Oct 26, 2020
5 Views

Berikut ini adalah situs jurnal internasional yg bisa anda gunakan

Written by

Untuk para mahasiswa dan peneliti, keberadaan jurnal internasional bisa sangat membantu pekerjaan mereka atau proses mereka dalam menyelesaikan skripsi dan sejenisnya.

Ketika Anda membuka artikel ini, artinya Anda sedang butuh situs jurnal internasional, kan?

Mencari referensi biasanya menjadi kesulitan banyak orang ketika menggarap skripsi atau thesis.

Alasannya banyak, dari mulai tidak punya buku, bukunya kebanyakan bahasa Inggris, atau tidak tahu jurnal yang membahas, atau bahkan tidak tahu situs jurnal internasionalnya. Kita bahas tuntas di sini. 

Daftar Situs Jurnal Internasional

  • Website Perpusnas

Situs jurnal yang pertama, memang di satu sisi nggak bisa dibilang sebuah situs jurnal internasional karena berasal dari Indonesia.

Tapi isinya adalah jurnal-jurnal dari seluruh dunia, nggak cuma Indonesia saja. 

Situs jurnal yang satu ini bisa Anda akses di e-resources.perpusnas.go.ig. Ini adalah situs resmi dari Perpustakaan Nasional Indonesia.

Ada ratusan ribu jurnal yang tersedia di sini dan bisa Anda gunakan sebagai bahan skripsi Anda. 

Salah satu syarat untuk bisa mengakses situs ini dan mengunduh jurnal-jurnal yang tersedia secara gratis adalah Anda harus mendaftarkan dulu menjadi anggota dari Perpusnas. Anda bisa mendaftarnya langsung di website tersebut. 

  • Google Scholar

Mungkin ini adalah situs jurnal internasional yang lebih populer dari pada website Perpusnas.

Banyak dari kakak kelas Anda yang sebelumnya sudah mencari jurnal internasional untuk bahan skripsi, pasti merekomendasikan website ini. 

Memang benar Google Scholar adalah yang paling populer. Pasalnya, setiap kali Anda mengetik kata kunci jurnal internasional, pasti mesin pencari Google akan merekomendasikan website mereka sendiri. 

Anda bisa mengakses Google Scholar di scholar.google.co.id. Di sana Anda akan bisa menemukan begitu banyak jurnal internasional.

Untuk mendapatkan jurnal yang tepat, Anda tinggal mengetik judul jurnal di kolom pencarian. 

Atau kalau lupa judulnya, Anda bisa mengetik hal yang berhubungan dengan jurnal tersebut. Akan ada banyak pilihan dan Anda bisa memilih salah satu jurnal yang muncul. 

  • International Journal of Education and Research

Setelah Google Scholar yang populer itu, ada juga sebuah situs jurnal internasional bernama International Journal of Education and Research. Di situs yang satu ini ada banyak sekali review jurnal penelitian. 

Hampir semua review jurnal penelitian yang ada di situs ini diterbitkan oleh Contemporary Research Center. Tak perlu khawatir dengan kredibilitas jurnal yang ada di sini. Semua jurnal yang tersedia di situs ini terjamin. 

Hal itu karena si penerbitnya juga sudah terakreditasi. Jadi, bukan sembarang situs. Hampir semua jurnal yang tersedia di situs ini bisa diunduh secara gratis. 

  • Directory of Open Access Journal

Kalau Anda sedang mencari situs jurnal internasional dengan banyak jurnal dan semuanya gratis tanpa perlu mendaftar macam-macam, Anda tinggal menuju Directory of Open Access Journal. Di dalam situs yang satu ini tersedia banyak sekali jurnal dan semuanya gratis. 

Untuk mendapatkan jurnal internasional di situs Directory of Open Access Journal ini Anda hanya perlu menuliskan judul jurnal yang sedang Anda cari di kolom pencarian, enter, dan akan keluar hasilnya. Anda tinggal mengunduh sesuka hati. 

  • Science Direct

Berbeda dengan Directory of Open Access Journal, Science Direct adalah salah satu situs jurnal internasional yang memerlukan pembayaran pada beberapa jurnal yang menjadi koleksinya. Tentu untuk membayarnya Anda harus memiliki kartu kredit. 

Meski begitu tetap ada beberapa jurnal yang bisa Anda dapatkan secara gratis di bagian open access.

Kalau Anda mencari buku pun bisa menemukan beberapa e-book gratis di website ini. Meskipun lebih banyak yang berbayar dan tentu lebih bagus yang berbayar. 

  • Akademia

Kemudian ada Akademia yang bisa Anda akses di akademia.ed. Di dalam situ yang satu ini ada banyak sekali jurnal dari berbagai negara. Semua jurnal yang tersedia di Akademia ini bisa didapatkan secara cuma-cuma. 

  • Research Gate

Research Gate bukan hanya sebatas situs jurnal internasional. Tapi ia juga merupakan situs komunitas para peneliti yang pada beberapa waktu secara berkala mengunggah jurnal mereka. Karena itu ada banyak sekali jurnal baru di sini. 

Untuk bisa mendapatkan akses pada jurnal yang tersedia di sini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan email dari institusi atau kampus Anda sendiri-sendiri. Baru setelah itu Anda  bisa mendapatkan jurnal yang Anda inginkan.

Bukan hanya bisa mendapatkan jurnal, Anda juga bisa mengunggah jurnal yang Anda tulis dengan gratis. Situsnya bisa Anda akses di researchgate.net. 

 

  • International Journal of Education & the Arts

Lalu ada lagi situs jurnal internasional yang lain bernama International Journal of Education & the Arts.

Situs ini selain menyediakan jurnal dari berbagai bidang ilmu, juga ada banyak sekali jurnal dari kesenian. Sama seperti judul dari situs ini. 

Untuk mengaksesnya, Anda bisa menuju website ijea.org. Banyak jurnal kesenian yang bisa jadi bahan bacaan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan jurnal Anda di website ini. Tentu dengan mendaftar dulu sebagai anggota. 

  • Jurnal Cambridge

Siapa yang nggak kenal dengan Cambridge? Hampir semua mahasiswa pasti memiliki mimpi untuk bisa bersekolah di salah satu kampus tertua di dunia ini, kan? Anda mungkin salah satunya.

Selain sebagai kampus terkemuka di dunia, Cambridge juga memiliki situs jurnal. 

Anda bisa mengakses situsnya di journals.cambridge.org. Di dalam situs tersebut ada banyak sekali jurnal internasional.

Karena dirilis langsung di website Cambridge, maka Anda tidak perlu khawatir pada kredibilitas setiap jurnal yang tersedia di website ini. 

Untuk mengunduh jurnal di situs ini pun terbilang sangat mudah. Anda tinggal mengetikkan di kolom pencarian judul jurnal yang sedang Anda cari, klik enter, dan Anda akan mendapatkan jurnal yang Anda inginkan. 

  • Jurnal Oxford

Nggak kalah dengan Cambridge, Oxford,yang juga pasti Anda tahu, memiliki sebuah situs penyedia jurnal internasional.

Di situs tersebut Anda bisa mendapatkan beberapa jurnal internasional secara gratis. 

Di dalam situs ini sama seperti Cambridge, Anda tak perlu meragukan kredibilitas dari situs tersebut. Semua jurnal yang dirilis di situs ini pasti sangat kredibel dan tidak sedikit yang menarik dan baru. 

  • Sage Journal

Kemudian ada SAGE Journal. Situs yang satu ini bisa Anda akses di us.sageub.com.

Di dalamnya ada berbagai macam jurnal internasional. Menurut data, website tersebut sudah merilis lebih dari 1000 jurnal dari seluruh penjuru dunia dan ilmu disiplin. 

Anda bisa mencari berbagai macam jurnal dari berbagai bidang ilmu. Mulai dari kesehatan, humaniora, hukum, kedokteran, sampai kesenian pun ada di website ini. Sage Journal ini juga punya fitur bernama SAGE Open. 

Dimana di dalam fitur tersebut Anda bisa mengakses berbagai macam jurnal secara gratis.

Tentu tahu donk artinya, bahwa sebagian besar jurnal yang diterbitkan di Sage Journal ini berbayar. Tapi untunglah tetap ada yang gratis. 

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitas jurnal yang disediakan oleh website ini.

Setiap jurnal di Sage Journal mematuhi apa yang disebut dengan peer review policy dan juga high production standards, artinya sudah memenuhi kualitas standar. 

Karena itulah jumlah total jurnal yang ada di SAGE itu terbilang terbatas dan tidak sebanyak website lain, karena kepastian kredibilitas dan tingkat terpercayanya jurnal tersebut. 

  • JSTOR

Kalau JSTOR ini bisa Anda akses di jstor.org. JSTOR kurang lebih sama seperti website jurnal internasional yang lain.

Ia merupakan sebuah platform perpus digital yang memberikan 12 juta lebih jurnal dari 75 disiplin ilmu. 

Semua koleksi JSTOR ini ada yang berjenis peer-review, monografi akademik, jurnal literatur yang terpercaya, sumber referensi primer,

sampai laporan penelitian yang berasal dari institusi yang kredibel. Jadi, soal kredibilitas nggak perlu dipertanyakan lagi. 

JSTOR juga memberikan harga yang terbilang murah untuk setiap jurnal yang ia terbitkan.

Betul sekali! Jurnal di situs jurnal internasional ini berbayar. Tapi tenang, tetap ada versi gratisnya. Hanya saja untuk versi gratisnya terbatas. 

Jurnal gratis itu bisa seutuhnya kalau sebuah institusi bekerja sama dengan JSTOR. Kurang lebih ada 1500 institusi yang tersebar di seluruh dunia yang bekerja sama dengan JSTOR.

Jadi, kalau kampus Anda bekerja sama dengan JSTOR, akan lebih mudah mendapatkan jurnal. 

Tapi kalau tidak bekerja sama pun tidak masalah. Karena Anda tetap bisa mendaftar ke JSTOR sebagai individual account, dan Anda bisa membaca 3 jurnal secara gratis dalam kurun waktu 30 hari. 

  • ProQuest

Baru kali ini mendengar nama ProQuest? Nama ini memang terbilang jarang diketahui.

Apalagi kalau Anda jarang mencari jurnal internasional. Tapi ProQuest ini tetap menjadi salah satu website penyedia jurnal internasional yang direkomendasikan. 

Di dalam situs yang satu ini ada banyak sekali hasil penelitian dari berbagai macam sumber yang bisa Anda pakai.

Entah Anda sebagai akademisi, peneliti, ataupun institusi dari beragam bidang ilmu. 

Koleksi ProQuest ada beragam, mulai dari ebook, jurnal ilmiah, tesis, disertasi, arsip surat kabar, hingga koleksi sejarah yang berbentuk digital langsung dari museum dan masih banyak lagi. ProQuest bahkan memiliki hingga 6 miliar lebih koleksi ProQuest. . 

  • Springer

Springer sebenarnya adalah sebuah penerbit dunia yang menyediakan beragam bacaan. Mulai dari ebook, jurnal ilmiah, buku yang berasal dari berbagai macam bidang.

Situs Springer ini bisa diakses oleh institusi, korporasi, akademisi, atau hampir siapapun yang mau referensi kredibel. 

Kalau Anda sedang dalam penelitian di bidang STM atau Science, Technology dan Medicine, maka wajib membuka situs ini karena koleksi jurnal dan ebook mereka adalah salah satu yang terbaik. 

Selain itu, jika Anda sedang fokus pada Hospital for Special Surgery atau HSS, maka Anda harus mengunjungi situs jurnal internasional yang satu ini. Ada lebih dari 300 ribu buku dan 2.900 jurnal yang dimiliki oleh Springer. 

Kebanyakan dari ebook dan jurnal tersebut memang berbayar, tapi ada beberapa di bagian Open Access yang bisa Anda baca secara gratis. 

  • Taylor and Francis

Kalau situs yang satu ini berbeda lagi. Taylor & Francis Group memiliki dua layanan yang bisa Anda gunakan.

Pertama adalah publikasi buku dan berikutnya adalah jurnal ilmiah. Untuk yang jurnal ilmiah ini bisa berguna bagi Anda yang ingin mendapatkan referensi sesuai kebutuhan. 

Selain itu, Taylor & Francis juga memberikan beragam ebook. Anda bisa mendapatkanya di Taylor & Francis eBooks.

Semua eBooks di sana berasal dari beragam bidang ilmu. Tapi hampir semua, baik eBook atau jurnal ilmiah yang ada di situs ini berbayar. 

Meski berbayar, situs ini memastikan bahwa semua jurnal yang mereka publikasikan itu sudah melewati peer-reviewed yang dibawahi langsung Routledge dan juga Taylor & Francis.

Untuk yang belum tahu Routledge adalah salah satu penerbit buku terbaik di dunia. 

Seperti yang disebut di atas kalau hampir semua jurnal dan eBook yang ada di Taylor & Francis ini berbayar.

Tapi tetap ada fitur open access yang memberikan Anda beberapa jurnal dan eBook yang bisa diakses secara gratis. 

  • EBSCO

Anda bisa mengunjungi EBSCO di ebsco.com. Perusahaan yang sebelumnya sudah berdiri selama 70 tahun ini memberikan banyak jurnal, database riset ilmiah, disertasi, publikasi lainnya, hingga eBook untuk Anda yang sedang melakukan penelitian. 

EBSCO ini sudah bekerja sama dengan banyak sekali perpustakaan di seluruh dunia bukan hanya untuk menambah buku mereka, tapi juga mengembangkan kualitas dari konten riset yang dimiliki EBSCO. 

Meski berbayar, EBSCO sama seperti website yang lain. Dimana ia juga menawarkan open access yang membuat Anda bisa mengakses berbagai macam hasil riset ilmiah secara cuma-cuma. 

Soal kredibilitas tak perlu diragukan karena semua jurnal yang diterbitkan EBSCO sudah melalui peer-reviewed dari setiap bidang ilmu. Jadi, semua hasil riset yang ada di EBSCO ini terpercaya. 

  • Wiley Online Library

Buka wiley.com untuk mengetahui apa saja yang dimiliki oleh situs Wiley Online Library ini. Kami berikan kisi-kisi sedikit.

Pertama, WIley Online Library ini memberikan jurnal, tentu saja, sama seperti website lainnya. 

Kedua, Wiley Online Library juga memberikan eBook, riset ilmiah, publikasi ilmiah, dan kebutuhan lain yang berhubungan erat dengan hasil riset ilmiah.

Anda bisa membaca berbagai macam informasi dari beragam penelitian berbagai bidang ilmu di sini. 

Ada banyak sekali jenis jurnal yang tersedia di sini, seperti misalnya Ilmu Kesehatan, Ilmu Pengetahuan atau Sains, Ilmu Sosial, hingga Humaniora dan Kesenian. Sampai saat ini Wiley sudah melakukan kerja sama dengan lebih dari 850 ilmuwan. 

Hal itu membuat Wiley memiliki 7.5 juta artikel ilmiah, 21.000 eBook, 1.600 jurnal, dan banyak lagi hasil karya tulis ilmiah yang disediakan di Wiley.

Masih sama seperti situs jurnal internasional yang lain, juga ada fitur open access untuk yang tidak ingin mengeluarkan uang. 

  • Emerald Publishing

Terakhir ada Emerald Publishing. Seperti namanya, Emerald Publishing ini sebenarnya adalah global publisher atau penerbit global.

Ia menerbitkan banyak sekali jurnal ilmiah dan juga buku dari beragam ilmu. 

Emerald Publishing ini juga memberikan fitur bernama Emerald Insight, dimana Anda bisa mengakses 300 jurnal, 3000 buku, dan lebih dari 255.000 artikel.

Banyak sekali, kan? Meski beberapa jurnal berbayar, tapi ada fitur open access yang gratis. 

Bagaimana, para mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsi? Sudah nggak perlu bingung lagi, kan, nyari referensi buku atau bacaan? Sudah nggak perlu alasan lagi bukunya nggak diterbitin di Indonesia.

Anda tetap bisa mendapatkan referensi yang kredibel di situs jurnal internasional itu. 

Kira-kira dari sekian banyak nama itu, mana yang sudah Anda kenal dan sering Anda kunjungi? Atau jangan-jangan belum pernah semua, ya? Mahasiswa kok nggak pernah baca.

Malu dong bos! Selain Anda bisa mengunduh jurnal, Anda juga bisa submit. Lumayan, kan?

Article Categories:
teknologi

Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!