cara masuk clean boat Windows 10

Cara Masuk ke Clean Boot di Windows 10

Posted on 19 views

Dalam pengoperasian laptop, semua pengguna pasti mengalami aplikasi tersendat sendiri dalam jangka waktu yang lama. Program biasanya berhenti bekerja, dan tertutup dengan sendirinya.

Akibat dari kurang cepatnya proses ini, banyak pekerjaan yang tertunda.

Namun tak perlu khawatir, dalam spesifikasi laptop windows 10, terdapat fitur yang dapat mengatasi masalah tersebut bernama Clean Boot.

Aplikasi ini berfungsi untuk membersihkan beragam fitur opsional dan hanya membuka aplikasi yang penting saja. Sistem operasi pada windows 10 tidak akan me-reload program, kecuali pada drive.

Cara masuk ke clean boot di Windows 10 dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Tekan Tombol Win + R

cara-menjalankan-clean-boot-di-Windows-10_1

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengoperasikan aplikasi clean boot ini yakni dengan menekan tombol win + R. Maka akan muncul layar Run dalam desktop laptop.

Kemudian Anda dapat memasukkan msconfig  di dalam tombol yang tersedia pada menu Run tersebut. Setelah itu, tekan tombol enter untuk membuka jendela konfigurasi dalam sistem operasi Windows 10.

Pilih Tab General

cara-menjalankan-clean-boot-di-Windows-10_2

Setelah Anda membuka sistem konfigurasi, langkah selanjutnya yakni membuka tab general. Dalam tab ini, Anda harus menghilangkan tanda centang pada opsi load startup item.

Ada tiga opsi dari fungsi ini. Diantaranya adalah normal startup yang bertugas memuat service dan driver hardware tanpa terkecuali di Windows.

Selanjutnya, untuk memuat layanan driver dasar Anda bisa pakai diagnostic startup. Untuk selective startup bertugas memproses startup dan menjalankan service pada tab general.

Masuk Pada Tab Service

cara-menjalankan-clean-boot-di-Windows-10_3

Setelah semua langkah berjalan, lalu tekan tombol apply untuk melihat perubahan yang terjadi. Kemudian step selanjutnya untuk melakukan prosedur cara masuk clean boat Windows 10 yakni masuk pada tab service.

Dalam tab ini, Anda dapat melihat apakah proses clean tab dapat berjalan atau tidak.

Kemudian akan muncul beberapa notifikasi service pada desktop laptop Anda. Namun jangan ikuti semua langkah service yang muncul, abaikan saja semua prosesnya.

Lihat di bagian sudut kiri tab service. Klik tombol dan berikan tanda centang pada opsi “Hide All Microsoft Service “. Dan klik juga opsi “Disable All”.

Open Task Manager

cara-menjalankan-clean-boot-di-Windows-10_4

Selanjutnya, pilih tab Startup dan klik open task manager. Pada tab tersebut Anda dapat mematikan layanan yang berjalan pada startup.

Anda juga perlu mengaktifkan opsi disabled agar dapat mematikan layanan atau aplikasi yang lain. Lalu tutup Msconfig dan lakukan Restart pada laptop Anda.

Hal ini dilakukan agar dapat melihat proses yang berjalan dapat berfungsi atau tidak.

Pilih Opsi Normal Start Up

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih opsi normal startup. Stepnya yakni dengan masuk pada tab general serta menekan opsi apply dan opsi OK.

Setelah itu, Clean Boot dapat menjalankan tugasnya di komputer Anda. Jangan lupa untuk merestart laptop Anda, agar Aplikasi Clean Boot berjalan.

Jika laptop telah hidup kembali, Anda bisa menonaktifkan aplikasi Clean Boot ini. Agar jalannya sistem operasi dapat kembali seperti semula.

Caranya mudah, masuk kembali pada msconfig (win +R) untuk mengaktifkan jendela konfigurasi. Lalu muncul beberapa opsi. Kemudian pilih tab general, klik dan beri centang pada opsi normal start up.

Setelah itu, Anda bisa mengaktifkan kembali service dari pihak ke tiga melalui taskmanager.