Niche blog

Pentingnya memilih niche sebelum membuat blog

Posted on 25 views

ketika anda terjun atau fokus didunia bloging pasti anda mengenal apa itu niche.dan banyak yang masih bingung serta bertanya-tanya memilih niche blog mereka.

sebelum anda membangun sebuah blog maka anda harus menetukan niche  dari blog anda tersebut.walaupun sebenarnya diblog anda bisa menggunakan juga niche gado-gado juga.

tapi sebenarnya apa sih pentingnya dari niche??.goalnya adalah supaya blog kita diingat banyak orang.misalnya saja saya membuat blog dengan niche bisnis dengan nama blog misalnya dengan nama 7bisnis.com.

jadi ketika orang mau mencari hal-hal yang berhubungan dengan bisnis online maka orang tersebut akan langsung ingat dengan web 7bisnis.com tersebut.karena di blog tersebut membahas hal-hal yang berhubungan dengan bisnis online.

alasan kedua adalah tentang passion.misalnya background anda adalah orang IT serta mempunyai kesenangan dibidang tersebut maka anda bisa memilih niche tentang teknologi ketika membangun blog anda.

seperti blog ini wasiswa.com berhubung background saya dari komputer dan kebetulan juga saya seorang pengajar makan niche yang saya pilih adalah tentang teknologi dan gaya hidup (lifestyle).

ketika sesuai dengan passion atau background kita maka tidak akan kesulitan dalam menulis sebuah konten dalam sebuah blog.pertanyaan selanjutnya adalah bisa tidak kita memilih niche tidak sesuai dengan minat atau passion kita?..jawabnyanya adalah bisa juga.

tetapi kita butuh usaha ekstra dalam membuat konten.atau strategi lainya adalah kita menghire content writer untuk mengisi blog yang kita bangun.

hal penting lainya dalam memilih niche adalah jangan memelih niche yang terlalu sempit misalnya saja anda mempunyai hobi badminton, makan saran saya mendingan memilh niche olahraga dibandingkan hanya dengan memilih niche badminton karena ketika kita memilih niche olahraga cakupan atau bahasan kita akan lebih luas lagi.

kita juga bisa membagi topik / niche olahraga menjadi beberapa kategori seperti : Sepak bola, bola volley, motorgp, dll.

berikut ini adalah 8 niche yang bisa mendatangkan trafik besar serta bisa menghasilkan uang.

niche ini membahas tentang gaya hidup baik berdasarkan pengalaman dari bloggernya ataupun hal-hal tentang kisah hidup penulisnya.untuk blog lifestyle ini cakupannya sangat luas.berikut ini adalah kategori / rubrik dari blog dengan niche lifestyle:

    1. Makanan dan Minuman
    2. Kecantikan dan kesehatan
    3. Fashion
    4. Relationship
    5. Parenting
    6. Karir
    7. Pernikahan
    8. Travel
  • Cara mendapatkan Uang

Niche ini membahas bagaimana mendapatkan uang dari dunia online seperti cara memulai bisnis, membuat toko online, menjadi affiliate dan lain-lain

  • Niche blogging

niche ini membahas tentang dunia perblog an seperti bagaimana cara membuat blog dengan blogspot, cara membuat blog dengan wordpress, membahas tentang seo blog, cara menjadi ranking satu di google, cara monetize blog, dll

  • Niche Finance

niche ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai background di bidang keuangan,niche ini membahas tentang bagaimana mengelola keuangan, bagaimana cara melakukan investasi,dll

  • Niche Kesehatan dan Kecantikan

anda yang mempunyai passion dibidang kesehatan makan bisa membuat blog dengan niche ini.anda bisa sharing tentang pengalaman sehari-hari anda apalagi anda seorang yang berkecimpung di dunia kesehatan.

  • Niche parenting

niche ini membahas tentang bagaimana mendidik anak di usia dini, bagaimana menjadi orang tua yang baik, yang jelas niche ini fokus utamanya membahas tentang pendidikan anak.

  • Niche teknologi

niche ini membahas tentang dunia teknologi seperti android, gadget, komputer, kontrol industri, dll.niche ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai background dari teknik.anda bisa share pengalaman anda di blog dengan niche teknologi ini.

  • Niche travel

niche ini bisa mendatangkan trafik yang banyak karena pasti semua orang butuh piknik atau liburan,dengan niche ini anda bisa membahas tentang tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.