jaringan komputer

Apa itu jaringan komputer, manfaat dan jenis-jenisnya

Posted on 28 views

ketika kita membahas jaringan komputer maka perkembangan dari teknologi ini sangat luar bisa, kalau jaman dahulu kecepatannya sangat rendah, maka kalau sekarang kecepetannya sangat luar biasa apalagi sekarang teknologi ini sudah digunakan didalam dunia industri juga.kira-kira apa sih yang dimaksud jaringan komputer??

pengertian jaringan komputer

jaringan komputer adalah komunikasi antara dua komputer atau lebih untuk sharing informasi atau sumber daya.jadi dalam hal ini bisa dikatakan jaringan komputer minimal harus ada 2 komputer yang saling terhubung.jika kurang dari 2 komputer maka bukan sebagai jaringan komputer.

manfaat jaringan 

manfaat dari jaringan komputer sangatlah banyak apalagi untuk instansi atau perusahaan.kerana dengan adanya jaringan komputer bisa meningkatkan proses layanan dan mempermudah semua aktivitas yang ada di perusahaan atau kantor tersebut.misalnya hal simple saja.didalam satu ruangan salah satu kantor ada 6 orang, aktifitas dari 6 orang itu sering bertukar data dan sering mencetak hasil dari kerjanya.

coba anda banyangkan ketika di ruangan tersebut tidak ada jaringan komputer, pasti yang dilakukan adalah mereka menggunakan printer gantian dan ketika melakukan transfer data pasti mereka menggunakan flasdisk.

tetapi ketika ruangan tersebut menggunakan jaringan komputer, maka pekerjaan mereka jadi lebih mudah dan lebih cepat.kerena kita bisa sharing printer dan kita bisa sharing data menggunakan koneksi LAN.

jaringan komputer

keuntungan ketika menggunakan jaringan komputer adalah:

  • Bisa melakukan sharing data dalam jaringan
  • Video konference
  • Data yang terpusat
  • Semua User bisa akses internet
  • Menghemat biaya

jenis-jenis jaringan komputer

gambar diatas adalah salah satu tipe jenis jaringan LAN(local Area Network)pada LAN diatas ada 5 client , 3 server dan 1 printer.jadi semua client diatas bisa mengakses 3 server serta bisa juga mengakses printer yang ada di LAN tersebut.dan di sub topik ini saya akan membahas tentang jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan areanya, saat ini ada sekitar 8 jenis yang digunakan dalam jaringan komputer, list datanya sbb:

  • PAN(Personal Area Network)

PAN merupakan salah satu tipe jaringan yang paling kecil dibandingkan dengan LAN.PAN biasanya dibuat dengan sebuah modem wifi kemudian 1 atau 2 komputer, telpon, printer tablet, biasanya PAN ini digunakan untuk kantor yang kecil dan bisa ditangani cukup hanya satu orang saja.

Jenis jaringan komputer PAN

  • LAN ( Lokal Area Network)

LAN adalah tipe jaringan komputer yang paling banyak digunakan saat ini.LAN ini biasanya digunakan dalam suatu ruangan atau sebuah gedung.media komunikasi yang digunakan LAN ini bisa memakai kabel dan wireles.kemudian divice yang digunakan ada switch/hub/router

  • WLAN ( Wireless LAN)

jaringan WLAN

Tipe jaringan ini hampir sama dengan tipe jaringan LAN yang membedakan adalah di jenis media komunikasinya saja.fitur dari jenis jaringan ini adalah :

    • WLAN menggunakan tipe wireless  802.11
    • Untuk mengirimkan data dari satu PC ke PC atau ke peralatan lainya menggunakan radio frekuensi
    • Untuk keamanan data sangat rendah karena menggunakan radio frekuensi, maka setiap orang bisa mengakses jaringannya tersebut.
    • untuk koneksi antara client dan server bisa melalui access point (AP)
    • Sinyal WLAN bisa menjadi lebih ketika anda jauh dari sumber pancarannya
  • CAN ( Computer Area Campus)

CAN network

tipe jaringan ini lebih besar dari pada LAN dan lebih kecil dari pada MAN.tipe jaringan kalau di luar negeri biasa digunakan untuk area kampus, tapi kalau kondisi di indonesia kampus-kampus menggunakan jaringan LAN

  • MAN ( metropolitan Area Network)

MAN network

tipe jaringan ini lebih besar dari pada LAN dan lebih kecil dari WAN.jaringan MAN ini biasanya di implementasikan di kota-kota dan bisa juga diterpakan di kampus-kampus.

  • WAN ( Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang cakupan wilayahnya sangat luas.cakupannya bisa antar kota, propinsi bahkan negara dan sistem komunikasinya bisa secara private maupun public.

WAN network

untuk mempermudah pemahaman WAN anda bisa menganalogikan seperti internet internet yang pakai saat ini.internet yang kita pakai saat ini adalah jaringan komputer tipe WAN, karena bisa menjangkau kota, propinsi, negara bahkan dunia.

  • SAN ( Storage Area Network)

SAN Network

Storage are network adalah salah satu jenis dari LAN(lokal area network) yang fungsinya untuk menangani  transfer data dan untuk penyimpanan data informasi digital.SAN biasanya mendukung penyimpanan data, pengambilan, dan replikasi pada jaringan bisnis menggunakan high-end servers, multiple disk arrays and interconnect technology.

  • VPN (Virtual Private Network)

VPN (virtual private network) adalah salah satu metode yang digunakan untuk koneksi internet secara private.disini jaringan VPN menyembunyikan IP address kita kemudian melakukan routing semua koneksi internet secara private dan melakukan enskripsi jaringan tunnel melalui jaringan publik.

VPN network

VPN ini sangat terkenal sekali ketika mau menggunakan jaringan yang private.contoh aplikasi VPN ini bisa anda temui di bank BCA.jika anda adalah nasabah bisnis, maka sebelum koneksi ke internet bank maka anda harus menyalakan VPN terlebih dulu.

Atau ketika anda mau mengakses website yang diblock provider anda maka anda juga bisa menggunakan VPN untuk mengaksesnya.VPN pun ada macam-macam jenisnya juga. ada yang berbayar dan ada yang gratisan.

saran saya ketika anda mau mengakses dari penting dengan menggunakan VPN, gunakanlah vpn yang berbayar, dan jangan menggunakan VPN yang gratisan.

perangkat jaringan komputer

setelah kita paham tentang tipe-tipe dari jaringan komputer, maka hal yang harus kita ketahui selanjutnya adalah kira-kira apa saja perangkat jaringan komputer yang dibutuhkan dalam membuat sebuah jaringan.

berikut ini adalah perangkat jaringan yang harus anda ketahui dan pahami ketika anda belajar tentang jaringan komputer:

  • NIC ( network interface card)

setiap laptop atau komputer yang terhubung ke LAN maka harus mempunyai hadware yang namanya NIC.NIC ada 2 jenis yaitu yang model wireless dan model wired.ketika NIC yang wireless maka kita tinggal koneksi saja ke acess point (AP).

NIC jaringan

NIC yang wired menggunakan kabel sebagai media komunikasinya.biasanya kabel yang digunakan adalah RJ45 yang akan dihubungkan ke komputer lainya ketika kita menggunakan Peer to Peer atau menghubungkan ke switch ketika menggunakan LAN

  • Switch / Hub

fungsi dari switch ini adalah menghubungkan semua client dalam 1 jaringan.misalnya kita mempunyai 4 komputer.kita menginginkan ke 4 komuter itu bisa saling komunikasi satu dengan lainya, maka kita membutuhkan switch / hub sebagai penghubung dari 4 komputer itu

hub-switch jaringan

apa bedanya switch dan hub.saya analogikan seperti contoh diatas ada 1,2,3,4 komputer. ketika saya mau ngirim data dari komputer 1 ke komputer 4 maka ketika saya menggunakan hub pesan akan di broadcast kesemua komputer, tapi kalau kita menggunakan switch maka pesan akan di broadcast ke komputer 4 saja.dengan demikian saat lebih banyak menggunakan switch dibandingkan menggunakan hub.

  • Router

router jaringan

Fungsi router digunakan untuk menhubungkan 2 buah jaringan yang berbeda. misalnya kita mempunyai 2 gedung. gedung pertama jaringannya dengan gateway 252.243.3.1 kemudian gedung kedua menggunakan gateway 252.243.4.1 supaya 2 jaringan diatas bisa berkomunikasi maka dibutuhkanlah sebuah router.