cloud computing adalah

Tanpa sadar cloud computing adalah teknologi yg anda gunakan tiap hari

Posted on

Mungkin anda sudah anda yang mendengar tentang cloud computing, tetapi bagaimana sih cara kerja dari cloud computing tersebut?, bagaimana perngarhunya juga terhadap perkembangan dunia IT saat ini.mungkin saja tanpa disadari anda saat ini sudah menggunakan teknologi cloud ini.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cloud computing ini berkerja serta keuntungan apa yang kita dapatkan dari teknologi terhadap kehidupan kita saat ini.

Cloud Computing Adalah?

Cloud computing adalah penggunaan sumber daya baik itu hardware dan software secara bersama-sama guna memberikan pelayanan melalui jaringan computer yang terhubung dengan internet.jadi dengan teknologi cloud ini kita bisa mengakses aplikasi mau file dengan perangkat apapun yang terkonkesi ke jaringan.

Framework dari cloud computing ini terdiri dari aplikasi, penyimpanan, layanan yang tersedia untuk umum melalui jaringan khususnya internet.Contoh gampang yang bisa kita lihat sehari-hari bahkan tanpa sadari kita menggunakannya adalah produk-produk dari google.seperti : gmail,google drive, google doc, google class,dll

Namanya teknologi pasti menimbulkan pro dan kontra, hal utama yang paling disorot adalah tentang privasi dan keamanan.dan keamanan merupakan salah satu issue utama ketika teknologi yang digunakanan  terhubung di internet. Tetapi disamping adanya issue tentang keamanan, ada hal positif yang dihasilkan dari teknologi ini.

Bahkan banyak organisasi besar mengubah layanan mereke ke teknologi cloud ini.karena teknologi ini menawarkan manfaat seperti : fleksibilitas, kecepatan dan mobilitas.manfaat tersebut merupakan yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi baik saat ini maupun nanti dimasa mendatang

Bagaimana cara kerja teknologi cloud computing ini??

Ketika kita bicara tentang fleksibilitas, kecepetan, dan mobilitas dalam hal akses data ditahun-tahun sebelumnya sangat susah untuk dilakukan.tetapi dengan adanya evolusi teknologi yang terjadi saat ini terjadi perubuhan yang sangat besar dalam hal teknologi penyimpanan dan berbagi data dan informasi.hasil dari revolusi industry 4.0 khususnya di  bidang cloud computing dan internet mempunyai peranan yang besar  tentang perubahan teknologi sharing data yang bisa dilakukan dari device apapun dan waktu kapanpun.

Cloud computing sangat memungkinkan pengguna mengakses informasi  dimanapun berada dengan menggunakan internet.misalnya anda mau pergi keluar negeri untuk tujuan kerja sementara data-data yang anda butuhkan tertinggal dirumah.mungkin kalau jaman-jaman dulu pasti ada merasa resah dan bingung.tapi dengan teknologi cloud ini anda bisa minta tolong orang terdekat anda untuk mengupload data tersebut ke cloud supaya bisa diakses dari internet.misalnya fasilitas cloud gratis seperti google drive atau dropbox.

Jadi kalau kita bicara tenteng cloud computing pasti bicara juga tentang internet.karena antara cloud computing dan internet tidak bisa dipisahkan.cloud computing menyediakan pelayanan seperti penyimpanan , basis data, aplikasi bisa diakses ketika terkoneksi dengan internet.

Sekarang juga sudah banyak layanan-layanan cloud seperti webhosting (amazon atau web hosting didalam negeri) menyediakan perangkat keras / server  yang terhubung ke jaringan sehingga aplikasi yang kita buat bisa diakses olah banyak orang

Manfaat dari cloud computing

Yang namanya teknologi pasti ada kelebihan dan keuntungan.cloud computing membantu kita dalam hal untuk mengakses data, melindungi data kita supaya tidak hilang, bahkan bisa juga untuk mengamankan data yang kita punya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika menggunakan cloud computing

  • Kemudahkan => dengan adanya banyak layanan cloud maka memberikan keutungan yang banyak buat kita, jadi kita bisa memilih fasilitas-fasilatas yang diberikan sesuai dengan keingingan kita, misalnya saja ada google drive, icloud, dropbox,dll.jadi sekarang kita sangat mudah untuk menyimpan data-data kita, dan enaknya lagi banyak layanan cloud yang gratis juga
  • Mobilitasà ini sangat membantu sekali, mungkin dahulu ketika kita kerja tim harus selalu bertemu untuk diskusi serta mengerjakan tugas dari masing-masing tim.tetapi sekarang setiap anggota tim bisa mengerjakan job descnya dimanapaun mereka berada.informsi yang disajikan sama dan realtime.misalnya kita mempunyai anggota tim 5. Dengan menggunakan fasilitas gratis dari google kita bisa mengetahui tiap-tiap orang reportnya seperti apa.
  • Efisiensi-> jelas teknologi cloud ini membuat efisien kerja kita karena kita tidak perlu kuatir jika terjadi kerusakan perangat yang kita gunakan, kerena data-data yang kita buat berada di cloud.jadi secar data dan waktu tidak mempengarui kinerja dari organisasi.

Kategori

Cloud computing dilihat dari sisi jaringan / network dibagi menjadi 5 kategori:

  • Public cloud network-> jasa ini sifatnya umum dan jaringannya sangat mudah diakses oleh penyedia layanan. Contohnya adalah yang sering kita gunakan seperti google.
  • Private cloud network->layanan jaringannya sangat terbatas dan private, bahkan penyedia layanan saja tidak punya akses datanya, yang bisa mengakses adalah organisasi yang menggunakan layanan jaringan tersebut
  • Community cloud network->jaringan ini hanya bisa diakses oleh organisasi yang tergabung dalam 1 komunitas yang mempunyai tujuan yang sama
  • Hybrid cloud network-> ini adalah model dari gabungan jenis jaringan cloud diatas mulai dari jaringan private, public dan komunitas

Layanan cloud computing

Cloud computing adalah teknologi yang kuat dan keren .layanan yang diberikan tidak hanya untuk mengakses data, bahkan dengan teknologi sangat memungkinkan kita mengakses server, aplikasi serta perangkat lunak yang berada didalam jaringan cloud.layanan cloud ini dibagai menjadi 3 yaitu:

  • Iaas (Infrastrukture as a service)-jenis layanan ini user memungkinkan untuk mengakses kapasitas data penyimpanan, kecepatan / kekuatan dari pemrosesan, dan jaringannya.
  • Paas ( Performance as a service)- tipe layanan yang memberikan sebuah platform dan lingkungan yang memberikan akses kepada seorang developer untuk membuat aplikasi dan layanan melalui internet.
  • Saas( software as a service) – layanan cloud computing yang menyediakan software aplikasi yang dibutuhkan oleh customer seperti CRM, software / tool marketing, dll

Hal-hal lain yang bisa memanfaatkan teknologi cloud computing ini seperti membuat aplikasi, penyimpanan / storage, backup dan recovery data, web hosting, streaming video dan audio,dll.

Aplikasi cloud computing

Cloud computing bisa diaplikasi disemua sector seperti keuangan, medis, pertanian, dll.teknologi ini sangat dibutuhkan oleh industry dalam hal menangani share sumber daya, menyimpan data dalam jumlah besar, atau mungkin istilah yang lagi trend saat ini adalah tentang big data.

Saat ini teknologi cloud computing ini tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita, kerana tanpa sadarpun sekarang menggunakannya, apalagi jika anda mempunyai smart phone bisa dipastikan anda menggunakan layanan ini.

Bagaimana komentar anda tentang cloud computing ini?.. apakah organisasi atau perusahaan anda menggunakan teknologi ini. Anda bisa share di kolom komentar