cara uninstall aplikasi Windows 10 dengan Revo Uninstaller

cara uninstall aplikasi Windows 10 dengan Revo Uninstaller

Posted on 17 views

Windows 10 sebagai produk Operating System (OS)dari Microsoft mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 2015. OS ini merupakan pembaharuan dari pendahulunya, Windows 7 dan Windows 8.

Beberapa fitur dan aplikasi telah dikembangkan oleh Microsoft untuk menghadirkan produk kekinian.

Namun banyak pula pengguna yang kecewa dengan aplikasi di dalam Windows 10. Banyak dari user mempermasalahkan susahnya mengoperasikan beberapa aplikasi.

Sehingga jarang dipakai Ataupun dihapus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Diantaranya yakni cara uninstall aplikasi Windows 10 dengan Revo Uninstaller.

Berikut adalah step-step untuk mengaplikasikannya:

Download Revo Uninstaller

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan agar dapat menghapus aplikasi di Windows 10 adalah dengan mendownload Revo Uninstaller.

Aplikasi ini merupakan Uninstaller yang terdiri atas algoritma tingkat lanjut dengan proses scan sebelum menghapus aplikasi.

Kelebihannya adalah Anda tak perlu memindahkan file atau folder penting sebelum menghapus aplikasi tersebut. Karena telah dibackup otomatis oleh Revo Uninstaller.

Terdapat beberapa fitur yang bisa Anda pakai. Diantaranya Auto Ru  Manager, Advanced Scanning for Leftover, dan Junk File Cleaner. Terdapat pula beberapa versi Revo Uninstaller yang bisa Anda pilih.

Bisa didownload di website resminya atau dengan membuka PlayStore yang menyediakan aplikasinya.

Semakin besar ukuran aplikasi yang terpasang pada Windows 10, semakin besar pula konsumsi memori dalam internal sistem operasi Anda.

Hal tersebut akan menghambat kinerja dari laptop saat dijalankan. Maka dari itu, jika tidak dipakai sebaiknya hapus aplikasi yang tidak penting.

Buka Windows App

Setelah berhasil mendownload aplikasi, cara Uninstall aplikasi Windows 10 dengan Revo Uninstaller pertama yakni membuka Windows App.

Setelah itu, akan muncul tampilan beberapa aplikasi yang terpasang pada Windows 10 milik Anda. Jika ingin lebih teratur, Anda bisa menyortir aplikasi berdasarkan nama, ukuran, atau tanggal terpasang aplikasi.

Langkah pertama jika ingin menghapus adalah memilih aplikasi dengan klik kanan serta dilanjutkan menekan tombol Uninstall.

Jika terdapat tab pemberitahuan, pilih OK untuk melanjutkan proses tersebut.

Setelah itu Revo Uninstaller akan melakukan proses analisis terhadap aplikasi yang hendak dihapus. Jika muncul kembali pemberitahuan, klik Scan untuk melanjutkan.

Hapus Aplikasi

Selanjutnya, Revo Uninstaller akan memproses aplikasi yang hendak dihapus. Uninstaller ini akan men-scanning file atau folder yang berhubungan dengan aplikasi yang dihapus.

Dengan membuat folder baru yang tersimpan pada registry. Kemudian jika telah selesai semua, Anda bisa melakukan finish atau delete untuk menghapus aplikasi tersebut.

Jika masih terdapat pemberitahuan seperti melanjutkan menghapus aplikasi, pilih “yes” dan lanjutkan.

Scanning Delete Applications

Jika sudah melakukan penghapusan aplikasi, masih ada proses selanjutnya yang harus Anda lakukan, yakni proses scanning.

Langkah ini sama dengan menggunakan control panel. Anda dapat melacak file atau berkas lainnya yang tertinggal setelah proses penghapusan aplikasi dengan menggunakan Revo Uninstaller.

Dalam sistem ini, ada tiga opsi yang bisa dipakai, yakni Advance, Safe, dan Moderate.

Fungsi dari opsi Advance adalah menghapus semua file atau berkas yang tertinggal saat Anda melakukan delete Applications.

Opsi Safe bisa dipakai jika Anda masih ragu-ragu menghapus file, sehingga dapat disimpan dalam Revo Uninstaller.

Untuk opsi Moderate ini merupakan jalan tengah antara opsi Advance dan Safe. Disarankan untuk memakai opsi ini, karena lebih aman dipakai.

Setelah Anda selesai memilih mode atau opsi scanning, selanjutnya bisa Anda tekan tombol “Scan” pada bagian kanan bawah.

Lalu akan muncul beberapa file-file register yang tersisa dari proses pembersihan sebelumnya.

Kemudian klik bagian “Select All” dan klik OK. Hal ini juga berlaku pada software yang ditinggalkan saat terjadi proses penghapusan pada aplikasi dengan menggunakan Revo Uninstaller ini.

Hapus File dan Folder Yang Tersisa

Jika proses penghapusan aplikasi telah dilakukan, pastikan kembali tidak ada file atau folder yang tersisa.

Karena hal tersebut akan menghambat performa laptop Anda jika digunakan kembali. Untuk itu, Anda harus menghapus file dan folder yang tersisa.

Selain cara uninstall aplikasi Windows 10 dengan Revo Uninstaller, Anda bisa memakai Software Unlocker. Sistem ini merupakan pihak ke-3 yang dinamai Unlocker.

Biasanya dipakai untuk menghapus file pada Laptop. Software ini banyak dipakai oleh user karena cara penggunaan yang mudah.

Setelah mendownload software, lakukan langkah instalasi agar software bisa terpasang. Jika sudah, kemudian pilih tempat untuk menyimpan software ini.

Usahakan menyimpannya di direktori D atau E (memori eksternal) saja agar lebih aman. Setelah itu buka software Unlocker ini, dan pilih file atau folder yang akan dihapus.

Proses ini akan memakan waktu, tergantung dari besarnya file atau folder yang akan dihapus. Jika telah selesai, maka akan muncul tulisan “file was delete”.