Artificial Intelligence

6 aplikasi hasil Artificial Intelligence ini sudah nyata ada

Posted on 22 views

Artificial Intelligence ini dikenal pada tahun 1950 an.Marvin Minsky dari MIT dan John McCathy dari Stanford  memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan AI ini.jadi Ai ini digambarkan suatu program atau mesin yang bisa mengerjakan tugas seperti manusia pada umumnya.

System AI ini biasanya mempunyai perilaku yang mirip dengan kecerdasan manusia seperti : merencanakan, bisa learning, penalaran, memecahkan suatu masalah, merepresentasikan suatu persoalan, membuat persepsi, melakukan gerakan, bisa memanipulasi, kecerdasan social dan kreatifitas.

Pernahkah anda membayangkan bagaimana perkembangan teknologi AI in kedepannya?..di era industry 4. 0 ini semakin banyak teknologi-teknolog mesin yang menggunakan teknologi AI. Bahkan manusia sekarang mau tidak mau sudah berdampingan dengan mesin ini, maka teknologi AI ini secara otomatis akan mendorong manusia akan selalu ketergantungan terhadap teknologi, bahkan menurut survey pada tahun 2020 nanti paling tidak 30% perusahan akan menggunakan AI sebagai tool marketing untuk bisnis mereka.

Kemajuan  dibidang teknologi merupakan salah topik yang sangat menarik untuk diperdebatkan, ada yang bilang ah itu masih lama penerapanya,ah mungkin itu hanya bisa bertahan sementara saja.tetapi ketika hal ini dihubungkan dengan suatu bisnis, maka pertumbuhan teknologi AI ini khususnya dalam bidang bisnis tidak bisa dianggap remeh.

Secara tidak langsung dengan berkembangan teknologi AI ini maka secara otomatis mengurangi juga eksistensi dari manusia itu sendiri, tetapi di saat yang sama teknologi membuat menusia ketergantungan terhadap mesin-mesin ini.

Hal inilah yang membingungkan para ilmuwan sebenarnya ruang lingkup AI ini seberapa besar?.mungkin anda sudah pernah mendengar tentang mobil otomatis alias tanpa pengemudi.seperti mobil Testal yang terkenal itu system kemudinya bisa digerakan secara otomatis dengan teknologi ini.contoh juga kalau anda tahu tentang mobil Peugeot 3005 ataupun 3008 ada fitur yang bisa parker otomtasi.

Bahkan ketika anda melakukan browsing-browsing internet atau ketika menggunakan internet secara tidak sadar anda sudah menggunakan teknologi AI ini.atau kalau anda menggunakan media social seperti facebook, mereka juga sudah menggunakan teknologi AI untuk system mereka.

Berikut ini adalah aplikasi Artificial Intelligence yang sudah diterpakan.

  • eCommerce

pernahkah anda bertanya-tanya ketika mengunjungi situs belanja online, situs tersebut mengetahui behaviour anda?, akhirnya mereka menampilkan diberanda anda tentang produk-produk yang sesuai dengan style anda atau bahkan mereke menyuguhkan produk-produk yang mungkin selama ini yang anda cari?

Untuk memahami pelanggan mereka situs belanja online tersebut menggunakan AI.Contohnya AI ini digunakan oleh raksasa eCommmerce seperti Amazon, dengan teknologi ini mereka mengetahui tentang preferensi anda.

Contoh lainya adalah facebook.ketika anda bermain facebook tiba-tiba diberanda anda muncul penawaran yang sesuai dengan apa yang anda cari.pernah bertanya-tanya tidak bagaimana mereka tahu apa yang anda butuhkan?.facebook memberikan insight kepada pengingklan tentang behaviour user  yang menggunakan facebook.kalau anda yang sudah pernah ngiklan di FB Ads , maka anda sudah mengerti apa yang saya maksud diatas.

Garis bersarnya adalah ketika pengguna menggunakan aplikasi dari amazon,maka teknologi AI yang ada didalam aplikasi mengumpulkan data-data seperti : lokasi, waktu yang dihabiskan untuk produk tertentu,dll. Makanya ketika kita berberbelanja di amazon system akan memberikan referensi kepada kita.

Beda lagi kalau kita menggunakan facebook khususnya ketika  menggunakan FB Ads.dengan teknologi AI yang digunakan para pengiklan di facebook disediakan data-data pengguanya seperti:

Negara,Jenis Kelamin, Usia, Behaviour, Hobi, dll.contohnya data yang disajikan facebook adalah seperti berikut ini:

contoh AI

berdasarkan gambar diatas kita bisa mengetahui tentang orang dengan spesifikasi seperti : lokasi, umur, jenis kelamin, kesukaan, bahasa yang digunakan, status, pendidikan, tempat kerja,dll

  • Bidang Kesehatan

Industri  kesehatan adalah salah satu industry yang menerapkan teknologi Artificial Intelligence ini dalam skala besar, walapun sepenuhnya teknologi ini tidak bisa sepenuhnya menggnati tugas dari dokter, tetapi dengan penerapan teknologi ini akan membuat dokter menjadi manusia yang lebih pintar.

Pernah anda  mendenger tentang molly?.molly ini adalah perawat virtual yang dikembangkan oleh perusahaan AS sense.Molly membantu seorang dokter dalam memonitoring pasien dengan cara yang paling efisien dibandingan menggunakan tenaga manusia biasa.molly dirancang untuk bisa melakukan percakapan dengan manusia dan pasien, serta membantu pasien dalam kondisi yang bagaimanapun, jadi dengan adanya teknologi ini sangat membantu dokter supaya bisa berkonsentrasi pada tugas-tugas yang  membutuhkan perhatian mereka.

  • Dibidang Retail

Pernah tahu tentang Amazon Go?.. konsepnya adalah took ritel yang system pembayarannya menggunakan system pembayaran virtual.

System pembayaran ini berbeda dengan system pembayaran tradisional, karena pada system tradional jika pengunjung sangat banyak bisa terjadi antrian yang panjang di kasir.sistem pembayaran virtual ini prinsip kerjanya adalah pelanggan masuk dengan akun amazon go, setelah palanggan masuk di amzon go maka semua akan terjadi secara otomatis, karena sensor akan aktif dan melacak semua item yang dibeli oleh pelanggan.dan utuk pembayaran konsepnya juga hampir sama yaitu melalui aplikasi juga.

Untuk memperjelas penjelasan diatas silahkan nonton videonya dibawah ini

  • Industri

Untuk trend kedepan di bidang manuaktur tenaga manusia akan digantikan oleh tenaga robot.dengan berkembangan teknologi Artificial Intelligencekhususnya didalam bidang robotic,ketika industry sudah beralih ke robot maka akan mengancam eksistensi manusia sebagai pekerja yang tenaganya akan digantikan oleh robot.Robot sebagai mesin, dianggap lebih efisien dibandingakan dengan manusia dalam melakukan tugas pekerjaan secara terus menerus tanpa harus istirahat.

Robot ini sebagaian besar digunakan dalam proses produksi, karena dengan menggunakan robot ini maka akan menghasilkan produk yang lebih banyak dan proses pembuatan produk menjadi semakin cepat.

  • Mobil tanpa pengemudi

Teknologi AI juga sangat berkembang kearah ini juga, mungkin anda juga sudah pernah mendengar mobil berjalan tanpa ada sopirnya.dimobil ini dibenamkan teknologi AI sehingga mobil cerdas ini bisa otomatis menyesuaikan berapa kecepatan dijalan, dan kearah mena harus jalan.

Tesla adalah salah satu produsen mobil yang mengembangkan teknologi tanpa sopir ini, walaupun konsep sepenuhnya belum jalan, tetapi paling tidak teknologi ini kedepennya bisa di implementasikan.

  • Marketing Bisnis

Teknologi Artificial Intelligence untuk dunia marketing saat ini sudah kita rasakan manfaatnya.yaitu bisa meningkatkan penjulan dan pemasaran untuk bisnis.dengan teknologi AI kita bisa mengatahui tentang sebuah iklan siapa saja yang menjadi target audience,Ai juga digunakan untuk membantu ketika customer  menanyakan tenteng sebuah produk.

Adext merupakan salah contoh yang menerapkan AI untuk bisnisnya untuk strategi pemasaran, kalau dibandingkan ketika memasarkan secara manual hasil yang didapatkan sangat kecil dibandingakan ketika menggunakan suatu teknologi.

  • Kesimpulan

Perkembangan teknologi AI ini sangat luar biasa dewasa ini, maka dari itu janganlah kita alergi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat.jika anda tidak mau mengikutinya siap-siap anda akan tertinggal..

referensi :

  1. source