Cara Membuat Kompos

Cara Membuat Kompos Dengan Baik dan Benar

Posted on 7 views

Cara Membuat Kompos Dengan Baik dan Benar – Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan pupuk, pasalnya pupuk memiliki peran yang sangat penting dalam menyuburkan tanaman. Secara garis besar, pupuk bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni pupuk kimia dan pupuk alami. Penggunaan pupuk alami tentu saja lebih dianjurkan karena tidak memiliki efek yang bia merusak lingkungan. Ada berbagai macam jenis pupuk alami yang biasa digunakan, salah satunya adalah kompos yang kali ini akan kita ulas secara mendetail.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kompos banyak digunakan sebagai pupuk alami yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Pengomposan sendiri merupakan suatu proses untuk mempercepat dekomposisi bahan organik yang berupa hijauan ataupun kotoran hewan. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, pupuk kompos menjadi sangat populer untuk digunakan. Pupuk ini juga tidak sulit untuk Anda buat sendiri, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara membuat kompos dengan baik dan benar.

Cara Membuat Kompos Dengan Baik dan Benar

  1. Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat kompos adalah menyiapkan semua bahan dan juga alat yang akan digunakan. Ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan antara lain sisa makanan, dedaunan, kotoran hewan, dekomposer, dan air. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mempersiapkan alat seperti gembor, terpal plastik, cangkul, dan tali.

  1. Langkah Kedua

Anda bisa melarutkan setengah liter dekomposer dengan 20 hingga 25 liter air di dalam gembor. Aduklah dekomposer dan air tadi hingga benar-benar tercampur secara sempurna. Setelah itu Anda bisa menyiapkan area seluas kurang lebih satu meter persegi yang mana akan digunakan sebagai tempat pembuatan kompos, alangkah baiknya jika area tersebut letaknya jauh dari rumah.

  1. Langkah  Ketiga

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menambahkan bahan-bahan yang akan dikomposkan seperti sisa makanan, dedaunan, dan kotoran hewan secara berlapis dengan ketebalan setiap lapisan kurang lebih 10 hingga 15 cm. Setelah itu Anda bisa menuangkan larutan dekomposer yang tadi telah dibuat ke dalam setiap lapisan bahan yang akan Anda komposkan tadi.

 

  1. Langkah Keempat

Anda harus menutup bahan-bahan yang dikomposkan dengan menggunakan lembaran plastik ataupun terpal, hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penguapan. Selain itu proses penutupan juga dilakukan dengan tujuan untuk melindungi tumpukan kompos dari penggenangan air jika sewaktu-waktu turun hujan.

  1. Langkah Kelima

Lamgkah terakhir yang harus dilakukan untuk membuat pupuk kompos adalah dengan membalikkan tumpukan kompos setiap satu minggu sekali, selain itu Anda juga harus melakukan penyiraman hingga tumpukan kompos cukup basah. Setelah itu Anda bisa menambahkan kembali larutan dekomposer ke dalam tumpukan kompos dan tutup dengan terpal, biarkan hingga kurang lebih satu bulan.

Jika Anda tertarik untuk membuat kompos sendiri di rumah, maka tidak ada salahnya apabila Anda melakukan beberapa cara yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *