teknologi

Apa itu Bigdata ( contoh & karakteristiknya)

Bigdata merupakan salah satu bidang yang lagi booming saat ini bahkan sekarang banyak perusahaan mulai membangun bigdata sebagai dasar untuk mengambilkan keputusan-keputusan penting di perusahaan.tapi sebelum kita membahas lebih jauh menganai bigdata kita bahas dulu tentang apa itu data?.

Apa itu data ?

data merupakan kumpulan dari karakter atau simbol yang disimpan dan direkam pada media magnetik, optik, atau mekanis serta ditransmisikan dalam bentuk sinyal listrik

Apa itu big data?

bigdata adalah kumpulan data-data yang besar dan banyak serta mempunyai volume yang besar serta tumbuh secara exponensial seiring bertambahnya waktu.bigdata ini merupakan data yang besar dari segi ukuran dan kompleksitasnya sehingga manajemen data yang konvensional tidak bisa menyimpan atau memproses secara efisien.

contoh bigdata

berikur ini adalah beberapa contoh dari sebuah bigdata :

  • data stock market (bursa efek di amerika misalnya setiap harinya pada perdagangan efek data sangat besar sekali yaitu sekitar satu terabyte.
  • media sosial (setiap hari facebook menyimpan data sekitar 500+ terabyte.data-data ini berupa komentar, pesan, upload foto / video)
  • mesin jet tunggal setiap 30 menit penerbangan menghasilkan data sekitar 10+ terabyte, kalau ribuan penerbangan per hari data yang digenerate bisa sampau petabyte.

Tipe dari bigdata

berikut ini adalah tipe-tipe dari bigdata:

  • Structured
  • unstructured
  • semi-structured

data struktur

struktur data adalah semua data yang dapat disimpan, diakses dan diolah dalam bentuk format yang baku.selama ini jenis data ini sering kita gunakan dalam sehari-hari bahkan ketika belajar basis data kita sering menggunakan data-data seperti ini.

namun masalah yang terjadi ketika kita menggunakan konsep seperti diatas adalah tentang bagaimana data-data tersebut bertumbuh secara pesat misalnya saja ukuran semakin besar jumlah datanya semakin banyak berapakah biaya yang akan dikeluarkan untuk mengatasi masalah itu.

tahukah anda? 1021 bytes1 zettabyte

kalau melihat angka-angka diatas, maka kita dengan mudah akan memahami kenapa bigdata ini sangat dibutuhkan untuk menangani data-data dalam jumlah yang besar dan komplek.

tahukan anda? Data yang disimpan dalam RDBMS adalah salah satu contoh struktur data

Contoh dari struktur data :

data pegawai yang tersimpan di tabel database merupakan salah satu contoh struktur data

Data tidak struktur

setiap data yang bentuknya tidak beraturan baik dari segi bentuk dan strukturnya disebut sebagai data yang tidak terstruktur.data ini biasanya mempunyai ukuran yang besar serta membutuhkan tantangan yang besar pula untuk memproses dan mengolahnya.

contoh dari data ini adalah beberapa data yang jenis atau tipenya heterogen seperti : kombinasi file text sederhana, gambar maupun video,dll.

saat ini banyak perusahaan atau instansi-instansi yang mempunyai data heterogen seperti diatas, namun mereka tidak mengetahui bagaimana cara mengolah data tersebut menjadi sebuah data yang mempunyai nilai ( value) yang tinggi sehingga bisa bermanfaat untuk perusahaan atau instansi tersebut.

Contoh dari data yang tidak tersetrukutur

data semi struktur

data ini terdiri dari dari dua bentuk dari datas diatas yaitu data struktur dan data tidak terstruktur.data semi struktur ini merupakan salah satu data struktur yang tidak bisa di definisikan.contoh dari data semi struktur ini adalah seperti data dalam format *.xml

Pertumbuhan data setiap tahunnya

sebagai catatan data dari suatu web application merupakan data yang tidak terstuktur yang terdiri dari log files, transaction history files.tapi untuk system OLTP dibangun menggunakan data struktur dimana data disimpan didalam tabel.

karakteristik dari big data

karakteristik big data ini bisa dibagi menjadi beberapa berikut ini :

  • Volume
  • Variety
  • Velocity
  • Variability

Volume

sesuai dengan namanya yaitu big data mempunyai hubungan ukuran yang sangat besar.ukuran data ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan value dari data.selain itu suatu data dikatakan big data atau bukan tergantung dari volume datanya.jadi volume merupakan salah satu karakteristik yang perlu dipertimbangkan dalam menangani big data.

Variety

variety disini mengacu kepada keberagaman dan sifat data, baik data struktur maupun data tidak struktur.sebelumnya ketika kita bicara data rata-rata sumbernya dari database atau file spreadsheet, tapi dewasa ini sumber data sangat beragam seperti data email, photos, video, monitoring device, pdf, audio,dll.variasi dari bentuk data ini menimbulkan permasalahan dari segi storage, mining, dan analisa data.

velocity

velocity di sini identik dengan kecepatan dalam menyajikan suatu data yaitu seberapa cepat data bisa disajikan dan di proses untuk memenuhi permintaan.

big data velocity ini berkaitan dengan kecepatan aliran data dari sumbernya ( bisnis proses, log aplikasi, jaringan,media sosial, sensor,perangkat seluler,dll).

variability

ini merupakan faktor inkonsistensi dari data dalam waktu tertentu sehingga bisa menghambat pengelolan data secara efektif.

keuntungan menggunakan sistem big data

  • BIG DATA bisa digunakan suatu institusi atau organisasi dalam mengambil setiap keputusan penting
  • BIG DATA bisa membantu untuk Meningkatkan Layanan
  • BIG DATA bisa membantu untuk mengatasi permasalah-permasalah dari organisasi secara dini.
  • BIG DATA bisa mengefektikan suatu sistem organisasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!