Segudang Fungsi WiFi Dan Cara Mengaksesnya Di Publik Agar Tetap Aman

Segudang Fungsi WiFi Dan Cara Mengaksesnya Di Publik Agar Tetap Aman

Posted on

Di era digital ini Anda tentu tidak asing lagi dengan keberadaan WiFi. Saat ini Anda bisa menemukan WiFi di berbagai tempat umum, mulai dari sekolah, kampus, kafe, pusat perbelanjaan, hotel, hingga sudah banyak orang-orang yang memasang WiFi di rumahnya masing-masing.

Karena saking populernya WiFi di tempat-tempat umum, menjadi hal wajar saja jika Anda mengunjungi suatu kafe lalu menanyakan adanya WiFi atau password WiFi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa WiFi telah menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia untuk bisa mengakses informasi maupun berkomunikasi dengan mengandalkan jaringan internet secara murah dan cepat.

Jika dibandingkan dengan kuota yang harus Anda beli beberapa kali dalam sebulan, maka dengan WiFi biasanya Anda cukup membayar tagihan setiap bulan saja.

Hal inilah yang membuat orang banyak memilih WiiFi karena lebih hemat kantong.

Bahkan dengan satu WiFi, bisa digunakan mengakses internet untuk beberapa orang dengan bebas tanper perlu memikirkan kuota akan habis.

Apa Itu WiFi?

Menurut pengertiannya, WiFi  atau Wireless Fidelity sendiri adalah teknologi yang memungkinkan untuk saling bertukar data dengan menggunakan gelombang radio secara nirkabel dengan memanfaatkan beberapa peralatan elektronik.

Peralatan tersebut berupa smartphone, laptop maupun PC, tablet, dan sebagainya untuk dihubungkan pada jaringan komputer.

Agar perangkat elektronik yang Anda gunakan bisa terhubung dengan WiFi, maka Anda harus berada di area hotspot jaringan nirkabel untuk bisa terhubung dengan WiFi tersebut.

Secara umum jarak atau jangkauan hotspot mencapai 20 meter yang ada di dalam ruangan dan bisa juga lebih jauh jangkauannya.

Dengan adanya layanan WiFi ini, menjadi hal yang sangat istimewa dalam mendukung perkembangan suatu bisnis.

Sudah banyak pelaku bisnis yang memasang WiFi agar pelanggannya berdatangan dan betah berlama-lama. Sebut saja misalnya kafe, di mana tempatnya nongkrong anak-anak muda.

Mereka bisa mengerjakan tugas atau mengobrol sambil memesan makanan dan minuman sembari menikmati WiFi. Bahkan waktu yang mereka gunakan bisa sampai berjam-jam lamanya.

Apa Saja Fungsi WiFi?

Sebagai orang yang kerap menggunakan WiFi, apakah Anda mengetahui sepenuhnya apa saja fungsi dari WiFi?

Ternyata WiFi tidak hanya sebatas untuk menghubungkan perangkat ke jaringan lokal maupun jaringan internet saja, tetapi lebih dari itu. Apa saja fungsi lainnya?


  1. Untuk Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

WiFi bisa Anda gunakan untuk banyak komputer tanpa harus memasang banyak kabel yang mebuat repot.

Hal ini tentu saja berbeda dengan sistem LAN yang penggunanya terbatas. Sehingga, WiFi ini lebih mudah dan praktis untuk bisa dihubungkan ke jaringan secara sekaligus.


  1. Untuk Berbagi Data Antar Perangkat

Dengan WiFi, memindahkan data ke perangkat lainnya bisa menjadi lebih mudah. Hal ini Anda pun tidak lagi membutuhkan keberadaan kabel data.

Jadi, saat Anda bepergian dan harus memindahkan data namun tidak membawa kabel data, maka selama ada WiFi, urusan tersebut bisa langsung teratasi dengan praktis dan efisien.


  1. Internet Yang Cepat

Ingin streaming video lancar tanpa loading atau men-download dokumen secara cepat, maka solusinya adalah dengan menggunakan WiFi.

Kecepatan yang diberikan WiFi tidak akan Anda rasakan saat menggunakan smartphone yang terkadang membuat Anda tidak sabarang karena lamanya akses internet.

Namun berbeda dengan WiFi. Bahkan dengan mengaktifkan jaringan WiFi di smartphone, terkadang semua aplikasi di HP Anda bisa otomatis ter-update secara cepat satu per satu.


  1. Menjadi Modem Dari Smartphone

Ketika smartphone Anda tersambung dengan WiFi, otomatis Anda tidak membutuhkan kuota lagi untuk bisa mengakses internet.

Tetapi, jika smartphone Anda juga mendukung untuk perangkat wireless, maka smartphone pun bisa dijadikan sebagai modem.

Hal ini pun akan sangat menguntungkan jika Anda sedang pergi ke tempat yang sulit menemukan WiFi.

Selama paket data Anda mencukupi, maka saat Anda mengoperasikan laptop dan membutuhkan internet,

maka gunakanlah smartphone sebagai modemnya. Dengan begitu WiFi dari smartphone pun bisa Anda sambungkan ke laptop.

Bagaimana WiFi Bekerja?

WiFi sendiri bekerja dengan mengandalkan gelombang radio. Banyaknya data yang dikirimkan pengguna akan melalui udara menggunakan gelombang radio tersebut.

Supaya bisa menerjemahkan data yang dikirim dengan menggunakan gelombang radio,

maka komputer atau PC yang Anda gunakan haruslah memiliki adaptor wireless untuk bisa terhubung dengan WiFi.

Gelombang radio yang bentuknya berupa sinyal ini akan dikirimkan menuju router sebagai decoder atau penerjemah kode.

Setelah melalui proses penerjemahan, maka data pun akan dikirim ke jaringan internet dengan menggunakan koneksi berupa ethernet.

Sistem kerja dari jaringan WiFi adalah dua arah, di mana data yang diterima lewat internet dalam waktu yang sama saat melewati router dan akan dijadikan kode di setiap paket data.

Barulah dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang akan diterima dalam bentuk adaptor komputer nirkabel.

Jadi, Anda pun tidak hanya menggunakan WiFi saja, tetapi dengan adanya cara kerja yang sederhana ini,

Anda juga lebih paham bagaimana pada akhirnya Anda bisa menggunakan jaringan internet dengan menggunakan WiFi.

Bagaimana Cara Mengakses WiFi Di Publik Yang Aman?

Meski saat ini banyak fasilitas publik yang menyediakan WiFi, namun Anda juga patut untuk berhati-hati dalam mengaksesnya.

Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda agar lebih aman saat mengakses WiFi di publik.


  1. Meningkatkan Keamanan Perangkat

Sebelum Anda mengakses WiFi di publik, sebaiknya tingkatkan keamanan perangkat Anda terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan computer sharing agar orang lain tidak bisa mengakses data yang ada di dalam perangkat yang sedang Anda gunakan ketika mengakses WiFi yang sama.

Jika Anda menggunakan Windows 8, maka bisa menuju ke Control Panel dan pilih “network and internet”. Lalu buka pilihan “choose homesgroup and sharing option” untuk menonaktifkan fitur “sharing”.


  1. Mengaktifkan Firewall

Dengan mengaktifkan firewall, maka akan mampu untuk menjaga koneksi internet yang masuk dan keluar. Hal ini bisa membantu Anda agar bisa mengakses WiFi publik secara aman.

Anda bisa mengaktifkannya melalui “Control Panel”, lalu klik “Windows Firewall” dan klik “Turn Windows Firewall On atau Off”.

Kemudian Anda perlu melakukan verifikasi jika Windows Firewall sudah aktif setelah Anda mengisikan password dari administrator.


  1. Mengubah Koneksi Dengan VPN

Dengan memasang aplikasi seperti Open VPN maupun Hotspot Shield, maka hal tersebut akan mampu mengubah IP Address menjadi anonim,

melakukan enkripsi situs yang berisi data penting menjadi HTTPS, perangkat Anda lebih terlindung dari adanya spam, malware, dan phising,

serta mencegah adanya hacker yang berusaha untuk mencuri informasi pribadi Anda. Bahkan dengan adanya aplikasi VPN, Anda juga bisa membuka situs-situs yang sebelumnya sudah terblokir secara aman.

Menyadari bahwa WiFi saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar manusia, maka penting bagi Anda untuk mengetahui fungsi lainnya dari WiFi agar bisa digunakan secara maksimal.

Dan tetaplah waspada dalam menggunakan WiFi di tempat umum yang berisiko pada perangkat atau data pribadi Anda. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, maka Anda pun bisa mengakses WiFi publik secara aman.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *