pilih Prosesor Intel atau AMD

Ketika Beli laptop pilih Prosesor Intel atau AMD??berikut ulasanya

Posted on

Bagi para pengguna komputer seperti PC (Personal Computer) atau laptop, atau notebook dan berbagai jenis gadget lainnya tentunya sudah tak asing dengan yang namanya processor, yakni otak dari komputer yang akan menentukan kinerja komputer tersebut.

Pada saat hendak membeli suatu komputer tak jarang banyak yang bingung dalam memilih jenis processor nya,

karena banyak sekali jenis dan tipe serta merk processor yang ditawarkan dan dijual dalam berbagai paket dan kombinasi dengan RAM dan berbagai spesifikasi komputernya.

Diantara sekian banyak pilihan processor tersebut maka yang terkenal dan memiliki banyak peminat adalah Intel dan AMD. Lantas kira-kira lebih bagus Intel atau AMD, simak pembahasannya berikut ini.

Processor Intel

Processor ini adalah produk dari Intel suatu perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat yang bernama Intel Corporation.

Perusahaan tersebut adalah perusahaan multinasional, yang telah berdiri sejak tahun 1968, sehingga processor Intel pastinya telah banyak dikenal masyarakat sejak lama.

Bahkan setelah laptop dan PC maka Intel pun juga mulai melebarkan sayap di bidang smartphone hingga smartwatch.

Berbagai produk Intel itu antara lain ada Intel® Pentium® 4 dan Intel® Pentium® Dual-Core juga Intel® Core™2 Duo lalu ada Intel® Core™2 Quad dan intel® Core™2 Extreme serta Intel® Core™ i7.

Processor AMD (Advance Micro Device)

Selain processor Intel maka ada juga processor AMD yang merupakan pesaing terbesarnya.

Perusahaan yang sama-sama berbasis di Amerika ini juga adalah perusahaan terbesar yang kedua setelah Intel Corporation yang juga memproduksi mikroprosesor.

Di tahun 2007, perusahaan AMD ini pun berhasil menduduki peringkat ke sebelas di dunia dalam hal pendapatan.

Beberapa produk AMD itu ada AMD Sempron™ dan AMD Athlon™ FX serta AMD Athlon™ 64 dan AMD Athlon™ X2 lalu AMD Athlon™ X3 dan Athlon™ X4.

Perbedaan Processor Intel dan AMD

Antara kedua merk processor ini masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri yang berbeda-beda satu sama lain,

yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilihnya. Berikut ini adalah beberapa di antara perbedaan tersebut.

Segi Kinerja Kecepatan

Segi kinerja kecepatan suatu prosesor itu sangat penting, tentunya akan sangat menjengkelkan jika menggunakan laptop atau PC yang lambat kerjanya.

Pertanyaannya sekarang adalah antara processor  Intel dengan AMD manakah yang lebih cepat kerjanya.

Berdasarkan hasil uji benchmark pada processor Intel dan AMD ternyata didapatkan suatu hasil yakni bahwa processor merk Intel memiliki tingkat kecepatan yang lebih tinggi daripada kinerja processor merk AMD.

Meskipun demikian namun tingkat perbedaan kecepatan tersebut tidak terlalu jauh.

Processor Intel telah terbukti berhasil menjalankan berbagai aplikasi dan software berukuran besar yang berat dengan secara lebih cepat dan juga efisien. Demikian juga dengan processor bermerk AMD.

Segi Penguasaan Pasar

Faktor penguasaan pasar juga perlu menjadi pertimbangan, agar kelangsungan produk dalam jangka panjang masih bisa diharapkan juga kemudahan dalam mencari penggantinya jika suatu saat produk rusak dan lain sebagainya.

Processor merk Intel sebagai pendahulu, yang telah sejak awal memasuki pasar tentunya telah lebih dulu cukup populer dan lalu membuat nama Intel jadi lebih terkenal di pasaran jika dibandingkan dengan nama merk processor AMD.

Segi Ketahanan dan Kemampuan Kontrol Suhu

Faktor ini juga penting guna menunjang tingkat keawetan produk, yakni agar produk memiliki usia daya pakai yang cukup lama, dalam jangka waktu yang panjang.

Sebagian besar processor Intel dibekali dan dilengkapi dengan teknologi guna mengurangi kerja processor pada saat suhu mulai jadi meningkat.

Hal itulah yang lantas membuat kontrol suhu pada processor Intel menjadi lebih bagus dan lalu tidak akan menjadi cepat dan mudah menjadi panas jika dibandingkan dengan processor bermerk AMD.

Segi Kemampuan Grafis

Salah satu kinerja komputer yang diharapkan adalah pada dukungan kinerjanya di segi grafis tampilan di layarnya.

Processor yang diinginkan tentunya yang mampu menampilkan tayangan grafis yang sesempurna mungkin.

Pada hal ini maka processor AMP memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan kinerja grafis processor Intel.

Dikarenakan kinerja processor yang tetap dan tidak dikurangi meskipun pada saat kondisi suhu sedang meningkat sekalipun,

maka processor AMD pun lantas dapat menampilkan tayangan grafis yang lebih unggul dan baik daripada kerja processor Intel.

Itulah sebabnya para pemain Gamer akan lebih menyukai dan cenderung memilih gadget atau komputer yang menggunakan processor AMD jika dibanding dengan yang menggunakan processor Intel.

Dikarenakan tampilan gambarnya bisa menjadi lebih jernih, bagus, serta stabil dan juga tidak pecah-pecah, atau patah-patah, bisa smooth secara mulus ditampilkan.

Segi Kinerja Terkait Multimedia

Gadget komputer selain dinikmati tayangan tampilan gambarnya atau kinerja grafisnya juga digunakan dari segi multimedia nya.

Dalam hal ini maka processor Intel yang terkalahkan pada kinerja grafisnya namun masih tetap lebih unggul jika dari segi kinerja multimedianya.

Hal ini karena processor Intel mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan mampu di overclock dengan secara baik

Segi Keamanan dalam Menghadapi Serangan Virus

Processor yang bagus juga harus mampu menahan serangan virus dengan baik.

Jadi tak hanya dilihat dari segi kinerja grafis, juga dalam menahan suhu saja, serta kinerja terkait multimedianya  saja juga namun juga dalam kekuatan menahan gempuran serangan berbagai jenis virus agar tidak mudah rusak dan mengalami kendala dan gangguan kerjanya.

Processor AMD dalam hal ini telah dibekali dan dilengkapi dengan teknologi canggih yang mampu untuk mendeteksi dan menangkal serta melumpuhkan berbagai jenis virus sebelum akhirnya akan menginfeksi device komputer dan lalu membuat kekacauan.

Kelemahan processor bermerk Intel dalam hal ini ialah belum memiliki dan dilengkapi dengan teknologi canggih seperti ini.

Segi Harga

Hal lain yang turut menjadi pertimbangan dalam memilih suatu produk itu ialah pada segi harganya.

Dalam hal ini maka AMD lebih unggul karena memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga Processor Intel.

Sehingga hal ini pun akan mempengaruhi harga laptop atau PC secara keseluruhan.

Nilai Plus dan Minus Intel dan AMD

Berikut ini secara ringkas keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Kelebihan processor Intel

  • Tidak mudah panas dan tahan suhu
  • Tidak bising, yakni tidak akan mengeluarkan suara pada saat digunakan bekerja
  • Unggul dan lebih bagus kinerjanya dalam segi multimedia
  • Lebih unggul di pasaran

Kelemahan processor Intel

  • Harga yang lebih mahal
  • Biaya perbaikan yang juga lebih mahal, apalagi karena didesain menyatu dengan motherboardnya.
  • Buruk kinerjanya pada segi grafis

Kelebihan processor AMD

  • Harga yang jauh lebih murah
  • Lebih unggul kinerjanya di segi grafis
  • Mampu dengan cepat mendeteksi dan menangkal malware atau virus

Kekurangan processor AMD

  • Posisi merk AMD di pasaran ada di rangking kedua setelah Intel
  • Mudah dan cepat panas, peningkatan suhu bisa terjadi lebih cepat
  • Kalah kinerjanya pada segi multimedia.

Itulah perbedaan antara processor Intel dengan processor AMD. Sebagai pertimbangan dalam memilih dan membelinya.

Tinggal sesuaikan saja dengan tujuan penggunaannya. Jika akan lebih sering digunakan untuk gaming dan akan dinikmati segi tampilan grafisnya maka bisa memilih processor merk AMD,

sedangkan jika untuk menjalankan berbagai software dan aplikasi yang berat maka bisa memilih menggunakan processor Intel.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *