cara membuat tanda tangan digital

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Posted on

Tanda tangan merupakan salah satu istilah yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Hal ini karena didalam kehidupan pastinya selalu ada momen dimana membutuhkan adanya tanda tangan ini.

Mulailah Beralih Ke Tanda Tangan Digital

Ketika mendengar istilah tanda tangan tentu masyarakat sudah sangat familiar. Umumnya tanda tangan diperlukan untuk beberapa hal,

misalnya saja tanda tangan daftar hadir, tanda tangan berkas pekerjaan dan masih banyak lagi.

Jika sebelumnya anda hanya paham dengan tanda tangan manual maka kini sudah saatnya anda beralih ke tanda tangan digital.

Biasanya ketika ingin membuat sebuah tanda tangan, maka akan menggunakan cara manual yaitu melalui sebuah kertas dan pena.

Lalu bagaimana dengan tanda tangan digital? Sesuai dengan namanya, tanda tangan digital adalah layaknya tanda tangan pada umumnya,

hanya saja tanda tangan digital ini dibuat secara digital melalui sebuah perangkat elektronik.

Keberadaan era digital memang membawa banyak perkembangan di dalam segala aspek kehidupan manusia.

Dan mau tak mau, manusiapun juga harus menyesuaikan dan mengikuti dari perkembangan dunia digital ini. Karena memang sebenarnya ada banyak kemudahan yang didapatkan berkat adanya dunia digital ini.

Salah satunya adalah mengenai tanda tangan. Kebanyakan pekerjaan sekarang beralih ke media digital, sementara biasanya sebuah dokumen akan ditandatangani secara manual menggunakan pena.

Lalu bagaimana jika berkas atau dokumennya disimpan secara digital?

Tak perlu khawatir karena kini tanda tanganpun bisa diubah kedalam bentuk digital sehingga ketika anda harus mengirim surat,

undangan ataupun menandatangani sebuah berkas secara digital maka bisa diterapkan dengan mudah.

Caranya pun juga sangat mudah karena kini sudah banyak website atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tanda tangan digital.

Manfaat Tanda Tangan Digital yang Perlu Diketahui

Didalam sebuah perusahaan, kantor atau instansi tentunya menandatangani sebuah dokumen, berkas, surat undangan serta surat perjanjian adalah hal yang biasa.

Jika hanya berjumlah satu atau dua lembar saja tentu tak akan ada masalah. Lalu bagaimana jika ternyata jumlahnya mencapai ratusan lembar?

Menandatangani sebuah dokumen atau apapun itu dalam jumlah banyak rasanya tidak memungkinkan jika dilakukan secara manual.

Selain melelahkan, juga akan membuat hal tersebut tidak efektif secara waktu. Membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya.

Namun hal ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan tanda tangan digital, karena hanya perlu sekali copy paste saja maka sudah bisa dicetak dalam jumlah banyak sekaligus.

Namun apakah anda tahu apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan digital signature ini?

  • Praktis dan Menghemat Waktu

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tanda tangan secara manual sangat tidak efektif dalam hal waktu dan tenaga.

Akan sangat melelahkan jika harus menandatangani suatu berkas dalam jumlah banyak sekaligus. Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara memanfaatkan tanda tangan digital.

Dengan tanda tangan digital inilah anda bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga secara tidak langsung akan meringankan tugas atau pekerjaan anda.

  • Bisa Memangkas Biaya

Selain menghemat waktu dan tenaga, menggunakan tanda tangan digital juga bisa menghemat biaya.

Jika anda melakukan tanda tangan secara manual, maka anda membutuhkan pena dan kertas. Apalagi dalam jumlah banyak maka pastinya lebih banyak pula biaya yang dibutuhkan.

Namun hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan tanda tangan digital. File berformat digital dengan tanda tangan digital adalah paduan sempurna yang akan memangkas banyak biaya yang seharusnya bisa saja dikeluarkan.

  • Tidak Bisa Diduplikasi

Jika tanda tangan manual, mungkin bisa saja ditiru atau dipalsukan dengan mudah. Namun tidak dengan digital signature.

Masing – masing tanda tangan digital mempunyai algoritma yang berlainan sehingga sangat kecil kemungkinan untuk dipalsukan.

  • Memiliki Legalitas Hukum yang Resmi

Manfaat selanjutnya adalah dimana tanda tangan digital ini memiliki legalitas hukum yang resmi dan jelas.

Hal ini bisa menjadi dasar yang kuat ketika terjadi sebuah masalah yang menyangkut tanda tangan anda, maka hal ini bisa dibawa ke ranah hukum.

Dari penjelasan diatas, maka rasanya tak mengherankan jika kini mulai banyak pihak yang beralih untuk menggunakan tanda tangan digital.

Alasan Mengapa Tanda Tangan Digital itu Penting

Setelah mengetahui manfaatnya, maka berikutnya anda juga perlu mengetahui tentang alasan mengapa tanda tangan digital itu penting.

Sebenarnya hal ini berkaitan dengan gaya hidup atau trend yang berkembang saat ini dimana semuanya bisa dilakukan serba digital. Baik itu yang bertujuan komersil, non komersil, pekerjaan dan lain sebagainya.

Biasanya tanda tangan dibutuhkan dalam beberapa hal seperti surat perjanjian, surat kontrak atau berkas – berkas penting lainnya.

Tanda tangan digital dilengkapi dengan sistem keamanan sehingga sedikit sulit untuk bisa diduplikat.

Hal ini tentunya bermanfaat untuk perusahaan atau instansi besar yang memang seringkali melakukan perjanjian atau kontrak.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi adanya kecurangan di dalam perjanjian yang dilakukan.

Apalagi di tengah masa pandemi seperti ini dimana social distancing sangat penting untuk diperhatikan.

Untuk masalah menandatangani sebuah dokumen apapun itu bentuknya, tak perlu harus bertatap muka secara langsung karena bisa dilakukan secara digital via email.

Dengan begitu sangatlah jelas jika di era digital seperti sekarang ini, tanda tangan digital memang sangat bermanfaat.

Cara Mudah Untuk membuat Tanda Tangan Digital

Melihat beberapa penjelasan diatas tentunya anda penasaran bagaimana cara membuat tanda tangan digital bukan? Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk membuat digital signature.

Melalui Situs Website

Cara pertama untuk bisa membuat tanda tangan digital adalah melalui situs website.

Saat ini ada banyak sekali situs yang menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan digital secara online. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Sebagai contohnya anda bisa membuat tanda tangan digital melalui website Online Signature. Berikut ini adalah step – stepnya.

  • Buka alamat websitenya.
  • Pilih menu Draw Signature.
  • Gambar tanda tangan yang diinginkan.
  • Klik Save lalu Download maka tanda tangan yang sudah anda buat tadi akan didownload dan disimpan secara otomatis pada perangkat yang anda gunakan.
  • Selesai.

Melalui Aplikasi Smartphone

Cara kedua bisa melalui aplikasi. Anda bisa mencari aplikasi digital signature apps terbaik melalui Apps Store maupun Play Store.

Salah satu contoh aplikasi yang bisa digunakan di smartphone untuk membuat tanda tangan digital adalah aplikasi Adobe Fill & Sign : Easy PDF Doc & Form Filler. Berikut adalah cara membuatnya.

  • Download aplikasi Adobe Fill & Sign : Easy PDF Doc & Form Filler
  • Buka aplikasinya
  • Pilih Create Signature
  • Buat tanda tangan sesuai keinginan
  • Klik Done

Sebenarnya masih banyak website maupun aplikasi yang bisa digunakan, hanya saja kedua cara diatas bisa dipilih untuk membuat tanda tangan digital mengingat caranya yang sangat sederhana dan praktis. Selamat mencoba!

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *