Aplikasi Pembuat Cover Buku

20 Aplikasi Pembuat Cover Buku

Posted on

Dulu, sebelum boomingnya teknologi, setiap kali seseorang ingin membuat sebuah cover buku, mereka harus meng-hire seorang pelukis atau menggambar sendiri, dan menjadikannya cover buku mereka. Untunglah sekarang ada aplikasi pembuat cover buku.

Tapi, sebelum membahas aplikasi untuk membuat cover buku yang muncul seiring perkembangan zaman, tahukah Anda? Kalau dulu, sampul buku kebanyakan hanya berupa tulisan saja. Karena itu jauh lebih sederhana dan tidak perlu repot menggambar.

 

Oke, kita balik lagi ke pembahasan soal aplikasi pembuat cover buku. Jadi, dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, kita sudah bisa menggambar cover buku di PC, bahkan beberapa di handphone. Apa saja aplikasinya?

 

Daftar Aplikasi Pembuat Cover Buku

 

1.     Snappa

Aplikasi pembuat cover buku yang pertama bernama Snappa. Aplikasi yang satu ini memang tidak sebooming beberapa aplikasi yang lain.

Tapi, bagi Anda yang tidak ingin repot install aplikasi, maka bisa menggunakan Snappa.

 

Pasalnya, selain memiliki aplikasinya, Snappa juga memiliki situs onlinenya.

Anda bisa mengedit gambar, membuat cover buku, atau melakukan desain lainnya di website Snappa.

Untuk fitur yang dimiliki Snappa pun terbilang sangat lengkap dan mumpuni.

 

Selain itu, ada banyak sekali template cover buku. Jumlahnya bahkan menyentuh ratusan template.

Lebih menariknya lagi adalah semua template tersebut bisa Anda pakai secara cuma-cuma.

 

Untuk mendapatkan template yang cocok dengan cover buku Anda, Anda hanya perlu melakukan pencarian di kategori e-book dan di sana akan ada banyak sekali template. Untuk mengubahnya pun sangat mudah.

 

2.     Canva

Kalau bicara soal aplikasi pembuat cover buku, kita tidak bisa menghilangkan nama Canva dari daftar.

Canva ini merupakan salah satu aplikasi untuk membuat cover buku dan aplikasi desain yang paling populer dan terbaik.

 

Canva sangat interaktif dan mudah sekali untuk digunakan. Saking mudahnya, Canva bisa dipakai untuk pemula tanpa perlu kebingungan. Dulu Canva berawal dari website.

Tapi seiring berjalannya waktu dan kepopuleran yang didapatkannya, Canva berkembang.

 

Sekarang Canva sudah tersedia di App Store dan iOS. Sama seperti Snappa, Canva juga memiliki banyak sekali template yang bisa dipakai secara cuma-cuma.

Di dalam aplikasi ini, selain Anda bisa membuat cover buku, Anda juga bisa mendesain website, poster, dan lain-lain.

 

Canva tidak hanya punya template gratis saja, tapi Canva juga memiliki beberapa fitur seperti misalnya font style untuk mengubah jenis font, pilihan warna yang banyak, dan beberapa fitur menarik lainnya.

 

Tapi tidak semua fitur yang dimiliki Canva bisa digunakan. Ada beberapa fitur yang mewajibkan kamu untuk membayarnya. Kembali pada desain cover buku, ada beberapa template yang tersedia di Canva, antara lain:

  • Thriller
  • Creative
  • Photo
  • Notebook
  • Art
  • Cookbook
  • Dan masih banyak lagi

         

3.     Fotor

Kalau yang satu ini adalah aplikasi edit foto yang awalnya berbasis online. Meski Fotor merupakan aplikasi untuk mengedit foto, tapi ia tetap memiliki kemampuan untuk mendesain cover buku.

 

Fotor ini kurang lebih sama seperti aplikasi yang dipakai untuk membuat cover buku.

Ia juga memiliki banyak sekali template yang bisa Anda pakai secara cuma-cuma. Dulu Fotor memang berbasis online, tapi sekarang ini sudah tidak sepenuhnya.

 

Artinya, Fotor sekarang sudah memiliki aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Untuk iOS sendiri belum ada keterangan lebih lanjut. Sampai artikel ini dibuat, belum ada aplikasi Fotor di iOS.

 

4.     LucidPress

Lalu ada LucidPress. Ciri utama dari aplikasi ini adalah template yang elegan. LucidPress sendiri awal mulanya adalah situs desain yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan dari desain majalah.

 

Di dalam LucidPress ini Anda bisa mendesain cover buku dengan template yang tersedia dengan cara yang sangat mudah.

Anda hanya perlu mengubah beberapa elemen yang sudah tersedia. Misalnya mengubah font style, menambah foto, dan lain sebagainya.

 

5.     PosterMyWall

Berikutnya ada PosterMyWall. Aplikasi ini memang bernama Poster, tapi aplikasi ini tetap bisa dipakai untuk mendesain cover buku.

Malah di dalam aplikasi ini ada lebih dari 740 template yang bisa Anda pakai dan pilih sesuai genre buku yang Anda tulis.

 

Karena sudah tersedia template, Anda tidak perlu repot membuat desainnya dari awal.

Anda hanya perlu mengubah beberapa elemen, seperti misalnya mengubah foto, font style, layout, hingga mengubah background. Dan voila! Jadilah cover buku yang Anda mau!

 

6.     3D Box Shot Maker

Kalau Anda tidak puas dengan segala aplikasi pembuat cover buku yang sudah disebutkan di atas,

karena Anda membutuhkan aplikasi yang bisa membuat Anda melihat bentuk visual 3D dari cover buku yang sedang Anda buat, maka 3D Box Shot Maker jadi pilihannya.

 

Aplikasi ini memberikan Anda kesempatan untuk melakukan visualisasi 3D pada cover buku yang sedang Anda desain. Meski 3D, aplikasi ini hanya butuh ruang penyimpanan yang sangat kecil, yakni 2 MB saja!

 

Dengan menggunakan 3D Box Shot Maker, Anda tidak hanya bisa mendesain sampul depan dari buku itu saja,

tapi juga sekaligus mendesain sampul belakang buku yang sedang Anda tulis atau dalam proses penerbitan.

 

7.     Box Shot Online

Seperti namanya, aplikasi Box Shot Online ini merupakan aplikasi yang berbasis online. Jadi, kalau Anda ingin mendesain menggunakan aplikasi ini, maka Anda harus datang ke websitenya di boxshot.com.

 

Di dalam website tersebut Anda akan mendapati banyak sekali fitur. Mulai dari fitur template cover buku, atau fitur lain yang biasanya ada di aplikasi desain gambar atau desain foto.

Sama seperti 3D Box Shot Maker, Box Shot Online juga mengedit cover buku Anda ke format 3D.

 

8.     MyEcoverMaker

Aplikasi pembuat cover buku yang selanjutnya adalah MyEcoverMaker. Aplikasi yang satu ini memberikan Anda kesempatan untuk mendesain cover buku secara 3 dimensi.

Aplikasi ini juga gratis, dan template yang tersedia bisa dicustom sesuka hati.

 

9.     Free Ebook Cover Maker

Di urutan yang kesembilan ada aplikasi bernama Free Ebook Cover Maker. Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi ini gratis.

Selain itu, juga sudah terpampang jelas kalau aplikasi ini khusus membuat sampul eBook.

 

Aplikasi ini pada beberapa aspek sama dengan aplikasi 3D Box Shot Maker karena ia membuat Anda mungkin untuk menciptakan desain sampul buku ke dalam format tiga dimensi. Anda juga bisa mendesain sampul depan dan belakang, lho!

 

10.  Adazing

Satu lagi aplikasi untuk membuat cover buku yang berbasis online. Aplikasi tersebut bernama Adazing.

Aplikasi yang satu ini memiliki interface yang sangat sederhana dan begitu mudah untuk dipahami.

 

Anda hanya memerlukan koneksi internet yang stabil dan juga software browser apa saja.

Tapi Adazing memiliki kelemahan, dan kelemahan ini sangat mengganggu. Adazing tidak bisa membuat Anda langsung melihat hasil desain yang sudah dibuat.

 

Untuk bisa melihat hasil desain Anda, Anda harus memasukkan email dulu. Nantinya hasil desain Anda itu akan dikirimkan via email oleh Adazing. Baru Anda bisa melihat hasil desain cover buku yang sudah Anda buat.

 

11.  Cover Creator

Kemudian ada aplikasi pembuat cover buku bernama Cover Creator. Aplikasi yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda catat. Kelebihan dari Cover Creator antara lain:

  • Tools yang detail dan juga lengkap.
  • Anda tidak perlu memasukkan email atau registrasi menggunakan email seperti Adazing.
  • Hanya ada 2 hal yang Anda butuhkan untuk menggunakan aplikasi ini. Pertama adalah koneksi internet yang stabil, dan berikutnya adalah software browser apapun.

 

12.  Piktochart

Kalau kita bicara aplikasi editing atau desain online, maka Piktochart harus kita masukkan.

Selain bisa digunakan untuk mengedit gambar atau foto seperti kebanyakan aplikasi editing lainnya, Piktochart juga bisa dipakai untuk membuat cover buku.

 

Tapi, Piktochart ini sama seperti Adazing. Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Meskipun untuk registrasi, Anda bisa menggunakan Facebook ataupun akun Gmail Anda.

Aplikasi ini menyediakan banyak template yang hampir semuanya bisa dipakai secara gratis.

 

13.  Befunky

Lalu ada juga Befunky. Aplikasi yang satu ini sama seperti Piktochart dan beberapa aplikasi desain berbasis online lainnya. Befunky memiliki banyak kemampuan. Salah satunya tentu mengedit atau mendesain cover buku.

 

Selain itu, Befunky juga merupakan software yang cukup ringan. Tak hanya ringan, tapi juga efektif dan yang paling penting gratis.

Sekali lagi, yang dibutuhkan cuma 2. Koneksi internet, dan juga browser untuk menggunakan Befunky.

 

14.  Adobe Spark

Sudah pernah mendengar aplikasi yang satu ini? Betul sekali! Aplikasi ini merupakan “anak aplikasi” dari Adobe.

Adobe Spark memang dibuat untuk para pemula. Jadi, mulai dari interface, sampai tools, sangat ramah untuk para pemula.

 

Adobe Spark juga kurang lebih sama seperti beberapa aplikasi desain dan cover buku yang lain. Ia juga memiliki ratusan template yang kebanyakan bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.

 

15.  PicMonkey

PicMonkey ini memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satu keuntungan yang mungkin paling penting dan paling Anda inginkan adalah bisa membuat cover buku yang sesuai dengan ukuran buku yang Anda sedang desain.

 

Selain itu, PicMonkey juga memiliki banyak tools untuk membantu menyempurnakan desain cover buku Anda.

Selain itu juga, ada banyak sekali template yang sangat variatif. Anda bisa menggunakan semua template tersebut.

 

16.  Ipiccy

Aplikasi desain cover buku yang berikutnya adalah Ipiccy. Aplikasi yang satu ini memiliki fitur-fitur yang sama dengan beberapa aplikasi pembuat cover buku.

Selain itu, Ipiccy juga memiliki fitur edit teks, menambahkan gambar, dan lain sebagainya.

 

Untuk menggunakan Ipiccy, Anda harus memastikan kalau Flash yang ada di browser Anda tidak diblokir.

Kalau diblokir, akan ada pop up yang muncul. Cara untuk enable Flash nya pun cukup mudah.

 

Anda tinggal klik Edit Photo, kemudian setelah muncul pop up, tinggal klik Enable Flash. Setelah itu Anda bisa mengedit foto di Ipiccy.

Tapi untuk mendapatkan hasil dari editan foto atau cover buku tersebut, Anda harus sign in terlebih dahulu.

 

17.  Adobe Photoshop

Siapa yang nggak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Hampir semua orang desain bahkan yang awam di dunia desain pasti tahu dan kenal dengan aplikasi editing foto paling populer yang satu ini.

 

Meski Photoshop lebih sering dipakai untuk mengedit foto, tapi aplikasi yang satu ini tetap bisa dipakai untuk membuat cover buku.

Hal itu karena fitur-fitur yang dimiliki oleh Adobe Photoshop sangat lengkap.

 

Tapi bagi para pemula mungkin akan kebingungan ketika menggunakan aplikasi ini, pasalnya Photoshop memang dipakai hanya oleh yang berpengalaman atau profesional saja. Selain itu, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus membeli.

 

Bukan membeli sekali putus ya, tapi untuk sistem yang sekarang, Anda harus berlangganan setiap bulan. Anda bisa membayar per bulan, atau membayar per tahun. Memang merepotkan, tapi untuk profesional sepertinya tidak.

 

Kalau ingin yang tidak resmi, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs-situs penyedia aplikasi tidak resmi.

Tapi Anda harus tetap berhati-hati kalau memilih aplikasi dari situs-situs tersebut. Memang gratis, tapi soal keamanan tidak ada yang menjamin.

 

18.  Corel Draw

Selain Adobe Photoshop, juga ada Corel Draw yang jauh lebih populer sebagai aplikasi desain.

Kalau Corel Draw pasti akan direkomendasikan oleh banyak orang karena beberapa fitur yang dimiliki Corel Draw, tidak dimiliki oleh Adobe Photoshop.

 

Kalau bicara soal fitur, Corel Draw punya fitur yang sangat lengkap. Tapi Corel Draw memang lebih cocok digunakan untuk para profesional.

Untuk Anda yang masih pemula pasti akan bingung ketika menggunakan aplikasi ini.

 

Bukan, bukan karena interfacenya yang sulit. Justru interfacenya mudah, tapi memang jauh lebih baik kalau Anda sudah mempelajari Corel Draw dasar terlebih dahulu baru menggunakan aplikasi ini agar desain Anda bisa maksimal.

 

Untuk Corel Draw sendiri ada banyak sekali serinya. Anda bisa menggunakan X6, X7, atau seri di atasnya.

Semakin tinggi serinya, semakin lengkap fiturnya. Tapi komputer yang Anda gunakan harus memiliki spesifikasi yang tinggi.

 

Selain itu, Corel Draw tidak memiliki versi gratis dari aplikasinya. Anda harus membeli aplikasi Corel Draw, sama seperti membeli aplikasi Adobe Photoshop. Tapi Corel Draw ini sekali beli setelah itu tidak perlu berlangganan.

 

Untuk harga aplikasinya sendiri ada di kisaran 1.5 juta ke atas atau bisa lebih mahal lagi. Untuk pemula mungkin terlalu muluk. Tapi untuk profesional, membeli aplikasi Corel Draw sangat worth itu.

 

19.  Covers by Wattpad

Kalau dua aplikasi yang barusan disebutkan di atas adalah aplikasi yang hanya bisa digunakan di PC dengan spesifikasi tinggi, berbeda dengan aplikasi yang satu ini.

Covers by Wattpad ini adalah aplikasi untuk membuat cover buku yang bisa digunakan di mobile.

 

Aplikasi yang satu ini bisa Anda dapatkan di Play Store secara gratis. Covers by Wattpad, seperti namanya, adalah aplikasi yang dibuat oleh Wattpad. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang bisa Anda gunakan.

 

20.  Book Creative

Anda butuh aplikasi yang all in one? Di mana Anda bisa membuat cover buku sekaligus menulis buku secara online? Jika itu yang Anda butuhkan, maka Anda bisa menggunakan Book Creative.

Aplikasi yang satu ini tidak hanya bisa dipakai membuat cover, tapi juga menulis buku.

 

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini Anda akan diberikan dua pilihan fitur.

Pertama adalah yang gratis, dengan segala keterbatasannya, tapi meski begitu tetap bisa memenuhi kebutuhan dasar Anda, dan yang berbayar dengan fitur lebih lengkap.

 

Untuk para penulis buku, dengan adanya sekian banyak pilihan aplikasi pembuat cover buku ini diharapkan sudah tidak bingung lagi harus menggunakan aplikasi apa dalam membuat cover buku yang akan dirilis.

 

Mungkin kalau dulu teknologi terbatas, kamu hanya bisa menggunakan komputer saja untuk mendesain cover buku.

Tapi sekarang ini, dengan adanya internet dan smartphone yang semakin canggih, kamu bisa membuat cover buku dari mana saja dan di platform mana saja.

 

Tinggal sekarang, mana cover buku yang paling kreatif. Dengan kemudahan yang didapatkan, apakah akan semakin kreatif, atau sebaliknya?

 

 

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *