ipconfig

Apa fungsi command CMD di laptop / Komputer

Posted on 22 views

Pernahkah anda mengalami koneksi internet yang jelek bahkan tidak bisa terkoneksi dengan internet??.mungkin anda sering mengalami hal tersebut ketika berada dikantor atau dirumah sekalipun.

trus apa yang harus dilakukan ketika mengalami masalah seperti diatas.langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi jaringan anda menggunakan kabel atau wireless.kemudian lihat icon koneksi di laptop / komputer anda seperti gambar dibawah ini

icon koneksi internet

berdasarkan gambar diatas anda bisa melihat bahwa terjadi koneksi internet dari laptop/komputer ke jaringan.

Fungsi Pertama untuk cek koneksi jaringan

salah satu fungsi utama dari command cmd adalah untuk melihat laptop / PC kita terkoneksi dengan jaringan atau tidak dan langkah-langkahnya adalah sbb:

  • tekan tombol win+R sampai muncul tampilan seperti berikut ini

cmd koneksi internet

  • kemudian tulis cmd seperti gambar diatas kemudian klik tombol ok hingga muncul gambar seperti berikut ini

command koneksi internet

  • setelah muncul gambar diatas silahkan ketik ping google.com ketika muncul tampilan seperti gambar diatas maka komputer / pc anda terkoneksi dengan internet.
  • berdasarkan gambar diatas komputer anda terkoneksi ke jaringan internet karena ketika diketik ping google.com ada jawaban reply form bla bla.jika jawabannya bukan seperti itu maka dipastikan komputer anda tidak terkoneksi dengan internet.

Fungsi kedua adalah untuk cek ip address

salah satu fungsi lainya dari command CMD adalah untuk melihat berapa no ip dari komputer yang kita gunakan.perintah yang digunakan adalah menggunakan ipconfig dan ipconfig /all.

ketika kita mengetik ipconfig di command maka akan muncul gambar seperti diatas.kita mendapatkan informasi tentang konfigurasi jaringan khususnya tentang internet protokol seperti IP, Subnet Mask dan Netmask.

tetapi ketika menggunakan ipconfig /all maka akan muncul informasi yang lebih lengkap dibandingkan ketika hanya menggunakan ipconfig saja.

Fungsi ketiga adalah untuk trace route

kita bisa mengetahui kita melalui berapa router ketika mengakses web tertentu dengan perintah tracert nama web.langsung saja contohnya seperti gambar dibawah ini:

tracert

berdasarkan gambar diatas bisa kita lihar untuk menuju ke google.co.id melewati 25 hop dari maksimal 30 hop.

selain fungsi-fungsi diatas command CMD bisa digunakan untuk menjalankan suatu program.

demikian beberapa fungsi dari command CMD semoga bisa bermanfaat sharing informasi ini.