Cara setting theme, permalink & plugin di website baru.

Posted on

pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara membeli hosting dan domain di domainesia.com bahkan dengan cara cepat bagaimana cara install cepat websitenya.

untuk artikel kali saya akan membahas tentang bagaimana cara setting theme, permalink, dan plugin di website yang baru kita buat.

tapi artikel kali ini juga akan saya praktekan juga cara membuat website dari cpanel di hosting, sebenarnya hasil akhirnya sama cuma beda cara saja.

Cara install website dari control panel

langkah pertama yang harus dilakukan adalah silahkan login di hosting anda, dalam hal ini saya akan login di hosting domainesia.

silahkan klik sign in dan masukan username dan passwordnya kemudian bisa ditekan enter.

login domainesia

setelah anda sign in maka otomatis akan masuk di dasboard akun anda atau tampilannya seperti dibawah ini.

dasboard user kita 1

setelah anda klik produk seperti tanda panah diatas maka akan muncul tampilan menu my product & services seperti dibawah ini.

gabungan gambar di cpanel hosting

berdasarkankan gambar diatas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk masuk ke cpanel :

  • Klik paket hosting ( dalam hal ini silahkan klik hosting super) setelah anda klik akan muncul gambar setelahnya yaitu menu tab dan yang aktiv adalah menu overview
  • selanjutnya silahkan klik menu access hingga muncul tampilan selajutnya.dimenu acess ini ada beberapa menu penting lainya seperti menu login to webmail, ganti password dan seterusnya.tapi step 2 ini silahkan klik login ke cpanel hingga muncul halaman selanjutnya

tampilan control panel

gambar diatas adalah sebagaian gambar dari suatu cpanel dalam sebuah hosting.kalau kita lihat diatas adalah ada menu domainesia dan files.

di menu domainesia hal yang perlu diperhatikan adalah sub menu lets encrypt.ini fungsinya untuk merubah http menjadi https,

dengan berubahnya website kita menjadi https maka diharapkan koneksi terjadi antar server dan client menjadi aman, karena semua data yang diakses maupun yang dikirim akan di enkripsi.

kemudian dimenu file ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu menu file manager. fungsinya file manager ini adalah sebagai tempat penampung semua file website di hosting yang kita beli.

adalagi menu FTP.ini merupakan salah satu jenis protokol yang bisa digunakan untuk upload dan download file dari dan ke server hosting kita.

menu database dan doman

ketika kita berada dicpanel maka kita juga akan melihat menu diatas.ada dua menu penting juga yaitu menu database dan menu domains.

kalau menu database ini fungsinya untuk memanajemen database mulai dari CRUD bahkan untuk export dan import database.

dimenu domain ada fasilitas create domain, fungsinya adalah untuk menambahkan domain di hosting.

berikut ini adalah langkah-langkah cara install website melalui cpanel:

silahkan klik icon wordpress di yang berada dicpanel, kemudian pilih versi php yang akan digunakan dan pilih domain yang akan di install website.

kemudian anda bisa memberi nama website ( nama judul dan deskripsi web).setelah itu silahkan masukan username dan password website baru anda.

kemudian langkah terakhir adalah silahkan klik tombol install, tunggu hingga proses instalasi selesai.

untuk lebih detil tentang langkah-langkah praktis cara membuat domain dicpanel hingga setting plugin minimalnya bisa lihat video dibawah ini.

 

setelah proses instalasi selesai anda bisa masuk di dasboard website yang baru anda buat tadi.

dalam studi kasus ini saya membuat website dengan nama umapapa.com.untuk masuk di dasboardnya bisa melalui umapapa.com/wp-admin hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

dasboard worpdress

diatas adalah gambar dasboard website yang barusan kita buat tadi.bagi teman teman yang belum tahu tentang menu-menu apasaja yang ada diwordpress saya akan membahasnya satu per satu.

1.menu post diwordpress

post artikel

dimenu post ini ketika diklik akan muncul beberapa submenu lainya :

  • all post : menampilkan semua posting artikel yang ada diwebsite
  • add new : fungsinya adalah untuk menambahkan artikel didalam website kita
  • category : fungsinya untuk mengelompokan artikel artikel yang kita buat menjadi sebuah kategori
  • tag : fungsinya hampir sama dengan category tapi tag scopenya lebih kecil dibandingkan dengan category

yang perlu diperhatikan didalam post ini adalah ketika pertama kali membuat website maka ada default artikel dengan nama hello word.saya sarankan artikel itu anda hapus dulu.

2. Menu Page WordPress

jadi kalau kita masuk dihalaman dasboard wordpress maka ada menu post dan menu page.

persamaanya adalah kita sama-sama bisa menulis artikel dimenu ini, tetapi perbedaanya adalah kalau menu post ini dinamis tetapi kalau menu page lebih bersifat statis.

menu page

anda bisa menghapus sample page seperti gambar diatas.fungsi dari menghapus sample page dan hello word yang ada di post adalah supaya halaman dan post tidak terindex oleh google.

3.Cara mengganti Theme

tampilan website ketika baru pertama kali dibuat sangatlah sederhana oleh kerena itu sangat disarankan kalau kita merubah theme website kita.berikut ini adalah tampilan awal website.

tampilan awal website

untuk merubahnya kita bisa masuk dimenu appearance kemudian klik menu theme setelah itu klik tombol add new kemudia pilih tombol upload theme

upload theme

setelah anda klik tombol choose file anda bisa memilih file theme yang anda punya, dalam hal ini saya akan menggunakan theme superfast dari idtheme.

format file untuk theme ini rata rata menggunakan format *.zip setelah itu silahkan klik tombol install now.dibawah ini adalah tampilan ketika theme sudah diganti dengan yang baru.

theme baru

4. cara setting plugin

plugin merupakan salah hal yang penting diperhatikan juga ketika kita menggunakan platform wordpress.karena dengan plugin ini kita bisa mengcustom web sesuai dengan keinginan kita tanpa harus melakukan programing.

untuk menginstall plugin anda bisa langsung klik menu plugin kemudian klik add new.

install plugin

berikut ini adalah beberapa plugin penting yang harus ada di wordpress.

1.Akismet

akismet merupakan salah satu plugin yang bisa melindungi website kita dari spam khususnya spam komentar.

2.jetpack by wordpress

plugin ini fungsinya sangat banyak mulai dari security, performance dan site managament.jadi ketika punya website saya menyarankan untuk install plugin ini

3.Yoast Seo

ini merupakan salah satu plugin yang banyak dipakai di wordpress juga pemakaianya hampir 1 miliar blog.plugin in fungsinya untuk membantu optimasi website kita dari segi SEO ( search engine optimization)

4.Plugin Cache

salah satu plugin yang bisa meningkatkan performace website kita dari segi kecepatan, biasanya plugin yang digunakan adalah WP Fastest, WP Total Cache,dll

diatas adalah adalah minimal plugin yang harus anda install setiap anda membuat website baru.dibawah ini adalah contoh tampilan website yang sudah kita buat dari awal sampai akhir

hasil akhir website

demikian artikel tentang cara setting theme, permalink dan plugin.untuk pertanyaan sekitat materi diatas silahkan commen dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *