cara melihat tipe CPU di laptop atau PC dan kecepatannya

Cara Melihat Tipe CPU di Laptop atau PC dan Kecepatannya

Posted on 17 views

Banyak masyarakat awam yang mempertanyakan bagaimana cara melihat tipe CPU di laptop atau PC dan kecepatannya? Zaman modern sekarang banyak teknologi seperti laptop atau PC yang beragam merek dan jenisnya.

Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memproduksi laptop atau PC yang mempunyai jenis komponen berspesifikasi bagus, dan memiliki kinerja yang lancar saat digunakan.

Masyarakat indonesia kebanyakan membeli laptop atau PC tanpa mengenal tipe, spesifikasi, dan lain sebagainya.

Padahal tipe dan spesifikasi pada laptop atau PC sangat penting untuk dikenal karena saat penginstalan software, atau perbaikan hardware penilaian cocok tidaknya ada pada tipe dan spesifikasi tersebut.

Cara melihat tipe CPU di laptop atau PC dan kecepatannya bisa dilihat dengan beberapa cara seperti  dengan tools yang disediakan oleh Sistem Operasi. Misalnya seperti Sistem Informasi, Dxdiag, Task Manager, ataupun menggunakan software pihak ketiga contohnya seperti CPU-Z.

Beberapa Cara Melihat Tipe CPU Di Laptop atau PC Dan Kecepatannya

Cara melihat tipe CPU di laptop atau PC dan kecepatannya menggunakan Sistem Informasi misalnya dengan step by step berikut ini.

  • Langkah pertama buka file explorer lalu klik kanan pada My Computer atau This PC lalu pilih menu properties.
  • Setelah itu akan ada tampilan informasi mengenai laptop atau PC user seperti Jenis Sistem Operasi, jenis Processor, kapasitas RAM, system type 32 atau 64 bit, Computer Name, Desktop Name, Windows Activation, dan lainnya.

Lalu, cara berikutnya adalah dengan menggunakan tools DXDiag. Setiap sistem operasi menyediakan tools DXDiag untuk memberikan layanan pada user.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tipe dan spesifikasi yang ada pada laptop atau PC. Berikut ini ada 2 langkah untuk mengakses tools DXDiag di antara lain.

Langkah pertama untuk mengakses Dxdiag:

  • Pilih kolom search pada windows lalu ketik “Dxdiag” lalu enter.
  • Setelah itu pilihlah tools yang bernama Dxdiag.
  • Maka tampilan Dxdiag akan muncul dan memperlihatkan ada banyak informasi mengenai tipe laptop atau PC user contohnya seperti BIOS,  Computer Name, Operating System, Language, System Model, Processor, RAM, Direct Version, dan sebagainya.

Langkah kedua  untuk mengakses Dxdiag:

  • Tekan tombol Windows + R maka akan masuk ke menu “Run”.
  • Setelah itu masukan Dxdiag dan enter.
  • Maka tampilan Dxdiag akan muncul dan memperlihatkan banyak informasi.

Tools berikutnya yang disediakan windows adalah Task Manager, ada berbagai cara untuk mengakses task manager contohnya seperti menggunakan kombinasi keyboard atau menggunakan kolom search.

Berikut ini langkah – langkah mengakses task manager di antaranya :

  • Langkah pertama gunakan tombol kombinasi untuk mengakses task manager seperti CTRL + SHIFT + ESC, CTRL + ALT + DEL dan bisa di search secara manual dengan memilih kolom search dan ketik “Task Manager” lalu enter.
  • Setelah itu akan muncul tampilan Task Manager, ada banyak informasi yang diberikan oleh task manager seperti Tipe CPU, Memory, Disk, Wifi, dan GPU.

Berikutnya yaitu dengan software pihak ketiga. Ada banyak software pihak ketiga yang ada di internet untuk memberikan layanan informasi tipe CPU di laptop atau PC dan kecepatannya seperti software CPU-Z.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan CPU-Z untuk mengecek tipe CPU di laptop atau PC di antaranya sebagai berikut.

  • Install software CPU-Z terlebih dahulu.
  • Setelah terinstall buka software CPU-Z.
  • Setelah terbuka tampilan CPU-Z akan terlihat berbagai sub menu, jenis processor,code name, dan sebagainya.
  • Untuk melihat informasi tipe Mainboard di laptop atau PC pilih sub menu “Mainboard”  dan untuk melihat informasi tipe RAM di laptop atau PC pilih menu “SPD” akan muncul tampilan informasi mengenai laptop atau PC.

Ada berbagai macam cara melihat tipe CPU di laptop atau PC dan kecepatannya melalui tools yang diberikan oleh windows maupun menggunakan software pihak ketiga.

Sebelum membeli Laptop atau PC sebaiknya diperhatikan tipe CPU, jenis RAM, jenis Hardisk, jenis Mainboard, dan sebagainya.

Karena mengetahui itu semua sangat penting untuk melakukan perbaikan software maupun hardware pada laptop atau PC.