May 14, 2020
121 Views

#12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon di Handphone Android

Written by

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon sebenarnya cukup gampang. Bisa saja masalahnya karena kerusakan pada layar sentuh ataupun hanya masalah teknis yang akhirnya menyebabkan respon layar berkurang.

Untuk memperbaikinya kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Apabila penyebabnya terkena air ataupun terjatuh,

maka besar kemungkinan kita harus menggantinya dengan yang baru. Tetapi sebelum itu, ada baiknya kamu  mencoba terlebih dahulu mencoba beberapa tips yang kami sampaikan kali ini.

Layar sentuh yang tidak merespon akan mengurangi kenyamanan ketika menggunakan handphone Android.

Alhasil kita tidak bisa bermain game dan menjalankan berbagai macam aplikasi dengan nyaman. Bila hal tersebut terjadi, maka kamu  harus segera memperbaikinya.

Ada beberapa cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang patut kamu  coba sebelum nantinya membutuskan untuk mengganti layar atau tidak.

Nah untuk mengetahui seperti apa caranya silahkan simak informasi yang dirangkum redaksi dibawah ini.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

  1. Memeriksa Kondisi Layar

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang pertama ialah memeriksa kondisi layar. Bisa saja layar handphone Android mengalami retak atau pecah, sehinga sensor layar menjadi tidak sensitif.

Umumnya  layar tidak merespon juga dikarenakan karena layar sentuh melengkung yang disebabkan terjatuh ataupun tidak sengaja smartphone terduduki.

Apabila hal tersebut terjadi, maka lebih baik pergi ke tukang service handphone dan bertanya, apakah layarnya bisa diperbaiki atau harus diganti.

  1. Cek Pemakaian RAM

Apabila kamu  sudah memastikan bahwa layar tidak ada yang pecah, retak, atau melengkung, maka kamu  isa mencoba melihat pemakaian Ram.

Sering kali pemakaian RAM yang terlalu besar membuat smartphone ngelag, sehingga layar kurang merespon ketika disentuh.

Kamu  bisa menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan, sehingga aplikasi tidak berjalan pada process background yang otomatis membuat RAM terlalu berat.

Selain itu, kamu  bisa menginstal aplikasi seperti Clean Master ataupun aplikasi lainnya untuk memantau kapasitas RAM yang tersisa.

  1. Restart Smartphone

Inilah cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang paling simple. Yah, kamu  bisa merestart smartphone agar semua komponen hardware berjalan seperti semula.

Cara ini tak selamanya ampuh apabila tetap ada aplikasi yang memberatkan kinerja ram. RAM memang sangat berpangaruh terhadap performa smartphone,

jadi lebih baik hanya menginstal aplikasi yang penting-penting saja agar kinerja smartphone tidak terbebani.

  1. Masuk Ke Save Mode

Semua smartphone dilengkapi fitur Save Mode yang biasanya digunakan untuk flashing. Untuk masuk ke dalam save mode caranya berbeda-beda, tergantung tipe smartphone yang kamu  miliki.

Silahkan cari di forum-forum ataupun blog lain untuk mengetahui caranya. Nah apabila sudah bisa masuk ke save mode, maka silahkan cek respon layar.

Apabila responnya baik, maka besar kemungkinan masalah terjadi pada pemakaian Ram ataupun masalah teknis lainnya

  1. Periksa Memori Penyimpanan

Sama halnya dengan RAM, memori penyimpan internal juga sangat berpengaruh terhadap performa smartphone.

Apabila memori internal hanya tersisa sedikit, maka secara tak langsung akan mengurangi performa smartphone. Salah satu gejalanya ialah layar kurang merespon ketika  disentuh.

Nah cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon tersebut ialah dengan menghapus file-file yang ukurannya besar, sehingga ruang penyimpanan smartphone tak terlalu penuh.

  1. Menggunakan Multitouch Tester

Satu lagi cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang paling mudah, yaitu dengan cara menggunakan aplikasi Multitouch Tester.

Aplikasi tersebut bermanfaat untuk mengecek respon sentuhan jari tangan pada layar smartphone. Rata-rata smartphone yang beredar dipasaran mendukung 5 titik sentuhan atau 10 titik sentuhan.

Nah apabila ada satu jari tangan yang tidak terhitung, maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada layar handphone Android. Jalan satu-satunya untuk memperbaikinya ialah mengganti layar.

  1. Menontaktifkan Opsi Developer

Bagi yang suka utak-atik smartphone pasti sering mengaktifkan Developer Options atau Opsi Developer. Tetapi sering kali Opsi Developer membuat respon layar berkurang. Nah supaya hal tersebut tidak terjadi,

maka lebih baik kamu  menonaktifkannya. Untuk caranya ialah masuk ke menu pengaturan, lalu memilih system. Apabila Opsi Developer rupanya aktif, maka kamu  tinggal menontaktifkannya.

  1. Aktifkan GPU 2D Rendering

Salah satu penyebab layar kurang merespon ialah karena masalah transmisi atau perpindahan layar saat masuk ke satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami sarankan untuk mengaktifkan GPU 2D Rendering supaya user interface menjadi lebih ringan dan menghilangkan efek transmisi yang sering kali membuat respon layar berukurang.

Untuk mengaktifkan menu tersebut caranya ialah dengan masuk ke menu Setting, kemudian memiliki menu Developers Options, kemudian pilih Force GPU Rendering.

  1. Mengkalibrasi Layar Smartphone

Apabila cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon di atas dirasa kurang manjur, maka kami menyarankan untuk mengkaliberasi layar. Beberapa smartphone sudah dibekali fitur tersebut,

tetapi apabila handphone Android yang masbro milikinya maka bisa mendownload aplikasi “Touchscreen Calibration” yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon ini cukup efektif, jadi kamu  wajib mencobanya.

  1. Kembali Pengaturan Awal

Bila  kaliberasi layar tidak berhasil maka cara memperbaiki layar tidak merespon selanjutnya ialah dengan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan awal atau Factory Riset.

Sebelum melakukan Factory Ricet jangan lupa untuk membackup semua data. Pasalnya Factory Riset akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal, sehingga semua fotor, aplikasi, game bisa hilang.

  1. Flashing Smartphone

Sering kali Factory Riset kurang manjur dalam memperbaiki layar tidak merespon. Cara lainnya yang patut dicoba ialah dengan Flashing ulang.

Kamu  bisa melakukannya sendiri atau datang ke tukang service handphone. Sebenarnya cara flashing handphone Android cukup mudah.

Masbro bisa melihat caranya di berbagai macam forum smartphone ataupun Youtube. Tetapi harus hati-hati saat flagship, karena bisa membuat smartphone ngebrik hingga mati total.

  1. Ganti Layar Sentuh

Bila semua cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon di atas semuanya sudah dicoba, tetapi tetap saja gagal. Kemungkinan besar masalahnya berada pada bagian layar sentuh.

Saran kami lebih baik datang ke tukung service handphone atau service center terdekat agar bisa mendapatkan solusi tentang masalah yang dialami.

Besar kemungkinan kita harus mengganti layar yang rusak dengan layar yang baru, jadi siapkan terlebih dahulu budget untuk memperbaikinya.

Nah itulah berapa cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang wajib kamu  coba apabila mengalami layar kurang responsif ataupun ngelag.

Kami tidak menjamin cara di atas semuanya manjur, karena tergantung dari penyebabnya. Apabila sudah terlalu parah, maka mau tak mau kita harus membeli layar baru.

Tetapi apabila hanya masalah teknis, kamu  bisa mencoba cara di atas. Sekian informasi mengenai smartphone Android kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

 

 

Article Categories:
teknologi

Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!