Nov 17, 2020
10 Views

Aplikasi untuk Membuat Flowchart

Written by

Saat kamu sedang ingin mengembangkan ide yang terlintas di kepala, membuat alur kerja, atau juga membuat desain dari sebuah proyek,

maka saat itulah dibutuhkan aplikasi untuk membuat flowchart. Kenapa harus pakai flowchart, sih? 

Jadi, flowchart adalah sebuah teknologi yang mampu membantu untuk menyederhanakan proses membuat segala macam proyek, desain, dan alur kerja.

Sebenarnya ada alat lain yang bisa membantu pekerjaan tersebut, yakni Whiteboard. Tapi flowchart jauh lebih murah. Lalu apa saja aplikasinya?

Daftar Aplikasi Pembuat Flowchart

  • Visio

Visio adalah aplikasi yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat flowchart terbaik.

Visio merupakan aplikasi keluaran Microsoft dan menjadi salah satu aplikasi yang bisa membuat bagan organisasi, diagram, floor plan, dan lain sebagainya. 

Ada banyak alasan yang membuat Microsoft Visio menjadi aplikasi untuk membuat flowchart terbaik dan paling populer. Beberapa di antaranya:

  • Setiap Project Bisa Dikerjakan Bersamaan

Pertama Visio memiliki kelebihan bisa dikerjakan bersamaan. Maksudnya, setiap orang, asal memiliki koneksi internet dan akses ke file tersebut, bisa mengerjakan flowchart bersama. Aplikasi ini mirip dengan sistem Google Docs. 

  • Koneksi Data Real-Time

Jika ada perubahan data, maka akan bisa mengubah apapun yang ada di dalam flowchart tersebut secara langsung. Anda tidak perlu mengubahnya satu persatu, sehingga pekerjaan jadi lebih efisien. 

  • Memiliki Versi Web

Microsoft Visio ini juga memiliki versi web yang memungkinkannya dikerjakan di manapun selama ada koneksi internet. 

  • Diagram dan Template yang Bervariasi

Ini merupakan kelebihan Visio yang tidak dimiliki oleh aplikasi untuk membuat flowchart yang lain. Dengan banyaknya diagram dan template akan memudahkan Anda yang sedang membuat flowchart. 

  • yED Graph Editor

Kalau Anda sedang cari aplikasi pembuat flowchart yang gratis, yED Graph Editor ini bisa jadi pilihan. Aplikasi ini memang gratis, bagus, dan juga bisa dikerjakan lintas platform. Kelebihan lainnya antara lain:

  • Multiplatform

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa yED Graph Editor ini multiplatform. Artinya ia tersedia di OS WIndows, Linux, sampai Mac. Jadi, kalau anggota kelompokmu berbeda jenis OSnya tetap bisa mengerjakan proyek bersamaan. 

  • Berbagai Jenis Diagram

yED Graph Editor ini juga memiliki berbagai macam diagram. Anda bisa membuat diagramnya secara manual ataupun sekedar mengimpor data dari luar. Selain itu, juga ada template untuk bagan organisasi, ERD, hingga mind map, dan lain sebagainya. 

  • Interface yang Intuitif 

Keunggulan yED Graph Editor yang tidak dimiliki beberapa aplikasi untuk membuat flowchart adalah interfacenya yang intuitif dan membuatnya mudah dimengerti, untuk kemudian jadi mudah dioperasikan. 

  • Fitur Impor dan Ekspor Data

Kalau Anda punya data dalam bentuk lain, entah itu Excel atau semacamnya, Anda bisa langsung mengimpornya ke dalam aplikasi ini. Jika sudah selesai pun Anda bisa mengekspornya ke dalam bentuk file yang beragam. 

  • Mudah

Kemudahan inilah yang jadi point utama kelebihan yED Graph Editor. Tidak hanya interfacenya saja yang membuat mudah, tapi juga fitur-fitur yang membuat penggunanya tidak terbatas.

  • Pencil

Kalau kita bicara soal aplikasi pembuat flowchart yang open-source, maka Pencil adalah jawabannya. Aplikasi ini tidak hanya open-source, tapi juga gratis dan sangat mudah untuk dioperasikan. Pencil memiliki kelebihan, yakni:

  • Memakai GUI

Kelebihan pertama Pencil adalah karena ia menggunakan interface yang biasa dipakai oleh para pengguna grafis atau GUI (Graphical User Interface). GUI ini sering dipakai untuk membuat sebuah mockup di PC dan cukup populer. 

  • Interface ke Berbagai Platform

Pencil punya banyak sekali bentuk bawaan yang bisa dipakai untuk berbagai macam platform, mulai dari PC, web, sampai Android, dan juga iOS. 

  • Fitur Pendukung Lainnya

Selain dua kelebihan utama yang disebutkan di atas, juga ada banyak fitur pendukung di Pencil yang bisa membantu pekerjaanmu. Misalnya seperti kemampuan ekspor ke beragam format, integrasi dengan OpenClipart.org, dan lain sebagainya. 

  • Gliffy Diagram

Kalau Anda ingin sebuah aplikasi yang bisa membuat flowchart tapi berbasis web dan mudah untuk dipelajari, maka gunakanlah Gliffy Diagram.

Gliffy menjadi salah satu aplikasi untuk membuat flowchart yang populer karena kemudahannya. Selain itu juga ada kemudahan lainnya, yakni:

  • Banyak Template

Gliffy memiliki banyak sekali template yang bisa Anda gunakan. Hampir segala jenis diagram tersedia di aplikasi ini. Mulai dari Venn, sampai diagram apapun yang terlintas di kepalamu ada di sini. 

  • Rapi dan Cepat

Selain itu, juga ada beragam ikon yang bisa dipilih dan ditambahkan sendiri serta grid bawaan, yang bisa membuat semua elemen di dalam Gliffy tertata rapi, dan membuat pekerjaanmu bisa selesai jauh lebih cepat. 

  • Terintegrasi dengan Jira dan Confluence

Kemudian Gliffy Diagram juga terintegrasi dengan Jira dan juga Confluence. Keduanya memungkinkan Anda untuk membuat diagram dengan cepat dengan informasi dari kedua layanan itu. 

  • Cacoo

Cacoo adalah aplikasi untuk membuat flowchart yang tidak terlalu terkenal. Meski begitu, Cacoo bisa menjadi pilihan karena kelengkapan fitur yang dimilikinya. Kelebihan Cacoo yang lain adalah:

  • Interface Sederhana

Kelebihan pertama yang harus Anda catat adalah interfacenya yang sangat sederhana. Dengan interface yang sederhana itu memudahkan setiap penggunanya dalam menggunakan Cacoo. 

  • Template yang Beragam

Selain itu juga ada banyak sekali template yang tersedia, mulai dari diagram venn, mind map, hingga kalender pun Cacoo punya. Selain itu, juga ada bagan sederhana yang bisa dipakai untuk membuat sebuah trend, diagram pie, atau grafik simpel. 

  • Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Cacoo menjadi semakin mudah ketika ia bisa diintegrasikan dengan aplikasi yang lain.

Seperti misalnya, Excel atau aplikasi lain yang artinya Anda bisa mengimpor data dari aplikasi lain. Ekspor datanya juga beragam. Jadi, fiturnya cukup lengkap. 

  • ConceptDraw

ConceptDraw Office ini merupakan sebuah paket dari gabungan tiga produk yang berbeda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat sebuah rencana bisnis dan juga meningkatkan produktivitas. Selain itu, ConceptDraw Office punya fitur lainnya, seperti:

  • Banyak Template

Pertama ada banyak sekali template yang tersedia di aplikasi untuk membuat flowchart yang satu ini.

Ada diagram, manajemen proyek, mind map, dan ratusan template lain. Tidak hanya itu, juga ada ribuan stencil vektor yang bisa Anda gunakan. 

  • Kompatibel dengan Visio

Kelebihan yang berikutnya adalah ConceptDraw Office ini sudah kompatibel dengan Visio, dan juga sudah bisa diinstal dengan lancar dan tanpa hambatan di OS WIndows dan juga Mac. 

Satu-satunya kekurangan dari ConceptDraw Office ini adalah Anda harus membayar lisensi untuk menggunakannya. Tapi kalau sekedar ingin mencoba dulu, ada paket uji gratis. 

Creately

Satu hal yang membedakan Creately dengan aplikasi untuk membuat flowchart yang lain adalah aplikasi ini berbasis online.

Jadi, Anda tidak perlu melakukan proses instalasi untuk menggunakan Creately. Selain itu, ada lagi, yakni:

  • Tidak Hanya untuk Flowchart

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Creately, dan bisa dijadikan pertimbangan untuk menggunakan aplikasi ini adalah karena selain bisa dipakai untuk membuat flowchart, Creately juga bisa dipakai untuk membuat beragam diagram sampai peta. 

  • Templatenya Banyak

Kemudian template yang dimiliki oleh Creately sangat banyak. Anda bisa mencoba semua template itu secara online. 

Meski berbasis online, Creately tetap berbayar. Tapi untuk versi gratisnya, Anda hanya bisa menggarap sampai 5 dokumen saja. Setelahnya, Anda harus membayar dan berlangganan. 

  • Edraw Max

Berikutnya ada Edraw Max. Aplikasi yang satu ini juga menjadi salah satu aplikasi populer untuk membuat flowchart karena banyaknya kelebihan yang dimiliki. Beberapa di antaranya adalah:

  • Berbagai Template Tersedia

Sama seperti banyak aplikasi pembuat flowchart lain, Edraw Max juga memiliki banyak sekali template.

Anda bisa dibilang tidak akan pernah kehabisan template. Semua template untuk segala kebutuhan tersedia di aplikasi ini. 

  • Mudah Diekspor

Kemudian semua yang dikerjakan di Edraw Max ini sangat mudah untuk di ekspor. Tidak hanya mudah, tapi ada banyak tujuan ekspornya.

Mulai dari JPEG, PPT, HTML, Word, sampai Visio bisa jadi tujuan ekspor file Edraw Max. 

  • Ikon, Simbol, dan Bentuk yang Banyak

Ada perpustakaan simbol, ikon, dan juga bentuk yang bisa Anda gunakan. Di dalam perpustakaan itu ada lebih dari 50 ribu vektor grafis yang bisa dipakai. Dengan jumlah vektor sebanyak itu semua kebutuhan vektormu akan terpenuhi. 

  • Terintegrasi dengan Power Point

Selain bisa diekspor ke dalam beragam format, Edraw Max juga bisa diintegrasikan dengan PowerPoint dan beberapa program lainnya. 

  • SmartDraw

Kemudian ada Smartdraw. Aplikasi ini kurang lebih sama seperti banyak aplikasi pembuat flowchart lainnya. SmartDraw memiliki kelebihan antara lain:

  • Template yang lengkap
  • File yang bisa disimpan ke Google Drive, Onedrive, Dropbox, sampai Box
  • Selain itu, SmartDraw juga bisa diekspor ke bentuk gambar, Visio, hingga SVG
  • Apache OpenOffice Draw

Dari sekian banyak aplikasi yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan memang aplikasi berbayar.

Tapi berbeda dengan Apache OpenOffice Draw yang merupakan aplikasi untuk membuat flowchart gratis. Apache OpenOffice Draw punya beberapa fitur, antara lain:

  • Kemampuan Membuat Beragam Diagram

Kemampuan pertama yang dimiliki oleh Apache OpenOffice Draw adalah kemampuan untuk membuat beragam jenis diagram.

Anda tidak hanya bisa membuat flowchart saja di sini, tapi juga diagram jaringan, bagan organisasi, dan lain sebagainya. 

  • Kemampuan Ekspor dan Impor File yang Baik

Kemudian aplikasi ini juga memiliki kemampuan ekspor dan impor file yang sangat baik.

Aplikasi Apache ini bisa mengubah filenya ke beragam format, mulai dari JPEG, TIFF, GIF, WMF, BMP, dan lain sebagainya. 

  • Inkscape

Tadi di atas kami sudah menyebutkan salah aplikasi untuk membuat flowchart yang sifatnya open-source dan gratis.

Sekarang ada lagi aplikasi sejenis, yakni Inkscape. Software ini juga termasuk salah satu aplikasi pembuat flowchart terbaik dengan beragam fitur dan keunggulan:

  • Lintas Platform

Fitur dan kelebihan yang pertama dimiliki oleh Inkscape adalah lintas platform.

Seperti yang sudah Anda ketahui, aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, hingga Linux. Jadi, tak perlu khawatir kalau komputer atau OS kalian berbeda. 

  • Simple Interface

Apa gunanya aplikasi bagus tapi interfacenya membingungkan. Benar, kan? Untunglah Inkscape ini tidak memiliki interface yang membingungkan. Malah cenderung sangat mudah dipahami. 

  • Multi Language

Ada banyak bahasa yang tersedia di aplikasi ini. Anda yang lebih mengerti bahasa lain selain Inggris, bisa memanfaatkan fitur ini.

Soal apakah ada bahasa Indonesia atau bukan, belum ada informasi lebih lanjut. Mending coba sendiri saja. 

  • Tidak Hanya Membuat Flowchart

Sama seperti banyak aplikasi pembuat flowchart yang lain. Inkscape ini tidak hanya bisa membuat flowchart saja.

Tapi ia juga bisa membuat diagram, peta, dan lain sebagainya. Jadi, satu aplikasi bisa mengerjakan banyak hal. 

  • ThinkComposer

Lalu ada ThinkComposer yang kalau Anda bandingkan dengan Dia dan yED Graph Editor tampilannya jauh lebih profesional dan kompleks.

Software ini sangat tidak disarankan untuk para pemula. Itu kenapa tampilannya kompleks, jadi hanya untuk yang sudah mahir saja. 

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dan bisa dipakai di Windows dari seri Vista, XP, 7, dan 8. Untuk seri 10 belum ada keterangan lebih lanjut apakah bisa digunakan di seri 10 atau tidak. 

  • Diagram Designer

Keunggulan dari aplikasi untuk membuat flowchart yang satu ini pertama adalah interfacenya yang sangat sederhana.

Di dalam aplikasi ini ada 25 simbol yang bisa Anda pakai. Simbol tersebut antara lain bagan alur, diagram, dan banyak lain yang lain. 

Selain itu, Diagram Designer ini mendukung beragam jenis format file. Juga ada banyak bahasa internasional yang tersedia di aplikasi ini. Jadi, memudahkan Anda yang lebih memahami bahasa selain Inggris. 

  • PlantUML

Kalau seandainya Anda merasa membuat flowchart secara manual itu bikin capek, mungkin Anda harus mencoba PlantUml.Aplikasi ini bisa dipakai untuk membuat flowchart dengan bantuan script. 

Jadi aplikasi ini berbasis Java, sehingga bisa dibilang menggunakan bantuan bahasa script. 

Mungkin terkesan membingungkan, tapi tidak untuk orang-orang yang paham dengan bahasa pemrograman. 

  • Dia Diagram Editor

Dia adalah salah satu aplikasi untuk membuat flowchart yang tidak boleh dilewatkan.

Pertama karena gratis, dan kedua adalah karena aplikasi ini sangat melegenda dan punya interface yang sangat sederhana. Kelebihan lainnya adalah:

  • Mudah Dioperasikan

Kelebihan yang pertama dan membuat Dia Diagram Editor ini sangat melegenda dan bahkan digunakan oleh banyak orang sampai sekarang adalah karena kemudahannya. Aplikasi ini sangat mudah dipahami dan mudah dioperasikan. 

  • Bisa Menambah Komponen dari Luar

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan komponen dari luar, misalnya komponen data dengan bentuk SVG atau XML.

Selain itu, juga bisa menambahkan data dengan bentuk UML, sirkuit, dan lain sebagainya. 

  • Kemampuan Ekspor File yang Baik

Anda juga bisa mengekspor file di Dia ke beragam format, misalnya ke format GIF< PNG, JPG, hingga SVG. 

  • Multi Platform

Percuma kalau jadi legenda tapi tidak multi platform. Untunglah Dia ini menjadi salah satu aplikasi yang multiplatform, sehingga bisa digunakan di Mac, WIndows, sampai Linux. 

  • LibreOffice Draw

LibreOffice Draw memiliki fitur yang lengkap tapi tetap mengedepankan kesederhanaan dalam susunan interfacenya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa merancang diagram atau flowchart dengan sangat mudah. 

Workplace dari Libre memiliki bentuk titik-titik. Hal itu membuat pengerjaan flowchart atau diagram ketika menggunakan aplikasi ini jadi jauh lebih mudah.

Kalau mau membuat flowchart yang kompleks, Anda bisa memilih Libre sebagai aplikasi untuk membuatnya. 

Dari sekian banyak aplikasi untuk membuat Flowchart itu, mana yang sudah pernah Anda gunakan? Atau mana yang paling cocok untuk Anda? Dan di antara sekian banyak aplikasi pembuat flowchart itu mana yang menurutmu terbaik?

Article Categories:
Komputer

Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!