hard disk SSD

Pilih Hardisk atau SSD yang lagi trend saat ini sebagai media storage

Posted on

Pernahkah anda tahu bagaimana sih mekanisme penyimpanan data yang ada pada laptop atau komputer kita.mungkin diantara kita sudah ada yang paham tempat penyimpanan data yang ada di laptop atau PC sering disebut dengan nama hard disk.

data-data yang jumlahnya bisa sampai ribuan bahkan jutaan bisa kita simpan dalah sebuah hardisk atau HDD(hard disk drive).

hardisk ini sudah ada sejak setengah abad yang lalu, dan digunakan sebagai media penyimpanan di komputer pada tahun 1980 an.

seiring berkembangan zaman media penyimpanan saat ini telah bermetamoforsa menjadi teknologi yang lebih baik lagi yaitu sering kita kenal sebagai SSD ( Solid State Drive).

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang apa itu hardisk dan apa itu SSD, apa kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Hard Disk??

Hard disk merupakan salah satu part dari sebuah komputer atau salah satu hardware yang fungsinya untuk menyimpan berbagai macam data mulai dari file, gambar, dan video.

hardisk

ketika kita mempunyai sebuah komputer atau laptop maka semua data dan software yang ada di PC akan tersimpan semuanya di dalam sebuah HDD.

mungkin anda saat ini familiar atau menggunakan sistem operasi windows, pasti familiar juga dengan istilah drive.

drive ini merupakan partisi yang ada disebuah hard disk.di windows kita biasanya mengenal ada drive C, Drive D, Drive E, dan seterusnya
Tipe tipe dari suatu hard disk.

Hardisk yang beredar di pasaran saat ini mempunyai berbagai jenis tipe yang semuanya tergantung dari jenis dan spesifikasi komputernya.

Ada beberapa faktor yang menentukan kenapa kita menggunakan tipe PATA, SATA dan SCSI.yang jelas faktor yang menentukan adalah berapa jumlah ruangan yang tersedia dalam pc,kemudian kecepatan dan kapasitas storage yang digunakan.

Paraller Advanced Technology Attachment (PATA)

hard disk jenis ini biasanya dikenal sebagai hard disk IDE ( integrated drive electronic) dan EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronics). IDE dan EIDE ini merupakan kabel 40 dan 80 kawat yang mempunyai konektor 40 pin.

perbedaan kabel 40 dan 80 ini adalah di kecepatannya, kalau yang kabel 80 ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel yang 40.

Konektor pin 40 dari tipe hard disk ini akan dihubungkan atau di interfacekan kedalam board CPU / motherboard.tapi kondisi sekarang teknologi PATA ini banyak yang digantikan menggunakan teknologi SATA.

Serial ATA ( SATA)

dibandingkan tipe PATA, hard disk tipe SATA ini mempunyai bentuk yang lebih tipis, hardisk ini menggunakan daya yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe PATA.

Small Computer System Interface (SCSI)

drive IDE dan SATA umum berputar pada kecepatan 7.200 rpm, tetapi hardisk jenis SCSI ini mempuyai kecepatan putar yang lebih tinggi yaitu sekitar 10.000 hingga 15.000 rpm.

pengaruh kecepatan pada hardisk mempengaruhi juga akses datanya, tetapi semakin cepat hardisk juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih cepat pada hard disk tersebut.

untuk mengoperasikan jenis hardisk SCSI ini dari drive ke motherboard komputer dibutuhkan sebuah pengontrol.

Diawal artikel kita sudah membicarakan tentang HDD, ketika kita membahas suatu media storage maka di era sekarang muncul yang namanya SSD.

Apa itu SSD?

SSD (solid State Drives) adalah salah satu media penyimpanan seperti hard disk.trus apa kira-kira yang membedakan Hard Disk VS SSD.

ssd sata

SSD merupakan jenis media penyimpanan yang termasuk baru yang nantinya akan menggantikan fungsi mekanik yang ada di hard disk.

media penyimpanan ini sangat terkenal karena terbukti sangat andal, memberikan kinerja yang lebih tinggi serta harganya terjangkau di bandingan denan hard disk.

tapi memang diawal-awal SSD ini keluar harganya sangat mahal dan kapasitas dari penyimpanannya sangat kecil juga.

tetapi dengan seiring perkembangan zaman saat ini kapasitas SSD ini bisa mencapai 512Gb

Jadi SSD adalah salah satu media penyimpanan yang menggunakan semi konduktor sebaga media penyimpanannya.SSD ini bisa menyimpan data ketika tidak ada yang mensupply data dalam jangka waktu tertentu.

karena tidak ada komponen yang bergerak seperti yang ada di hard disk maka SSD ini mempunyai kelebihan yaitu transfer datanya lebih cepat dibanding kan Hard disk dan kemungkinan rusaknya lebih kecil dibandingkan dengan hardisk.

Perbandingan Hard Disk dan SSD

perbandingan hardisk vs SSD

  • SSD mempunyai speed akses 25 – 100 mikro detik, speed akses SSD ini 100x lebih cepat dibadingkan dengan hard disk.
  • Bahkan untuk tipe yang terbaru speednya bisa mencapai 3000 hingga 10.000 mikrodetik.
  • Harga SSD lebih mahal dibanding dengan hard disk yang setara, tapi dengan berjalannya waktu harga saat ini sudah turun.
  • SSD mempuyai keandalah yang baik, karena tidak ada part yang bergerak seperti yang ada di hard disk. SSD mengunakan flash memory sebagai media penyimpanan.
  • Hard Disk tradisional mempunyai bagian yang bergerak yaitu berupa piringan yang berputar dengan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 15.000 rpm.dan sering terjadi kerusakan akibat sistem mekanis ini.
  • SSD hemat energi dibandingkan dengan Hard disk, oleh kerena itu sangat cocok digunakan di laptop.
  • Ukuran SSD ada dua tipe yaitu yang 1 inch dan 2.5 inch sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas.
  • SSD tidak dipengaruhi oleh magnetisme, tapi kalau hard disk dipengaruhi oleh medan magnet dari luar
  • SSD dapat beroperasi secara normal pada suhu -10 derajat ceslcium – 70 derajat celcius, kalau Hard disk suhunya 5- 55 derajat celcius.SSD untuk level industri bisa -40 – 85 derajat celcius.
  • SSD sangat aman dengan getaran mekanis, tetapi sebaliknya kalau hard disk sengat dipengaruhi oleh getaran mekanis.
  • SSD jauh lebih ringan dibandingkan dengan hardisk.

Kinerja / Performance SSD

Ada salah satu studi kasus dimana sebuah laptop yang menggunakan hard disk kemudian hard disk dilaptop diganti dengan SSD, ternyata waktu booting dari laptop tersebut menjadi cepat yaitu sekitar 2.5 detik dengan sistem operasi yang digunakan windows 10.

berita terbaru driver SSD sekarang support dengan PCI express gen 3.0 x4 dengan teknologi Non volatile memory express ( NVMe) fungsinya untuk medorong kinerja yang spektakuler khususnya untuk mensupport beban kerja yang berat.

tetapi teknologi NVMe bisa digunakan oleh hardware yang baru ( mulai tahun 2017) serta hanya support boot bios yang baru pula.

PCI Express x4 NVMe M.2 SSD ini support motherboard denga chipset terbaru dari intel seperti Z1Z70, Z270, dan Z370).

SSD ini sangat pas kalau digunakan dengan sistem operasi berbasis windows 10, karena windows 10 ini secara otomatis akan mengoptimalkan penggunaan SSD ini.

Kelemahan dari SSD

Dari sisi konsumen yang menggunakan SSD lebih sedikit dibandingkan dengan yang menggunakan HDD ( ini akan meningkat dengan seiringnya waktu).

Karena SSD ini menggunakan flash memori, perangkat ini mempunyai keterbatasan dalam hal write, SSD ini bisa ditulis hinggga 5.000.000 kali atau perkiraan lifetime nya sekitar 7 -10 tahun dalam penggunaan yang normal.

Untuk hal recovery data merupakan menjadi tantangan tersendiri ketika kita menggunakan SSD.misalnya saja SSD samsung karena menggunakan sistem ekripsi maka sangat sulit ketika kita harus melakukan recovery SSD.

referensi : www.peterboweycomputerservices.com.au

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *