu saja lebih murah daripada tepung ikan.

  1. Pakan Lele Berupa Limbah Unggas

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat pakan lele alternatif adalah limbah dari peternakan unggas yakni berupa bangkai ayam. Namun perlu Anda perhatikan bahwa bangkai unggas yang akan dijadikan sebagai pakan alternatif haruslah direbus dahulu di dalam sebuah drum yang besar dengan tujuan agar kuman dan bakterinya mati sehingga aman dijadikan pakan.

  1. Pakan Lele Berupa Keong Mas dan Bekicot

Anda juga bisa membuat pakan lele alternatif menggunakan keong mas ataupun bekicot. Seperti yang Anda ketahui bahwa keong mas dan bekicot sering dianggap sebagai hama, namun ternyata kedua hewan ini bisa dijadikan sebagai pakan alternatif bagi ikan ikan lele. Alangkah baiknya jika Anda melepaskan keong mas dan bekicot dari cangkangnya agar lebih mudah dikonsumsi oleh lele.

 

  1. Pakan Lele Berupa Belatung

Belatung merupakan larva dari lalat yang seringkali dianggap menjijikan bagi sebagian besar orang, ternyata belatung juga bisa Anda jadikan sebagai pakan alternatif bagi ikan lele. Perlu diketahui bahwa belatung memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, Anda cukup memasukkan ampas tahu, ikan asin, dan kotoran ayam ke dalam ember  yang ditutup dengan daun pisang untuk mendapatkan belatung.

  1. Pakan Lele Berupa Ikan Rucah

Ikan rucah merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut ikan kecil sisa tangkapan nelayan yang biasanya tidak dikonsumsi, jenis ikan ini pada umumnya dijual dengan harga yang sangat murah di tempat pelelangan ikan. Ikan rucah mengandung protein yang sangat tinggi, Anda hanya perlu mencincang ikan rucah terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada lele.

Pakan alternatif sangatlah dibutuhkan dalam usaha budidaya ikan lele, Anda bisa membuat pakan lele menggunakan beberapa cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *