Mengapa Big Data sangat bermanfaat sekaligus berbahaya.

Mengapa Big Data sangat bermanfaat sekaligus berbahaya.

Posted on 7 views

kali saya akan sharing tentang apa itu big data dan mengapa big data sangat bermanfaat sekaligus berbahaya ketika digunakan oleh pihak-pihak yang tidak tepat.

kalau kita bicara masalah big data pasti tidak akan terlepas dari data itu sendiri.mungkin anda sudah paham tentang apa itu data.dan supaya mudah memahai tentang apa itu big data saya akan memberikan beberapa contoh yang bisa kita amati dalam kehidupan sehari-sehari kita.

saat ini pasti hampir semua orang yang mempunyai smartphone mengetahui media sosial.dan yang paling sering digunakan saat ini adalah media sosial punyanya mark zuckerberg.yaitu media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, kemudian media sosial lain yang terkenal adalah punyanya google yaitu youtube.

facebook misalnya, merupakan salah media sosial yang pengguanya sangat banyak di indonesia yaitu sekitar 130 juta pengguna aktif di indonesia.

stastistik facebooksumber dari google image

media sosial seperti facebook, instagram dan whatsapp menggunakan big data untuk mengolah semua data penggunanya.manfaat dari big data ini bisa mengetahui behaviour para pengguna facebook.

pernahkan anda diberanda anda tiba-tiba muncul iklan, padahal anda tidak pernah mencari produk seperti itu?.itu merupakan salah satu manfaat dari big data.dari mana facebook tahu bahwa anda menginginkan produk tersebut?.

walaupun anda tidak pernah mencari difacebook bisa saja anda pernah melakukan chat di whatsapp mengenai produk itu atau bisa saja anda pernah mencarinya di instagram.jadi whatsapp dan instagram punyanya facebook juga, maka mereka bisa tahu tenteng perilaku anda dari media sosial yang anda gunakan.

kalau anda pernah iklan di facebook pasti anda sudah tahu yang namanya audience insight.disitu kita bisa mencari orang yang kita inginkan misalnya dari negara mana, kemudian usianya berapa, jenis kelaminya apa, kemudian kesukaanya apa, gadget yang digunakan apa, dll.data-data itu semua adalah peran dari BIG DATA.

jadi Big Data adalah informasi yang jumlahnya sangat besar yang disimpan didalam database.gambar berikut ini adalah salah satu contohnya :

big data

dengan adanya Big Data facebook menyediakan informasi yang saya butuhkan berdasarkan gambar diatas saya mencari informasi tentang orang yang lokasinya di jakarta indonesia kemudian berumur 18-30 tahun dengan status sudah menikah dan mempunyai anak 1 tahunan.

kmudian output yang saya dapatkan adalah saya bisa mengetahui data demografi kemudian data page like lokasi dan aktifitas yang sering dilakukan.

untuk mendapatkan data-data diatas perusahaan rela membakar uang yang jumlahnya hanya untuk mendapatkan data-data seperti itu.misalnya saja banyak start yang memberikan diskon besar-besar, tujuan utama sebenarnya adalah untuk mendapatkan data.karena setelah mendapatkan data mereka bisa menganalisa data-data tersebut kemudian bisa dimanfaatkan untuk bisnis mereka.

contoh diatas adalah salah satu manfaat dari adanya big data.selain banyak manfaat yang didapatkan big data juga sangat berbaya jika disalahgunakan.misalnya saja bisa mengetahui kekuatan sebuah negara tanpa harus mengerimkan mata-mata ke negara tersebut, contoh aja seperti facebook sudah tahu perilaku orang-orang di indonesia itu seperti apa, sukanya apa, yang sering dibicarakan apa, dll.

pernahkah anda tahu ketika  anda mau pergi ke suatu tempat, kumudian anda membuka aplikasi google map, kemudian di rute yang anda pilih anda bisa mengetahui daerah mana saja yang lalu lintas macet, kemudian daerah tertentu lalu lintasnya lacar?.

peristiwa diatas adalah menggunakan big data juga.jadi gps di smartphone anda walaupun tidak dinyalan bisa mengiriman data lokasi ke server google, kemudian data-data tersebut digunakan untuk google untuk memberikan informasi kepada pengguna aplikasi mereka dalam hal ini misalnya google map.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat,dan di era ini data adalah hal utama yang dicari, karena dengan data kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan.Big data merupakan salah satu solusinya dan siapa saja yang mengusasi teknologi ini mereka bisa memanfaatkan data-data tersebut sesuai dengan keinginan mereka.jika big data ini digunakan unutk kepentingkan yang baik maka akan memberikan kemudian untuk melakukan suatu analisa, dan sangat bisa berbahaya ketika data-data ini disalah gunakan.