Cara Menjadi Hacker

Cara Menjadi Hacker Handal Bagi Pemula

Posted on

Sebagian besar orang akan sangat bangga ketika mereka menjadi seorang hacker.

Karena menjadi seorang hacker bisa menerobos masuk ke dalam sistem komputer dengan cara menggunakan bahan pemrograman yang kebanyakan orang menganggap ini sangat sulit untuk dilakukan.

Namun apakah anda berminat menjadi seorang hacker?

Hacker adalah seseorang yang sangat mungkin melakukan proses hacking atau peretasan pada satu sistem.

Seorang hacker bisa memasuki sistem dengan sangat mudah dan dengan cara menerobos dan kemudian menganalisis dan memodifikasi suatu sistem tanpa mereka mengetahui identitas pelaku.

Seorang hacker pasti memiliki keahlian yang lebih dalam hal pemrograman sehingga bisa menganalisis suatu website atau sistem untuk bisa memperbaiki atau mengatasi sisi lemah dari suatu website.

Dan sebenarnya dalam dunia hacker kita akan mendengar istilah White Hat dan Black Hat.

Ini adalah julukan yang digunakan untuk hacker yang baik dan tidak baik. White Hat adalah hacker bertopi putih dimana dalam artian ini adalah hacker yang menggunakan keahlian untuk kebaikan dan dengan tujuan untuk mengamankan suatu sistem, memperbaiki sisi lemah suatu website dan juga memperkuat sistem pertahanan dari suatu website.

Sedangkan Black Hat sendiri adalah hacker bertopi hitam yang menggunakan keahliannya untuk kejahatan misalnya adalah untuk membobol kartu kredit, masuk ke dalam sistem dengan tujuan mencuri dan melakukan kejahatan lainnya.

Tips menjadi seorang hacker profesional

Untuk menjadi seorang Hacker yang handal, anda bisa menguasai beberapa hal diantaranya adalah :

  • Pelajari Kode Programing

Kode Programing merupakan satu hal item yang sangat wajib untuk anda pelajari jika anda ingin menjadi seorang Hacker.

Anda diharuskan untuk mengenal, memahami dan menghasil setidaknya beberapa bahasa pemrograman dalam bentuk kode.

Bahan pemrograman bisa anda pelajari dengan cara mendalami beberapa bahasa pemrograman mulai dari PHP, Javascript,C++ dan lain sebagainya.

Selain itu, hacker juga setidaknya harus paham HTML dan CSS untuk bisa menguasai dan memahami dasar struktur dalam dunia website.

Untuk mempelajari ini anda bisa mencari beberapa tutorial di google dan sudah sangat lengkap sekali, untuk itu tidak perlu khawatir ada bahasa pemrograman yang terlewatkan untuk anda pelajari, namun mempelajari bahasa pemrograman memang tidak mudah.

Seseorang bisa menguasai jika dilakukan mereka melakukannya secara serius dan memiliki semangat yang tinggi.

  • Kuasai Software

Software adalah perangkat lunak dimana memiliki peran yang sangat penting untuk anda yang memang berniat untuk belajar dalam dunia pemrograman.

Seorang hacker juga harus tahu bagaimana cara untuk memperbaiki sistem yang mengalami gangguan dan bisa memberikan solusi serta tentu saja harus bisa memperbaikinya.

Ada beberapa perangkat lunak yang harus anda pelajari jika anda ingin menjadi seorang hacker. Diantaranya adalah Linux, Windows, FreeBSD, dan lainnya.

Sebenarnya di internet juga sudah tersedia ada banyak sekali materi perangkat lunak yang bisa anda pelajari sehingga tentu saja ini akan sangat mempermudah anda dalam mempelajari software.

Disarankan juga untuk anda memahami perintah yang digunakan dalam CMD Windows karena ini adalah hal yang sangat dasar untuk anda pahami sebagai seorang hacker.

Setidaknya anda sudah memahami penggunaan aplikasi mulai dari wireshark dan lainnya.

Dengan memahami cara penggunaan ini maka setidaknya anda sudah memiliki pengetahuan untuk bisa menghindari serangan dari hacker lainnya.

Namun yang harus anda ingat jangan menggunakan ilmu ini untuk melakukan tindak kejahatan atau merugikan orang lain.

  • Jaringan dalam Sistem Komputer

Jaringan adalah satu hal yang sangat penting untuk anda pelajari. Mempelajari jaringan dalam sistem komputer sangat berguna untuk mempermudah anda dalam mengkonfigurasikan suatu jaringan sehingga bisa dengan sangat lancar untuk anda mengubah alamat dari IP dan masuk ke HTTP dan masih banyak kemudahan lainnya.

Nah untuk bisa menjadi seorang hacker juga anda harus bisa mempelajari jaringan mulai dari HTTP, IP/TCP, FTPs dan masih banyak lainnya.

  • Memahami Hardware Computer

Hardware adalah salah satu perangkat keras yang memang sangat rentan sekali mengalami kerusakan.

Dengan memahami hardware maka setidaknya anda bisa memperbaiki kerusakan ketikan terjadi. Setidaknya anda bisa memperbaiki komputer pribadi anda ketika mengalami masalah tanpa harus ke tukang service.

Sebagian besar orang mengira hacker tidak harus mempelajari masalah hardware, namun pada kenyataannya ini sangat penting.

Hardware memang harus dipelajari karena jika mengalami kerusakan yang sepele sekalipun misalnya disebabkan karena serangan dari virus hacker lain tentu saja ini akan sangat memalukan,

karena ada kemungkinan ini juga akan merusakan hardware komputer anda.

Nah itulah mengapa tak jarang ada beberapa hacker harus melakukan modifikasi dari hardware mereka sehingga mereka bisa mendapatkan fasilitas proses peretasan dengan lebih mudah.

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang hacker?

Jika anda memang tertarik untuk belajar menjadi hacker sebenarnya ada dua cara yang bisa anda lakukan.

Melakukan pendidikan formal atau secara otodidak. Anda bisa memilih yang mana yang paling cocok untuk anda sehingga tentu saja ini akan sangat memudahkan pembelajaran anda.

  • Mengikuti Pendidikan Formal

Jika dilihat untuk bisa hacking anda bisa belajar dengan melakukan pendidikan formal.

Materi yang akan anda dapatkan juga akan sangat lebih banyak. Sangat direkomendasikan melakukan pendidikan formal untuk bisa mendapatkan pengajaran yang terbaik.

Kelebihan lainnya adalah anda bisa mendapatkan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan yang anda harapkan. Karena setiap akan melakukan praktik maka stimulasinya juga sudah disiapkan.

Namun tentu saja ini harus kembali ke kemauan diri sendiri. Sekalipun anda sudah mengikuti pendidikan formal namun jika anda ingin mendapatkan ilmu dan menguasainya tentu saja anda harus terus belajar hal baru tanpa hanya mengandalkan pendidikan formal. Karena ini penting untuk mengembangkan kemampuan anda.

  • Pembelajaran Non Formal

Sedangkan untuk pembelajaran nono formal sebenarnya sangat mungkin bisa anda dapatkan secara gratis dengan mengikuti suatu komunitas hacking dan kemudian anda bisa bergabung dengan grup yang membahas seputar dunia hacking.

Materi yang diberikan juga tidak akan berbeda dari pendidikan formal. Bahkan ilmu yang bisa anda dapatkan juga bisa didapatkan secara gratis dengan menggunakan layanan internet.

Hanya saja untuk belajar sendiri ini tentu saja diperlukan stimulasi. Karena pembelajarannya harus anda lakukan sendiri tanpa ada pendampingan.

Namun walaupun demikian, ada banyak sekali hacker hebat yang bisa belajar dengan cara pendidikan non formal atau secara otodidak dengan ilmu dari internet.

Mereka melakukannya dengan sangat tekun dan konsisten dalam hal praktek hasilnya mereka bisa menjadi hacker dengan baik.

Nah untuk anda yang memang ingin terjun menjadi seorang hacker, setidaknya beberapa hal di atas bisa menjadi dasar anda untuk memilikinya.

Dengan melatih diri dan memahami hal apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya setidaknya anda sudah memahami trik mudah menjadi seorang hacker yang handal.

 

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *