Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Posted on 6 views

Cara Membuat Pupuk Organik Cair – Setiap petani pastilah membutuhkan pupuk yang akan membantu pertumbuhan tanaman, ada berbagai jenis pupuk yang bisa digunakan mulai dari pupuk kimia hingga pupuk alami. Namun perlu Anda ketahui bahwa pupuk kimia justru akan bisa merusak lingkungan sehingga sekarang ini mulai banyak petani yang menggunakan pupuk alami yang mana tidak memberikan efek buruk terhadap lingkungan. Pupuk alami sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah pupuk organik cair yang saat ini banyak digunakan.

Pupuk organik cair memiliki banyak manfaat, selain membantu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil produksi pertanian, pupuk organik cair juga akan mampu untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Selain itu pupuk organik cair juga bisa digunakan sebagai pelengkap apabila Anda telah menggunakan pupuk organik padat. Jenis pupuk ini memiliki kandungan unsur mikro yang baik bagi pertumbuhan tanaman, terutama saat menjelang panen, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara membuat pupuk organik cair.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

  1. Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat pupuk organik cair adalah menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Beberapa bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat pupuk organik cair antara lain sayuran basi, batang pisang, kotoran hewan, sabut kelapa, dan dekomposer. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan beberapa alat seperti ember, pisau, dan kayu untuk mengaduk.

  1. Langkah Kedua

Setelah selesai menyiapkan bahan yang akan digunakan untuk membuat pupuk organik cair, maka Anda harus mencuci terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Proses pencucian sendiri sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan agar terhindar dari tercampurnya bahan utama dengan berbagai zat berbahaya yang akan bisa menghambat proses fermentasi.

  1. Langkah Ketiga

Jika Anda telah selesai mencuci bersih semua bahan yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencincang bahan yang telah dicuci tadi. Hal yang satu ini juga sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah proses fermentasi. Anda bisa mencincangnya menjadi bagian kecil, kemudian mencampurkan semua bahan tersebut.

 

  1. Langkah Keempat

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam membuat pupuk organik cair adalah melarutkan bioaktivator seperti misalnya EM4 sebagai mikroba ke dalam wadah yang berisi air. Setelah itu Anda bisa memasukkan pemanis alami seperti misalnya gula merah, gula pasir, ataupun air tebu, kemudian diamkanlah selama kurang lebih 20 menit untuk membangkitkan mikroba.

  1. Langkah Kelima

Anda bisa memasukkan kotoran ternak ke dalam sebuah ember besar, masukkan juga semua bahan yang tadi telah dicincang ke dalam ember, kemudian aduk hingga tercampur dengan merata. Tuangkan kembali larutn bioaktivator ke dalam ember dan tambahkan air dengan jumlah sekitar 35 persen dari bahan padat, setelah itu aduk kembali semua bahan hingga tercampur sempurna.

Pupuk organik cair memiliki manfaat yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman, Anda bisa membuatnya dengan mempraktekkan beberapa cara yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *