Komputer

Apa sih Untungnya mempunyai website???

Berdasarkan judul diatas pasti ada yang mempunyai jawaban untungnya bisa sangat banyak sekali ada juga jawaban emangnya bisa untung kalau mempunya sebuah website.

Ok saya akan membahasnya satu persatu dulu.yang pertama ketika anda membaca judul diatas dan jawaban anda emang bisa untung?.maka artikel ini sangat cocok untuk anda baca sampai habis.

Jika anda sudah tahu jawabannya website itu banyak manfaatnya, maka anda bisa skip untuk membaca tulisan ini.ok kita mulai pembahasannya..

Sebelum kita membahas apan untungnya mempunyai website?..kita bahas dulu apa itu website beserta fungsinya

Apa itu Website ?

Website adalah salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai informasi kepada setiap orang yang membuka aplikasi tersebut melalui browser atau aplikasi lainya.

Website ini nanti juga bisa dibagi-bagi lagi berdasarkan kegunaan, platform, Bahasa pemrograman,dll.kita bahas dulu website berdasarkan platformnya.

Platform website.

Ketika kita bicara tentang sebuah website pasti tidak terlepas juga kita akan membicarakan kira-kira website tersebut menggunakan platform apa?.

Seperti yang sudah banyak kita ketika sebenarnya membuat website saat ini sangatlah mudah untuk dilakukan, bahkan seseorang yang tidak mempunyai basic teknik informatika pun sekarang bisa melakukannya.

Kalau dulu mungkin membuat website ini di identikan dengan pemrograman yang rumit dan tidak setiap orang bisa melakukanya.tapi sekarang siapun bisa membuat website bahkan orang yang gaptek teknologipun bisa membuatnya.

Platform website ini kalau menurut saya ada 3 yaitu native , framework , dan Content Management System (CMS).

Apa itu native website?

Ketika kita mau membuat website native ini hal utama yang harus dilakukan adalah kita harus menguasai sebuah pemrograman seperti java, php, asp, python,dll.

Selain Bahasa pemrograman kita dituntut juga untuk menguasai HTML dan pendung lainya seperti CSS, Java Script, dll.

Jadi tidak semua orang bisa membuatnya karena ya itu tadi anda bisa menguasi skill programing serta factor pendukung lainya.

Apa itu Framework?

Ini sebenarnya hampir sama dengan website native, biasanya kalau yang bekerjanya secara tim lebih enak menggunakan website berbasis framework.

Kenapa kok menggunakan framework ini lebih enak? Ya kerena itu tadi berhubung kita kerjanya tim menggunakan framework ini sudah support konsep model view controller.

Di system framework ini strukturnya sangat jelas karena setiap proses dibagi-bagi menjadi beberapa folder, seperti folder yang khusus menyimpan koding, ada folder yang khusus menyimpan koneksi table dan database, ada folder yang khusus menyimpan view atau tampilkan dari UI.Jadi untuk dokumentasinya lebih mudah.contoh framework yang sering digunakan adalah codeigniter, laravel, dll.

Content Management System (CMS)

Bagi orang awam dan tidak mempunyai background dari IT, saya menyerankan menggunakan CMS ini ketika mau membuat sebuah website.

Membuat website menggunakan plaform CMS ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun bahkan yang gaptek sekalipun.

CMS ini mudah karena kita tidak perlu memprogram, jadi kita tinggal drag and drop atau klik sana klik sini website sudah jadi.

Bahkan banyak juga perusahaan-perusahaan besar websitenya juga menggunakan CMS.kemudahan lain dari CMS ini adalah adanya plugin-plugin yang bisa kita manfaatkan.contoh dari website CMS bisa menggunakan wordpress atau blogspot.

Pemrograman Website

Setelah kita membahas tentang platform website, maka saya akan membahas website dari segi Bahasa pemrograman.untuk Bahasa pemrograman website ini sebenarnya sangat banyak juga tapi setahu saya yang banyak digunakan saat ini adalah : PHP, JAVA, ASP, Python, dll.

Untuk Bahasa pemrograman dalam membuat website ini insya alloh saya akan membahasnya dilain kesempatan.

Apa untungnya mempunyai sebuah website??

Untungnya mempunyai sebuah website sangat banyak banget, apalagi diera digital saat ini.website ini bisa digunakan untuk apa saja baik digunakan oleh perorangan ataupun perusahaan.

Beberapa diantaranya website ini biasanya digunakan untuk personal branding, digital marketing, Toko online, Blogging, dan banyak lagi yang lainya.

Kita bahas satu persatu dulu ya.

Website untuk personal

Kalau untuk personal sebenarnya penting tidak kita mempunyai sebuah website?..kalau ini yang ditanya saya.Saya akan menjawab sangat penting sekali.kenapa sangat penting?

Yang pertama ketika kita mempunyai website maka kita bisa berbagi informasi kepada orang lain yang kedua sudah tahu belum website itu bisa menghasilkan uang.bahkan mempunyai website seperti kita mempunyai suatu asset yang berharga.

Contoh kasus saja ya..misalnya aj kita mempunyai website yang difungsikan sebagai blog.blog ini adalah salah satu website dimana konten-kontennya berisi informasi-informasi.

Ketika kita mempunyai sebuah website / blog dan pengunjungnya sudah banyak, maka blog ini bisa kita monotize sehingga bisa menghasilkan uang.blog inipun dibagi lagi menjadi 2 tipe kalau menurut saya, yang pertama blog natural dan blog AGC

Apa itu blog natural dan blog AGC

Blog natural adalah blog yang konten-konten yang ada didalamnya ditulis secara natural.maksudnya natural disini adalah blog ini memang ditulis oleh manusia.

Blog AGC adalah blog yang konten-konten yang ada didalamnya dibuat oleh mesin.jadi blog AGC ini konten-kotennya dibuat oleh bot atau mesin.

Trus pilih yang mana?.kalau saya pilih dua-duanya, kerena semua bisa menghasilkan income.tapi…kalau untuk jangka panjang pasti saya akan memilih blog yang natural.ini ada salah satu contoh dari web AGC yang menghasilkan income tiap bulannya.

Website yang digunakan untuk Penjualan

Ketika kita akan membuat website yang fungsinya untuk penjualan kita bisa juga menggunakan CMS.keuntunganya adalah proses pembuatannya sangat mudah.oia perlu diingat juga treatment ketika membuat website untuk blog dan penjualan pastinya berbeda juga.

Ok mungkin itu dulu ya untuk sharingnya, nanti selanjutnya akan saya buatkan tutorial-tutorial lainya dalam hal website ini.

Tutorial Lainya :

  1. Cara membuat blog gratisan
  2. Cara membuat blog berbayar
  3. Cara membuat toko online
  4. Cara membuat web untuk perusahaan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
error: Content is protected !!