4 kesalahan dan cara mengatasinya komputer atau laptop yg lambat

4 kesalahan dan cara mengatasinya komputer atau laptop yg lambat

Posted on 21 views

pernahkah anda mengalami computer atau laptop anda menjadi lambat?.apalagi  ketika anda sedang mengerjakan tugas atau perkerjaan.

Sebenarnya computer atau laptop menjadi lambat karena berbabagai masalah, misalnya saja  kebiasaany anda menggunakan computer merupakan salah satu sebab juga berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan computer atau laptop menjadi lambat:

Apakah anda sering membuka banyak aplikasi dalam computer anda?..jika iya maka itu adalah salah satu penyebabnya.

Seiring bertambahnya waktu ketika kita menginstal banyak program atau aplikasi itu juga bisa menyebabkan computer anda melambat juga.sebenarnya masalah terbesarnya adalah ketika menginstal program atau aplikasi tetapi program tersebut berjalan otomatis dibelakang layar ( program dijalankan otomatis, walaupun kita tidak menjalankan)

Jika aplikasi ini berjalan di belakang layar otomatis akan memakan  RAM computer anda, untuk mengatasi masalah ini perhatikan ketika mau menginstall aplikasi atau program baru, jangan di centak jika program meminta untuk menjalankan program secara otomatis, biasanya terjadi ketika kita menyalakan computer.tetapi jika sudah terlanjur masih bisa diatasi juga sebenarnya.

Jadi anda bisa mengetahui apa saja program apa saja yang sedang berjalan dibelakang layar dengan cara melihat system tray.cara memunculkan system tray adalah dengan tekan ctrl+alt+del kemudian pilih task manager, tampilan task managernya adalah seperti berikut ini

task manager

berdasarkan gambar diatas kita berada di tab startup, bagi anda yang masih di tab processes, silahkan klik tab startup. berdasarkan gambar diatas muncul list program yang sedang berjalan di belakang layar seperti: free download manager, skype, MS onedrive,dll

untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar sangat mudah. Anda tinggal klik kanan aplikasi tersebut kemudian klik disabled.

  • jarang reboot komputer atau laptop

mungkin ada beberapa orang ketika melakukan rebooting pada pc ketika ada masalah saja.padahal ketika rutin melakukanya memberikan dampak  yang baik terhadap performa komputer atau laptop kita.

dan yang lebih parah lagi banyak juga yang jarang mematikan atau menshutdown komputer atau laptop.banyak yang juga ketika menggunakan laptop mereka langsung menutupnya saja.kebiasaanya ini juga bisa mengakibatkan performa dari komputer menurun.

kira-kira apa sih tujuan utama melakukan restart pada komputer atau laptop?. yaitu untuk membersihkan cache yang ada di RAM, karena sifat RAM yang menyimpan data sementara, maka dengan kita merestart komputer, data yang ada di RAM akan dibersihkan.apalagi ketika program yang kita jalankan memakan RAM yang banyak, maka solusi utamanya adalah restart.

apalagi ketika anda menggunakan sistem operasi windows, semakin lama kita menggunakan bisa saja bug yang ada di OS semakin banyak, makanya pada proses restart secara otomatis windows akan menginstall patch untuk mengatasi bug pada sistem operasinya.

atau kalau anda yang mempunyai kebiasaan jarang mematikan komputer,maka otomatis windows akan melakukan instalasi karena alasan keamanan.

sebenarnya tidak harus juga melakukan restart komputer atau laptop setiap malam, anda bisa melakukan beberapa kali dalam setiap minggu atau anda juga bisa  menggunakan fasilitas sleep atau hibernate ketika anda butuh waktu yang cepat untuk melanjutkan perkerjaan dikomputer yang tertunda.

  • Salah klik

hal penting yang harus anda perhatikan juga jike tekoneksi ke internet, jangan mudah untuk klik aplikasi.biasanya jenis aplikasi ini sering muncul di browser kita dalam bentuk popup atau halaman web.

salah klik

biasanya popup ini muncul ketika anda mau mendownload sesuatu , misalnya saja : download software, download film,dll

sebenarnya ga semua popup ini berbahaya misalnya pop iklan tidak akan mempengaruhi performa dari PC kecuali kelau berjalan dibelakang layar sudah  berbeda ceritanya.

yang perlu di waspadai adalah malware.malware ini bisa masuk didalam sistem anda. malware ini biasanya membuat sistem komputer kita jadi lambat dan biasaya bisa juga memasang spyware di sistem kita.

  • tidak pernah melakukan perawat pada PC

segala sesuatu jika tidak pernah dirawat pasti kondisinya tidak akan baik, termasuk komputer.dibandingkan windows-windows sebelumnya windows 10 adalah sistem operasi yang paling baik untuk hal bisa melakukan perbaikan sendiri terhadap sistemnya.

tapi yang namanya otomatis tidak akan sesempuran kalau melakukannya secara manual.bagi anda yang mengguakan windows 10 bisa menggunakan tool cleanup temporary files.

diwindows itu sistem ketika kita menjalankan program atau aplikasi, maka secara otomatis sistem operasi akan membuat file temporary, dan ini normal saja karena setiap sistem operasi seperti itu,tetapi kalau file-file menumpuk disistem makan akan mempengaruhi sistem kita juga.

cara mengatasinya silahkan tulis disk cleanup di kolom search spt dibawah ini

setelah itu silahkan klik disk cleanup hingga muncul tampilan seperti dibawah ini :

disk cleanup lanjutan

kemudian silahkan centang mana file yang mau dibersihkan, setelah itu silahkan klik ok.

cara lainya adalah dengan melakukan scan

walaupun komputer atau laptop anda sudah mempunyai aplikasi antivirus tidak ada salahnya anda menggunakan opsi lainya atau aplikasi lainya seperti antimalware, dll.

selain itu kalau kita menggunakan sistem operai windows, kita juga bisa menggunakan perintah command chkdsk.perintah ini digunakan untuk melakukan scan terhadap hardisk kita fungsi utama dari command ini adalah memperbaiki hardisk kita dari bad sector.

perintah command yang lain ada sfc.perintah ini hampir sama fungsinya dengan perintah command chkdsk, cuma kalau sfc ini digunakan untuk memperbaiki file sistem windows yang corrupt.

cara selanjutnya bisa dengan install update

langkahnya adalah silahkan buka control panel kemudian cari icon security and mantenance, kemudian ikuti petunjuk yang ada disana.