energi panas bumi1

Apa itu energi panas bumi

Posted on 8 views

Energi panas bumi mengacu pada energi panas yang tersimpan di bawah tanah selama jutaan tahun melalui pembentukan bumi. energi panas ini selama ini belum dimanfaatkan dan digunakan  dan energi panas ini letaknya ada di bawah kerak bumi.

Energi panas bumi berada pada lokasi spesifik, tetapi bisa sangat murah terutama bila digunakan untuk pemanasan langsung. Merupakan tantangannya saat ini bagaimana kita bisa mengetahui kira-kira berapa daya yang terkandung dari sumber ini karena lokasinya jauh  di bawah tanah pada suhu yang sangat tinggi.

Kerak bumi memiliki energi panas (panas) yang sangat besar yang tersimpan selama jutaan tahun. Ada perbedaan suhu yang sangat besar antara kerak bumi dan permukaan. Perbedaan suhu dikenal sebagai gradien panas bumi. Energi ini cukup untuk melelehkan batu. Batuan cair, yang disebut magma, kadang-kadang meletus melalui retakan di permukaan bumi sebagai gunung berapi. Energi panas bumi dikonversi untuk menghasilkan listrik.

energi panas bumi

Kehadiran deposit panas bumi dalam bentuk fluida panas bumi adalah pertanda lokasi yang baik. Situs harus memiliki akuifer dangkal untuk memungkinkan injeksi air. Produk panas bumi yang melekat harus sekitar 300o F.

Bagaiaman energi panas bumi yang ada di indoensia?.indonesia merupakan negera no 3 yang mempunyai energi panas bumi yang paling besar.saat ini baru pertamina yang memanfaatkan energi panas bumi.berikut ini adalah videonya

 

Keuntungan Energi Panas Bumi
Keuntungan utamanya adalah :

  • Tidak ada bahan bakar yang dibakar karena panas berasal dari reservoir bawah tanah yang berlimpah. Sumber energi terbarukan dapat mengatasi risiko kehabisan bahan bakar fosil.
  • Tidak memiliki emisi dan menghasilkan 10% karbon dioksida, yang sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah yang dikonsumsi oleh tanaman.
  • Tidak seperti sumber energi terbarukan lainnya (matahari, angin, dan air), itu tidak terpengaruh oleh apakah dan akan selalu tersedia sepanjang tahun.
  • Energi panas bumi relatif lebih murah terutama bila langsung digunakan, misalnya, sebagai sumber panas di rumah kaca.

Satu-satunya kelemahan dari energi panas bumi adalah pelepasan hidrogen sulfida yang baunya seperti telur busuk.

Enhanced geothermal systems (EGS)
Enhanced geothermal systems (EGS) menyuntikkan air pada tekanan tinggi ke dalam batuan yang dalam ini untuk membuka kembali rekahan alami dan memungkinkan air panas atau uap mengalir ke sumur ekstraksi.3 Injeksi terus menerus membuat rekahan ini terbuka dan menyediakan sumber air yang konstan dipanaskan dan diekstraksi untuk produksi listrik.berikut ini adalah video ilustrasinya

 

Ekstraksi Energi

Prinsipnya adalah menggunakan energi panas melalui pemanasan air menjadi uap. Energi panas bumi ini memanfaatkan suhu tinggi di bawah kerak bumi, kemudian Uap panas digunakan untuk memutar turbin yang akan menghasilkan listrik.

dibawah ini dalah diagram gambarnya

ekstrasi energi

Pembangkit listrik uap kering

Pada dasarnya, stasiun uap kering menggunakan uap yang mengalir dari deposit geo untuk memanaskan fluida sekunder yang mengubah turbin untuk menghasilkan listrik. Uap muncul pada suhu hingga 150 derajat, cukup panas untuk memperluas fluida di pembangkit panas bumi. Ini adalah salah satu teknik listrik panas bumi tertua. Perluasan cairan sekunder menghasilkan energi mekanik yang diperlukan untuk memutar turbin untuk menghasilkan listrik.

Flash pembangkit tenaga uap

Air dalam sumur di bawah tekanan tinggi dialirkan ke daerah dengan tekanan lebih rendah. Pergeseran tekanan ini menguapkan uap yang mengeluarkan air pada suhu tinggi. Uap ini dipisahkan dari air dan digunakan untuk memanaskan fluida yang mengubah turbin dalam generator. Pada tekanan ini, gas berada pada suhu yang sangat tinggi.

Pembangkit listrik siklus biner

Memanfaatkan perbedaan titik didih, sebagaimana ditentukan oleh kepadatan, adalah metode terbaru yang digunakan. Cairan dengan titik didih jauh lebih rendah daripada air digunakan dalam sistem. Metode ini menggunakan air pada suhu 58 derajat untuk memanaskan cairan sekunder dari titik didih yang lebih rendah. Air memanaskan fluida dan menyebabkannya menguap, karena titik didih yang lebih rendah, dan memutar turbin untuk menghasilkan listrik.