budidaya ikan cupang

Cara Praktis Budidaya Ikan Cupang

Posted on 6 views

Cara Praktis Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang yang memiliki nama latin Betta sp adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Habitat alami dari ikan cupang ada di perairan dengan arus air yang tenang seperti misalnya danau, rawa, ataupun sungai. Pada umumnya ikan cupang hidup secara berkelompok di alam liar, jenis ikan yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat sebagai ikan hias yang dipelihara di akuarium-akuarium yang ada di rumah.

Ikan cupang yang berjenis kelamin jantan memang memiliki bentuk fisik yang sangat indah jika sedang mengembangkan ekornya, jenis ikan ini juga memiliki warna yang sangat beragam. Ikan cupang tergolong memiliki daya tahan yang tinggi sehingga tidak membutuhkan perawatan yang rumit dalam pemeliharaannya, bahkan ikan ini bisa bertahan hidup di dalam toples kecil. Sebagai ikan hias yang sangat populer membuat jenis ikan ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat, berikut ini kami akan mengulas cara praktis budidaya ikan cupang.

Cara Praktis Budidaya Ikan Cupang

  1. Memilih Indukan Cupang

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan budidaya cupang adalah memilih indukan ikan cupang, langkah yang pertama ini sangatlah penting karena akan sangat mempengaruhi kesuksesan usaha budidaya tersebut. Hendaknya Anda memilih indukan cupang yang berkualitas dengan ciri tidak memiliki cacat fisik, gerakannya lincah, dan berasal dari keturunan unggul.

  1. Persiapan Pemijahan

Setelah memilih indukan cupang yang berkualitas, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan pemijahannya. Anda bisa menyiapkan akuarium kecil yang berukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm serta gelas bening untuk indukan betina, selain itu Anda juga harus meletakkan tumbuhan air dengan tujuan agar bisa menyerupai habitat aslinya di alam bebas.

  1. Proses Pemijahan

Apabila Anda sudah menyiapkan media pemijahan, maka sekarang saatnya Anda melanjutkan proses pemijahan ikan cupang tersebut. Anda bisa memasukkan ikan cupang jantan ke dalam akuarium, kemudian memasukkan gelas bening yang berisi ikan betina ke dalamnya. Nantinya ikan jantan akan mengeluarkan gelembung yang menandakan ikan siap melakukan pemijahan.

 

  1. Pemberian Pakan

Pakan menjadi hal yang sangat penting dalam proses budidaya ikan cupang, oleh karena itulah Anda harus memberikan pakan secara rutin sebanyak tiga kali sehari dengan tujuan agar pertumbuhannya optimal. Anda bisa memberi pakan berupa cacing sutera, kutu air, dan larva nyamuk. Sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam pemberian pakan karena justru akan menurunkan kualitas air.

  1. Perawatan Cupang

Selain pemberian pakan, perawatan merupakan salah satu proses yang juga sangat penting dalam budidaya ikan cupang. Meskipun bisa bertahan dalam kondisi air yang buruk, namun sebaiknya Anda tetap memberikan filter untuk menjaga kualitas air di dalam akuarium. Perlu diketahui bahwa ikan cupang yang hidup di dalam air bersih akan tumbuh dengan lebih sehat dan memiliki fisik yang indah.

Jika Anda merasa tertarik untuk melakukan budidaya ikan cupang, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *