pengertian internet

Pengertian internet dan intranet beserta manfaatnya

Posted on

Perkembangan internet diera sekarang sangat luar biasa, apalagi sejak munculnya smartphone.ketika dulu internet hanya orang orang tertentu saja yang menggunakan,tetapi sekarang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sudah melek internet.

tapi sebarnya asal mula internet itu seperti apa sih, trus bagaimana kok kita bisa mengakses informasi apapun ketika terhubung ke internet.

Pengertian Internet.

sejarah internet ini dimulai tahun 1969 pada waktu itu ARPAnet menciptakan suatu jaringan komputer yang tujuan utamanya adalah untuk kepentingan riset dikampus.jaringan ini digunakan oleh peneliti untuk berkomunikasi dengan peneliti lainnya dalam satu jaringan yg terintegrasi.

ketika awal dibuat internet sifatnya ekslusif tetapi dengan perkembanganya sekarang internet sifatnya public dan jaringan yg sifatnya eksklusif adalah intranet.

karena internet bersifat jaringan publik maka kita bisa mencari dan mengakses informasi yang ada diseluruh dunia.supaya jaringan jaringan yang ada di seluruh dunia ini bisa berkomunikasi dan bertukar informasi, maka dibutuhkanlah standar komunikasi yang namanya tcp/ip.jadi setiap jaringan yg ada dimana pun harus mengikuti standart ini.apa sih tcp/ip itu?.analogi mudahnya adalah seperti ini.ketika kita kuliah diluar negeri pasti mahasiswa-mahasiswanya bisa berasal dari berbagai negara.supaya terjadi komunikasi diantara mereka maka dibutuhkanlah bahasa standart yaitu bahasa inggris.

berikut ini adalah aplikasi yang sering digunakan oleh user ketika terkoneksi dengan internet:

  • Email : saat ini email merupakan sarana yang sering digunakan untuk korespondesi baik untuk urusan pribadi atau untuk perusahaan.
  • Aplikasi chat: kalau zaman dahulu IRC (internet Relay chat) sangat terkenal, tetapi sekarang aplikasi chat yang banyak digunakan adalah whatsapp
  • Sosial media : ini merupakan aplikasi yang lagi hit hitnya saat ini, bahkan sekarang media tv tidak seperkasa dulu lagi dengan munculnya media sosial seperti youtube facebook, instagram,dll.
  • Website : web atau blog pasti membutuhkan internet.dengan adanya internet maka sangat mempermudah kita dalam mencari informasi yang kita inginkan, apalagi dengan adanya mesin pencari seperti google.apapun yang kita tulisankan dimesin pencari tersebut pasti akan keluar jawaban yang kita butuhkan.

ketika kita berselancar di dunia maya kita pasti mebutuhkan browser.saat ini ada 3 browser yang sering digunakan ketika kita mengakses sebuah website. ketiga browser tersebut adalah chrome, internet explorer, dan firefox.

Pengertian Intranet

Intranet adalah jaringan private yang biasanya digunakan oleh institusi atau perusahaan untuk sharing informasi dan data antar pengguna yang ada di institusi tersebut.intranet ini juga bisa digunakan untuk memfasilitasi pertukaran data sdan bisa digunakan juga untuk konferensi jarak jauh.

dengan adanya intranet ini bisa meningkatkan kinerja dan komunikasi didalam sebuah organisasi, karena mempermudah pegawai/ karyawan untuk mengakses informasi penting melalui jaringan komputer yang terintegrasi dan untuk mengatasi masalah keamanan data, maka bisa dibuat single database sehingga bisa merecord siapa saja yang mengakses informasi yang ada di dalam jaringan.

berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan jaringa intranet :

  • mengefektifkan waktu kerja / aktivitas daily karena sudah terkoneksi ke jaringan
  • membuat data center yang menyimpan semua data yang ada di institusi.
  • membuat pekerjaan secara tim menjadi mudah, karena informasi bisa diakses oleh semua pengguna
  • dengan adanya file server akan memudahkan sistem file berdasarkan direktori yang diingkan.
  • memberikan akses yang mudah dan cepat ketika membutuhkan data-data institusi.

Bagaimana intranet bekerja

ketika menginginkan sebuah jaringan internet yang aman dan handal pasti membutuhkan resource yang baik juga, dan salah satu resource yang kita butuhkan adalah sebuah server yang handal.fungsi dari server ini adalah melayani semua data yang tersimpan di komputer ini.

hal yang perlu diperharikan juga selain server ini adalah tentang CMS ( cotent management system).pemilihan CMS ini sangat penting karena ini merupakan interface yang langsung diakes oleh user.

intranet ini juga bisa terdiri dari beberap jaringan lokal yang saling terintegrasi.intranet ini menggunakan TCP/IP sebagai media protokolnya untuk berkomunikasi dengan jaringan satu dengan jaringan yang lain.dan yang perlu diperhatikan juga desain dari jaringan serta penentuan netmasknya dan sistem routingnya.

untuk alasan keamanan, seseorang yang mau mengakses jaringan intranet harus menggunakan username dan password.dan yang perlu diperhatikan juga adalah ketika jaringan intranet ini nantinya diakses dari luar.

supaya keamanan data yang ada di intranet aman, semua pengguna yang mengakses data dari luar harus menggunakan VPN ( virtual private network).

firewall juga sangat diperlukan ketika kita mau membangun sebuah jaringa intranet.firewall disini ada dua jenis yaitu firewall dari sisi software atau firewall dari sisi hardware.pertanyaannya adalah pilih firewall sofware / hardware?

jawabanya adalah tergantung kebutuhan anda serta kondisi jaringan yang anda punya.karena fungsinya sebagai perisasi dari intruder yang ada di luar maupun yang ada didalam.

makanya supaya jaringan kita aman, maka kita memasang firewall ini di sisi luar dan disisi dalam.tujuanya adalah ketika ada serangan dari luar maka paling ga kita mempunyai pertahanan begitupun jika ada serangan dari dalam.

demikian sekilas sharing tentang pengertian internet dan intranet, semoga bisa bermanfaat.