Pengertian SSD dan Jenis-jenisnya

Pengertian SSD dan Jenis-jenisnya Yang Wajib Anda Ketahui sebelum membeli

Posted on

Buat anda yang sering berkecimpung dalam dunia komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan SSD bukan? ini merupakan salah satu penyimpanan pada komputer yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

Tetapi apakah anda sudah mengetahui apa itu pengertian SSD? Jika belum, maka anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini.

HDD atau harddisk merupakan penyimpanan pada komputer yang pasti sudah tidak asing bagi pengguna komputer.

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, muncullah jenis penyimpanan yang lainnya yakni bernama SSD.

Jika dilihat didengar sekilas, penyimpanan SSD ini sama dengan HDD bukan? tetapi, ternyata kedua jenis penyimpanan tersebut mempunyai perbedaan loh.

Pengertian SSD

Untuk memahami lebih jauh mengenai penyimpanan komputer yang satu ini, memang sangat penting bagi anda untuk mengetahui pengertian SSD tersebut.

SSD merupakan singkatan dari solid state drive dimana mempunyai fungsi yang sama dengan harddisk atau HDD yang digunakan untuk menyimpan data-data yang ada di komputer maupun laptop.

Ini juga bisa menjadi alternatif penyimpanan data di komputer selain menggunakan HDD. Tidak heran, apabila SSD semakin banyak diproduksi untuk digunakan di beberapa perangkat komputer maupun laptop.

Tidak hanya itu saja, hampir semua laptop keluaran terbaru pun sudah menggunakan SSD ini.

Jika anda melihatnya sekilas, SSD ini memang memiilki kemiripan dengan flash drive. Tetapi yang membedakannya terletak pada dimensi SDD yang lebih besar dan kompleks dibandingkan dengan flash drive.

Chip memori yang anda temukan pada SSD pun juga memiliki kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu saja, penyimpanan SSD ini pun ternyata juga menghadirkan teknologi yang lebih cepat jika dibandingkan HDD.

Bahkan konsumsi daya SSD juga lebih hemat sehingga akan membuat anda bisa bekerja dengan menggunakan laptop dalam waktu yang lama.

SSD memanfaatkan chip memori yang saling terhubung satu sama lain. Tidak heran apabila proses penyimpanan data di dalamnya mirip dengan flashdisk.

Tidak hanya itu saja, SSD ini pun juga dibagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing mempunyai keunggulan yang berbeda-beda.

Jenis-jenis SSD 

Setelah mengetahui apa  saja pengertian SSD, anda juga wajib mengetahui apa saja jenis-jenis SSD tersebut. berikut ini beberapa jenis-jenisnya.

  1. SSD 2,5 Inch 

Jenis SSD yang pertama adalah SSD 2,5 inch ini. ini merupakan SSD yang mempunyai ketebalan mencapai 2,5 inch.

Dengan ukurannya itulah, maka pengguna akan mudah dalam memasukkan SSD ini ke perangkat laptop maupun desktop.

Buat anda yang ingin memasukkannya ke dalam laptop, anda wajib memperhatikan laptop anda. tidak semua jenis laptop cocok untuk jenis SSD ini.

  1. SSD Msata 

Ini adalah versi kecil dari SSD yang ada diatas. SSD mSATA ini sendiri dirancang untuk perangkat portable dimana mempunyai daya yang cukup terbatas. Sebagai contohnya untuk netbook, laptop dan tablet.

Adapun kelebihan yang ditawarkan oleh jenis SSD yang satu ini adalah mempunyai daya yang cukup rendah, memiliki kemampuan shutdown yang lebih cepat hingga tahap terhadap berbagai macam jenis goncangan.

  1. SSD M.2 SATA 

Jenis SSD yang berikutnya adalah SSD M.2 SATA. Untuk jenis SSD ini memang mirip dengan SSD mSATA.

Tetapi yang membedakan adalah fungsi dari SSD yang satu ini. focus dari SSD yang satu ini adalah digunakan untuk media penyimpanan yang mempunyai kinerja yang cukup  tinggi.

selain itu, biasanya banyak diterapkan untuk perangkat tipis seperti laptop ultrabook.

  1. SSD M.2 NvMe

Tipe SSD M.2 NvMe ini merupakan pengembangan lanjutan dari SSD yang sebelumnya.

NvMe sendiri merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express dimana menjadi sebuah standar penyimpanan data untuk bermacam-macam vendor.

Adapun beberapa produsen yang memanfaatkan jenis SSD ini adalah SSamsung, Dell, Intel, Sandisk dan yang lainnya.

Kelebihan dari SSD jenis ini adalah mempunyai performa yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan tipe yang lainnya.

  1. SSD PCIe 

Adapun jenis SSD  yang terakhir adalah SSD PCIe. Ini merupakan SSD yang banyak digunakan untuk tipe interface PCIe.

SSD ini pun menggunakan sistem PCIe dimana memiliki kinerja yang lebih bagus jika dibandingkan dengan SATA dengan basis server.

Tidak hanya itu saja, dengan format spesifikasi yang dirancang oleh SSD inilah maka SSD ini cocok untuk memberikan kecepatan data yang lebih tinggi. Intel menjadi salah satu vendor yang sudah menggunakan teknologi SSD PCIe ini.

Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Sesuai dengan pengertian SSD, pasti anda sudah mengetahui apabila SSD yang satu ini mempunyai performa yang cukup bagus dibandingkan dengan HDD? Buat anda yang penasaran dengan apa saja keunggulan SSD dibandingkan HDD, berikut ini ulasannya.

  1. Ukuran dan berat 

Tidak bisa dipungkiri apabila material yang digunakan pada HDD mempunyai massa yang tergolong berat.

Hal ini tidak lain karena material yang digunakan tersebut antara lain adalah platter, head dan yang lainnya. Tentu saja, ini akan sangat berpengaruh pada berat maupun ukuran HDD yang cenderung lebih besar.

Berbeda dengan SSD dimana sudah tidak menggunakan piringan cakram sehingga akan membuat ukuran dari SSD ini hanya 2,5 inci saja.

Dengan ukuran tersebut, maka SSD tentu akan jauh lebih mudah beradaptasi pada laptop dengan ukuran yang lebih singkat dan tipis.

  1. Kecepatan baca dan tulis data 

SSD sendiri merupakan perkembangan dari teknologi HDD. Sudah pasti jika ssd menawarkan segudang keunggulan dibandingkan dengan HDD bukan.

berbicara mengenai kecepatan data dari SSD ternyata mencapai 8 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.

Tidak hanya itu saja, laptop yang sudah menggunakan SSD pun hanya membutuhkan hitungan beberapa detik saja untuk melewati proses booting.

Tentu saja, ini akan mempengaruhi anda agar lebih cepat dalam menggunakan laptop anda tersebut.

  1. Komponen dan prinsip kerja 

SSD memanfaatkan komponen elektronik seperti integrated circuit atau IC serta Microchip.

Dimana sistem kerja ini tentu hampir mirip dengan flashdisk ataupun memori RAM. Ini jelas berbeda dengan komponen dan prinsip kerja yang dimiliki oleh HDD.

Dimana pada HDD sendiri terdiri dari komponen piringan, lengan dan motor yang saling terhubung.

Tidak hanya itu saja, proses penulisan dan pembacaan data pun tergolong masih menggunakan sistem mekanik.

  1. Hemat daya listrik 

Adapun keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh SSD adalah lebih hemat daya listrik dan ramah terhadap penggunaan.

Sebagai contohnya, HDD akan membutuhkan lebih dari 10 watt. Sedangkan untuk SSD sendiri tidak lebih dari 1 watt saja.

Selain itu, laptop anda juga akan cenderung panas jika menggunakan HDD. Berbeda dengan SSD dimana suhu jauh lebih terjaga dengan baik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai macam jenis penyimpanan pun digunakan untuk perangkat komputer dan laptop seperti hadirnya ssd ini.

Demikian pengertian SSD dan jenis-jenisnya yang wajib anda ketahui.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *