Cara install Webserver LAMP di ubuntu

Posted on

Cara install web server di linux menggunakan LAMP (Linux Apache Mysql & Php)

Assalamualaikum, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menginstall LAMP dilinux.seperti yang tertulis dijudul LAMP ini singkatan dari Linux Apache Mysql & Php.

Jadi kita akan memfungsikan LAMP ini sebagai webserver.oleh karena salah satu syarat supaya web server ini berjalan, maka harus terinstall apache, mysql dan php di server.

Sebenarnya konsepnya sama antara XAMPP di Windows dengan LAMP di linux.Cuma bedanya adalah kalua di windows kita tinggal klik maka otomatis akan jalan sendiri.

Tepapi kalau kita membuat webserver dilinux maka, membutuhkan waktu lebih dibandingkan ketika menggunakan windows, misalnya saja kita harus menginstall paketnya satu per satu

Alasan pertama kenapa saya menggunakan LAMP karena proses eksekusi yang dilakukan di linux lebih cepat dibandingkan ketika kita di windows.

Apalagi untuk anda pemain AGC lebih cepat menggunakan linux ketika membuat sebuah konten AGC dibandingkan ketika menggunakan system operasi windows.

Langsung saja kira kira apa saja yang diperlukan untuk menginstall LAMP ini dilinux :

Langkah 1 : install sever web apache

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi apache adalah, kita harus melakukan update repository dulu.cara kalau kita mengunakan linux Ubuntu

$sudo apt-get install update

update linux

Setelah anda ketika perintah diatas diterminal Ubuntu anda, silahkan tunggu prosesnya sampai selesai, setelah itu baru kita melakukan installasi apachenya.caranya adalah silahkan ketik command dibawah ini diterminal anda.

$sudo apt-get install apache2

Proses instalasi ini membutuhkan waktu dan koneksi internet,silahkan anda tunggu beberapa menit, hingga semua paket terinstall di computer anda.

apache ini merupakan salah satu service yang dibutuhkan ketika akan menjalankan sebuah website di server.salah satu fungsi dari apache ini adalah untuk menjebatani antara sever dan client.jadi analoginya adalah..ketika anda membuka website ini ( wasiswa.com ) dari browser anda, maka yang pertama melayani adalah apache ini.

ok.kita kembali ke installasi apache.setelah anda install apache seperti perintah diatas maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini .

install apache

untuk memastikan bahwa apache jalan di webserver kita, kita bisa mencobanya melalui sebuah browser.silahkan buka browser di laptop anda bisa chrome atau firefox.

kemudian dibrowser silahkan diketik localhost / ketika anda menggunakan VPS silahkan diketik alamat ip dari VPS anda., hingga muncul tampilan seperti dibawah ini.

 

ketika anda ketik localhost dibrowser kemudian muncul tampilan diatas maka proses instalasi yang anda lakukan berhasil dengan sukses.

Langkah 2 : install mysql Server

mysql merupakan salah satu RDBMS yang paling terkenal dan banyak digunakan saat ini.jadi ketika kita membuat suatu website apalagi dengan CMS, berdasarkan survey paling banyak menggunakan msql.

ok langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah atau cara install myql server di ubuntu linux.silahkan ketik diterminal dengan perintah berikut ini.

sudo apt-get install mysql-server

install mysql server

tunggu proses installasi hingga selesai.setelah itu silahkan lakukan pengecekan apakah mysql server yang barusan kita install berjalan dengan baik atau tidak.

berikut ini adalah perintah / syntax untuk pengecekan mysql server berjalan atau tidak

$ sudo systemctl status mysql

jika anda ketik perintah diatas kemudian muncul tampilan seperti dibawah ini maka mysql di server anda sudah berjalan dan siap untuk digunakan.

cek mysql

Langkah 3 : Instalasi PHP

langkah 3 ini merupakan langkah terakhir yang harus kita lalui ketika menginstall web server.php ini adalah untuk mengolah bahasa pemrograman PHP.php ini akan mengolah coding dalam halaman website menjadi tampilan di browser client

berikut ini adalah cara install php di ubuntu linux.silahkan ketik perintah dibawah ini di terminal ubuntu.

$ sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql php-cgi php-curl php-json

tunggu proses intalasi sampai selesai.jika ada terjadi error ketika melakukan proses instalasi diatas seperti

Package 'php-mcrypt' has no installation candidate, php-mcrypt diinstall belakangan saja.

jadi kalau php-mcrypt di install belakangan, maka syntax / perintahnya menjadi berikut ini 

$ sudo apt-get install php libapache2-mod-php  php-mysql php-cgi php-curl php-json

setelah tekan enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

install php

setelah proses selesai, langkah selanjutnya adalah, install php-mcrypt , tapi sebelum kita install dulu, silahkan anda cek dulu apakah mcrypt sudah terinstall atau belum?

$ php -m | grep mcrypt

jika belum ada / belum terinstall silahkan lakukan installasi dengan perintah berikut ini

$ sudo apt install php-dev libmcrypt-dev php-pear

langkah selanjutnya adalah kita cek dulu apakah php yang barusan kita install sudah bisa digunakan atau belum, hal pertama yang harus dilakukan adalah silahkan cek folder /var/www/html sudah ada atau belum.

jika sudah ada, langkah selanjutnya bisa kita coba untuk membuat file *.php berikut ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke directory webservernya

$ cd /var/www/html/

  • setelah masuk ke html silahkan buat difile *.php dalam hal ini saya akan membuat file coba.php.silahkan ketik perintah

$nano /var/www/html/coba.php 

  • atau kalau anda sudah berada di html silahkan langsung saja

$nano coba.php

  • Kemudian masukan script dibawah ini

<?php

phpinfo();

?>

kemudian untuk testing dari file yang sudah kita buat diatas, kita bisa buka browser kemudian  ketik localhost, jika muncul tampilan dibawah, maka proses instalasi php berhasil dengan sempurna

jika masih mengalami kesulitan ketika melakukan instalasi LAMP di ubuntu anda bisa melihat video dibawah ini :

demikian tuturial cara menginstall LAMP di ubuntu semoag bermanfaat.

 

 

 

 

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *