Pernah mengalami tersambung ke wifi, tetapi tidak bisa internetan.ini solusinya!!

Posted on

Pernahkan anda mengalami masalah ketika komputer atau laptop anda ketika tersambung ke wifi, tetapi anda tidak bisa internetan??.

berikut ini adalah outline cara mengatasi komputer yang tersambung ke wifi, tapi tidak bisa internetan :

  1. Cek apakah komputer anda saja atau semua komputer yang terhubung ke wifi tidak bisa
  2. Restart komputer atau laptop anda
  3. restart modem atau router anda
  4. jalankan tool windows net
  5. Cek konfigurasi IP adress
  6. Cek status ISP anda
  7. Gunakan Command prompt untuk cek koneksi
  8. Matikan software security
  9. Update driver wireless anda
  10. Reset netowork anda

Sebenarnya kenapa terjadi error seperti ini?

sebelum kita melakukan langkah-langkah diatas, saya akan menjelaskan dahulu sebenernya apa yang terjadi pada jaringan anda.

dalam hal ini saya akan mengambil studi kasus koneksi wireless dirumah.ketika kita berlangganan internet, maka secara otomatis dirumah anda pasti ada peralatan jaringan seperti router dan modem.router disini fungsinya untuk menghubungi semua device jaringan yang ada dirumah anda seperti handphone,printer, komputer, laptop, dll.

kemudian dari router ini akan terkoneksi ke modem.modem ini fungsinya adalah untuk menghubungkan device yang ada dirumah supaya bisa terkoneksi ke internet.

ada kejadian-kejadian ketika kita menggunakan jaringan wifi, status yang ada di device kita connected, tetapi ada warning no internet access, connected but not internet.itu artinya device yang anda gunakan sudah terhubung ke router dengan benar tetapi tidak bisa terhubung dengan internet.

berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan ketika menghadapi masalah diatas

langkah 1 : cek apakah device yang lain bisa tehubung ke internet tidak

sebelum anda melakukan langkah yang lain, maka pastikan dahulu apakah device lain juga mengalami masalah yang sama seperti yang anda alami.

contoh misalkan kita menggunakan device smartphone android.anda bisa melakukan cek dengan cara setting–>WI-FI cek apakah terjadi koneksi atau tidak.

setting wifi

jika anda menggunakan smarphone yang lain, dan ternyata device tersebut bisa tersambung ke internet.jadi disini sudah bisa diambil kesimpulan sementara bahwa terjadi masalah terhadap device yang anda gunakan.

tapi sebaliknya kalau anda melakukan tes koneksi dengan smarphone lain dan ternyata tidak bisa terkoneksi dengan internet, maka yang bermasalah disini adalah pada modemnya.

untuk mengetes apakah yang bermasalah modem anda, maka yang perlu anda lakukan adalah melepas semua koneksi dari modem ke router, dan silahkan anda coba untuk mengkoneksikan dari modem langsung ke PC secara langsung.

jika pada tes diatas anda berhasil terkoneksi dengan internet, maka yang bermasalah adalah router anda.solusinya adalah bisa dengan reset router untuk konfigurasi ulang.

Langkah 2 : Restart PC anda

ketika mengalami masalah tidak bisa terkoneksi ke internet bisa juga untuk merestart PC anda.cara ini bisa juga mengatasi permasalah anda.atau kalau device anda terkoneksi dengan router menggunakan kabel maka anda bisa mencoba kabel lain untuk menghubungkan device ke router.

Langkah 3: Restart Modem dan Router anda

langkah ketiga ini bisa anda lakukan ketika langkah 1 dan 2 tidak berhasil mengatasi masalah anda.langkah ini hampir sama seperti langkah kedua.anda bisa mencabut power ke router dan modem, tunggu beberapa menit kemudian silahkan nyalakan kembali.

setelah kabel power anda tancapkan lagi silahkan tunggu beberapa saat sampai lampu indicator di modem atau router normal.setelah router dan modem normal silahkan melakukan koneksi lagi ke router.

jika pada fase ini masih tidak bisa terkoneksi dengan internet,maka butuh penangkan lanjut seperti melakukan reset factory.

Langkah 4 : Jalankan Windows network Troubleshooter

jika anda menggunakan windows 7 keatas maka tidak ada salahnya mencoba cara ini.untuk mengakses windows network troubleshooter silahkan ke setting->network & internet-> status, kemudian pilih network troubleshooter dan ikuti intruksi yang ada disana.

bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows 7 silahkan klik start->control panel->Troubleshooting-> network and internet->network connections.

network trouble

Langkah 5 : cek konfigurasi setting IP address anda

cara ini bisa anda lakukan ketika langkah diatas masih belum bisa mengatasi masalah anda.disini anda harus memastikan bahwa ip address sudah benar konfigurasinya.jika router anda settingnya menggunakan DHCP, tapi kalau konfigurasi ip di komputer anda statik maka komputer anda tidak akan bisa terkoneksi dengan internet.

langkah-langkah untuk cek konfigurasi IP address adalah sebagai berikut.buka network dan internet setting, kemudian klik change adapter options

merubah setting ip

untuk windows 7 dengan bisa dengan cara klik kanan kemudian pilih open network and sharing center, kemudian pilih local area connection

koneksi internet

langkah selanjutnya adalah silahkan klik tombol properties, kemudian cari internet protokol version 4 setelah itu silahkan double klik.

disini pastikan bahwa settingnya di obtain an IP address automatically dan pastikan juga pilihannya di obtain DNS server address automatically.untuk pilihan use the following ip address dan use the following DNS server address butuh keahlian lanjut.

ip4

setelah memastikan semuanya silahkan klik tombol ok untuk mengakiri.

Langkah 6 : Menggunakan command prompt untuk cek koneksi

jika anda menggunakan sistem operasi windows, maka anda bisa menggunakan fasilitas command prompt, hampir semua sistem operasi windows caranya sama untuk menampilkan command prompt ini.untuk windows 8 keatas bisa dengan cara ketik cmd di kolom search kemudian setelah itu silahkan klik kanan dan pilih run as administrator untuk membuka windowsnya.

untuk reset file windows yang fungsinya supaya bisa terkoneksi dengan internet bisa menggunakan perintah dibawah ini

netsh winsock reset
netsh int ip reset

jika perintah diatas masih tetap tidak bisa terhubung ke internet, anda bisa mereset ip address yang ada di komputer anda denga perintah command sbb:

ipconfig /release
ipconfig /renew

yang terakhir silahkan reset juga setting DNS dengan commmand berikut:

ipconfig /flushdns

Langkah 7 : matikan antivirus

ada beberapa antivirus yang bisa menjadi penyebab komputer yang kita gunakan tidak bisa terkoneksi ke internet.tidak ada salahnya untuk mecoba cara ini.silahkan disabled antivirus anda, biasanya kasus seperti ini ketika anda menggunakan antivirus avast.

Langkah 8 : update driver wireless anda

ini juga merupakan salah satu cara juga yang bisa anda lakukan jika komputer anda terkoneksi kejaringan tetapi tidak bisa internetan.

langkah yang harus anda lakukan adalah silahkan masuk di control panel->system

control panel

silahkan klik icon system diatas

advanced system

silahkan klik icon advanced system setting–> kemudian silahkan klik tab hardware kemudian klik device manager

device manager1

setelah di windows device manager silahkan cari network adapters kemudian klik kanan device wifi kemudian klik update driver ( gamabar diatas)

update-driver

silahkan klik browse my computer for driver kemudian silahkan klik let mu pick form a list of avaliable driver on my computer kemudian silahkan klik tombol next dan ikuti instruksi selanjutnya.

Langkah 9 : Reset Jaringan Komputer Anda

untuk mengatasi masalah komputer yang tidak bisa terhubung ke internet bisa menggunakan cara ini, jika anda menggunakan windows 10 langkahnya silahkan klik setting->network & Internet >status klik network reset kmudian klik tombol reset now

reset network

untuk anda yang menggunakan windows 7 silahkan pilih open network and sharing center, kemudian klik icon network pilih open network and sharing center, kemudian klik change adapter setting.silahkan klik kanan jenis adapter yang anda gunakan kmudian pilih disabled.silahkan di restart kemudian enabled khan kembeli.

reset network1