cara screenshoot di laptop

cara screenshoot layar / gambar di laptop, pc dan hp

Posted on 8 views

Pernahkah anda mengalami kesulitan ketika melakukan screenshoot atau mengambil sebagaian gambar di laptop, komputer atau handphone anda?

jika anda mengalami hal atau kejadian diatas.saat ini saya akan membuatkan tutorialnya.diera zaman sekarang ini screenshoot di laptop, pc dan handphone sering digunakan.

contoh yang paling mudah sering dilakukan adalah ketika kita mau bertransaksi online, kemudian kita diminta untuk mengirimkan tanda bukti transfer, maka kita harus melakukan screenshoot dari layar kita.

contoh lain adalah ketika anda mau membuat presentasi dan mencari gambar-gambar yang anda butuhkan baik digoogle atau ditempat lainnya, cara yang paling mudah dilakukan dari pada kita download gambar lebih baik kita screenshoot saja dengan alasan waktu yang digunakan lebih cepat, mudah dan efisien.

pada kesempatan kali ini saya akan membahas screenshoot di laptop, komputer desktop dan handphone.sebenernya kalau untuk di laptop dan komputer desktop sama saja hanya saya nanti akan membaginya berdasarkan sistem operasi yang digunakan.

seperti yang sudah kita ketahui bahwa sistem operasi yang sering digunakan saat ini adalah sistem operasi windows, sistem operasi mac dan sistem operasi unix/linux.langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika melakukan screenshoot

Cara screenshoot layar di laptop dan pc desktop dg OS Windows

pada pembahasan kali ini saya akan menggunakan lighshoot untuk screenshoot layar di laptop atau pc.alasan saya menggunakan software ini karena mempunyai fitur seperti paint.jadi setelah kita melakukan screenshoot kita bisa memberikan komen atau label di gambar yang akan kita ambil.langkahnya adalah sbb:

  • silahkan download software lighshoot
  • setelah klik link diatas maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

cara screenshoot di laptop

  • setelah software terdownload silahkan install di pc anda.kemudian tinggal tekan tombol next sampai selesai.
  • untuk mengecek apakah software yang anda install berhasil bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

installasi lightshoot berhasil

  • ketika dilaptop atau komputer anda seperti gambar diatas maka instalasi yang anda lakukan berhasil.
  • disini saya akan mempraktekan cara penggunaan lightshoot.saya akan memberikan contoh bagaimana saya mengcapture gambar dari websitenya lightshoot.
  • caranya adalah silahkan tekan tombol prt sc sysrq di keyboard anda dan nantinya akan muncul tampilan seperti berikut ini

lightshoot

  • Pada gambar diatas saya akan menjelaskan tentang fungsi toolbar yg saya kasih angka
    1. untuk mengcapture gambar yang hasilnya berbentuk URL
    2. untuk share hasil gambar yang kita capture
    3. hasil gambar bisa digunakan untuk share di google image
    4. hasil gambar yang dicapture bisa langsung di print
    5. hasil gambar bisa langsung kita paste di dokumen
    6. hasil gambar bisa kita simpan di drive
    7. toolbox warna yang bisa kita rubah-rubah
    8. digunakan untuk menandai gambar yang akan kita ambil
    9. untuk memberikan warna pada gambar tertentu
    10. kita bisa menandai gambar dengan garis persegi
    11. arrow yang bisa digunakan penunjuk di gambar
    12. line
    13. bisa digunakan sebagai pena untuk menulis di area yang kita pilih

untuk anda yang mengunakan sistem operasi linux dan mac os silahkan download lightshoot diweb diatas.kemudian silahkan anda install.untuk penggunakan hampir sama dengan kita menggunakan sistem operasi windows.

Kesimpulan

untuk masalah screenshoot sebenarnya sebenarnya setiap sistem operasi sudah memfasilitasi, tetapi biasanya fitur-fiturnya sangat terbatas,oleh sebab itu kita bisa menggunakan pihak ke 3 seperti lightshoot.