Apa perbedaan antara Artificial intelligence, Machine Learning dan Deep Learning

Apa perbedaan antara Artificial intelligence, Machine Learning dan Deep Learning

Posted on

Disaat sekarang ini anda pasti sering mendengar tentang AI, ML dan Deep Learning, bahkan kalau kita browsing internet istilah istilah diatas sering muncul dan menjadi trending saat ini.

kira-kira anda tahu tidak apa sih sebenarnya yang membedaakan istilah Artificial Intelligence, Machine learning, dan Deep Learning.

Apakah tiga isitilah diatas sama saja atau kita bisa menggunakan metode diatas sesuai dengan yang kita butuhkan dalam menyelesaikan seuatu masalah.

ok sekarang saya akan bantu menjawab Artificial intelligence, Machine learning dan deep learning sesuatu yang sama tidak tidak sama, dan ketiganya mempunyai hubungan yang sangat dekat.

dibawah ini adalah diagram relations antara Artificial Intelegent, Machine learning dan Deep Learning.

artificial intelligence

Berdasarkan gambar diatas kita bisa melihat bahwa yang namanya Artifical Intelligence adalah salah satu istilah umum yang bisa diterapkan kedalam semua disiplin ilmu.

ini dasarnya adalah artificial inteligence adalah salah satu mesin kecerdasan yang bisa melakukan tugas tugas dengan cara yang cerdas seperti manusia.

Kecerdasan buatan dibagi menjadi dua bagaian atau dua jenis.

1.Kecerdasan buatan secara general umum

General AI ini adalah salah satu mesin kecerdasan yang bisa melakukan banyak pekerjaan / tugas yang bermacam dengan cara yang cerdas seperti manusia pada umumnya

2.kecerdasan buatan terapan

Applied AI ini adalah salah satu mesin kecerdasan yang digunakan untuk menyelesaikan satu tugas tertentu saja, dan biasanya digunakan untuk menentukan prediksi peristiwa.

Kemudian Applied AI ini dibagi menjadi dua jenis lagi.

1.Weak Applied AI

Tipe dari mesin kecerdasan ini adalah bisa melakukan aksi dan reaksi, tetapi sebenarnya jenis mesin kecerdasan ini tidak benar benar berfikir atau belajar untuk dirinya sendiri.

contoh dari jenis weak applied AI ini adalah chatbots.

Apakah anda tahu apa itu chatbots?, chatbots merupukan salah satu aplikasi chat yang sering kita temukan.chatbots ini bisa menjawab pernyaan pelanggan / customer secara otomatis.

pertanyaan – pertanyaan yang bisa dijawab oleh aplikasi chat ini biasanya masih berupa pertanyaan pertanyaan yang sifatnya umum.

2.Strong Applied AI

machine learning atau mesin kecerdasan adalah salah satu aplikasi dari strong applied AI

Apa itu Machine learning atau mesin kecerdasan

Ketika kita mempunyai kumpulan raw data kemudia data-data tersebut diproses didalam sebuah komputer kemudian menghasilkan suatu output yang dinginkan, maka proses diatas disebut sebagai mesin kecerdasan / machine learning.

machine learning

ada berbagai cara / metode algoritma machine learning yang bisa digunakan sebagai pembelajaran di komputer untuk menyelesaikan permasalahan berdasarkan data-data yang kita inputkan di sistem.

Prinsip dasar dari machine learning adalah untuk melakukan predictive analysis.jadi kita menggunakan alat bantu komputer untuk memproses data yang kita inputkan menggunakan algoritma-algoritma yang sudah kita tentukan.

algoritma-algortima tadi akan berjalan untuk melakukan analisa data yang kita inputkan dikomputer sehingga didapatkan hasil prediksi yang susuai, berdasarkan variabel-variabel yang kita inputkan.

Komputer memproses data dengan algoritma yang sudah kita tentukan, kemudian mempelajari fitur fitur data dari dataset yang telah kita inputkan, kemudian komputer menentukan mana variabel output dan mana variabel prediksinya.

contohnya adalah kita bisa melakukan prediksi berdasarkan nilai, prediksi berdasarkan klasifikasi atau prediksi berdasarkan cluster / pengelompokan.

kita bisa menyelam lebih dalam lagi ke berbagai aspek dari machine learning ini.

algoritma machine learning ini bisa menganalisa data dalam jumlah yang besar dengan kecepatan yang sangat cepat, jadi dengan adanya machine learning bisa mengalahkan manusia dalam hal pemrosesan dan analisasi data yang sangat komplek.

Contoh penerapan dari machine learning ini adalah untuk memprediksi beban listrik dari PLN di area jawa bali.jadi disini kita bisa mengolah data pelanggan PLN di wilayah Jawa dan Bali

Apa itu Deep Learning

Deep learning merupakan salah satu bentuk spesifik dari algortima machine learning yang bisa digunakan untuk jenis permasalahan tertentu
berdasarkan gambar paling atas tentang klasifikasi aretificial intelligence, deep learning merupakan salah satu sub dari machine learning.

anda bisa menggunakan deep learning ini pada 3 area yang ada di machine learning yaitu :

  • Classification algorithms
  • Regression algorithms
  • reinforcement learning algorithms

kata “deep” ini sebarnya diambil dari algortima neural network dimana kalau kita bicara tentang NN maka pasti bicara jg tentang multi layer yang ada di algortima tersebut .

jadi dengan adanya multi layer pada NN ini atau di instilahkan “deep”, maka memungkin untuk memproses data yang besar dan membuat prediksi pada data yang sangat komplek.

ok, demikian penjelaskan tentang kecerdasan buatan yang mungkin selama ini membuat ada bingung tentang istilah-istilah yang beredar saat ini.

untuk pembahasan detil dan aplikatif tentang Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning akan dibahas di artikel yang terpisah

Ref:artificiallyintelligentclaire.com

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *