Cara Mudah Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Cara Mudah Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Posted on

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Aplikasi bertukar pesan ini sangatlah populer di kalangan pengguna Android maupun iPhone.

WhatsApp memiliki berbagai fitur menarik yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Salah satunya stiker WhatsApp yang bisa membuat chatting lebih hidup.

Fitur stiker di WhatsApp sebenarnya sudah tersedia sejak update versi 2.18.329 untuk Android dan versi 2.18.100 bagi pengguna iPhone.

Sejak saat itu, stiker WhatsApp terus bertambah setiap kali pengguna meng-update WhatsApp ke versi terbaru.

Selain stiker yang disediakan oleh developer, pengguna WhatsApp pun dapat membuat stiker sendiri.

Baik dengan foto pribadi maupun gambar lainnya. Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuat stiker WhatsApp sendiri, simak uraian berikut ini, yuk!

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri di Ponsel Android

Setidaknya kamu butuh aplikasi untuk membuat stiker WhatsApp sendiri. Aplikasi yang biasa digunakan adalah Background Eraser, PicsArt dan Personal stickers for WhatsApp yang bisa kamu unduh secara gratis.

Jika sudah terinstall, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat stiker WhatsApp dengan foto pribadi.

  • Siapkan foto yang akan digunakan untuk membuat stiker

Hal pertama yang harus kamu siapkan untuk membuat stiker WhatsApp sendiri adalah foto.

Kamu bisa menggunakan foto pribadi, foto teman, saudara, dan lain sebagainya. Karena jumlah minimal menambahkan stiker di aplikasi WhatsApp adalah 3 stiker, maka kamu bisa menyiapkan 3 foto atau lebih.

  • Hapus background foto

Supaya tampilan sticker terlihat lebih rapi, hapuslah background foto yang akan kamu gunakan.

Cara menghilangkan background foto bisa dilakukan dengan aplikasi Background Eraser yang dapat didownload secara gratis di PlayStore.

Melalui aplikasi Background Eraser kamu bisa menghapus background foto sesuai dengan kebutuhan.

Apakah akan menghilangkan semuanya atau hanya sebagian. Apabila background foto sudah terhapus, simpanlah hasil editanmu ke dalam format png.

  • Tambahkan kata dengan aplikasi PicsArt

Stiker WhatsApp akan lebih menarik ketika kamu tambahkan dengan kata-kata.

Nah, untuk menambahkan kata pada gambar yang sudah dihapus backgroundnya, kamu bisa menggunakan aplikasi PicsArt.

Cara menambahkan tulisan pada gambar PNG melalui PicsArt sangatlah mudah. Cukup masuk ke dalam aplikasi dan tekan ikon “+”, lalu pilihlah gambar yang sudah dihapus background-nya.

Jika sudah, pilihlah Teks untuk menuliskan kata-kata. Jangan lupa untuk menyimpan gambar jika sudah selesai.

  • Unggah foto yang akan dijadikan stiker WhatsApp

Setelah menghapus background foto, saatnya untuk mengunggah foto yang akan dijadikan stiker WhatsApp.

Kamu bisa mengunggah foto tersebut melalui aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang sebelumnya sudah kamu download.

Untuk menambahkan stiker WhatsApp yang kamu buat, masuklah ke aplikasi WhatsApp dan pilih opsi menambah emoji yang berada di sisi kiri kolom untuk mengetik pesan.

Jika sudah, pilihlah ikon stickers. Nantinya akan muncul tampilan stiker, dan kamu bisa menambahkan foto yang telah dibuat dengan menekan tanda (+) pada bagian pojok kanan atas.

Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Get more stickers untuk menambahkan stiker yang sudah kamu buat.

Aplikasi Personal Sticker for WhatsApp akan terbuka secara otomatis. Lalu, klikk Add untuk menambahkan foto yang telah diedit tadi.

Foto tersebut akan dikemas dalam paket stiker WhatsApp yang siap digunakan untuk menyemarakkan chatting.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri dengan Format GIF

Chatting via WhatsApp tidak sebatas dengan berkirim pesan dalam bentuk tulisan. Kamu bisa menambahkan emoji, stiker, hingga GIF ke dalam pesan untuk membuatnya lebih ekspresif.

Cara membuat stiker WhatsApp sendiri dengan format GIF pun tak kalah mudah dari cara sebelumnya.

Untuk membuat animasi bergerak, kamu butuh aplikasi tambahan, yaitu GIF Edit Maker Video. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di PlayStore.

  • Siapkan foto untuk membuat animasi

Untuk membuat GIF, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu gambar yang akan digunakan.

Jika sudah, bukalah aplikasi GI Edit Maker Vidoe. Pada tampilan awal terdapat pilihan Camcorder, Edit Gif, Photos, Video, Decorate, dan Setting. Dari menu tersebut, pilihlah Photos untuk mulai membuat gambar GIF.

Pilihlah beberapa foto yang akan kamu gunakan. Jangan lupa untuk mengurutkan dari bagian pertama hingga terakhir. Selanjutnya klik panah yang berada di sisi kanan.

  • Edit durasi

Langkah selanjutnya adalah mengedit durasi. Sebelum menentukan durasi, kamu bisa mengedit gambar dengan menambahkan filter, teks, stiker, hingga melakukan cropping untuk menyesuaikan ukuran.

  • Tentukan skala foto

Selain menentukan durasi, kamu juga bisa menentukan skala foto dengan menekan size skala foto pada bagian bawah tombol panah.

Kamu juga bisa mengedit kualitas foto dan aspek dari gambar yang kamu gunakan untuk membuat GIF. Jika sudah, tunggulah ketika layar melakukan abort untuk menyiapkan animasi yang kamu buat.

  • Tahap akhir

Apabila proses pembuatan animasi selesai, layar ponselmu akan menampilkan hasil pekerjaan yang kamu buat.

Kamu bisa meninjau hasilnya terlebih dahulu. Jika kurang sesuai, kamu bisa menghapus dan mengulanginya lagi. Apabila dirasa sudah pas, kamu bisa men-share ke sosial media.

Ketika kamu menekan tombol share akan ada beberapa pilihan. Mulai dari email, bluetooth, gmail, facebook, hingga share ke WhatsApp.

Nah, jika kamu ingin menggunakannya untuk berkirim pesan via wa, maka pilihlan ikon WhatsApp.

Fitur Unggulan Dari WhatsApp

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi populer untuk berkirim pesan. Hal ini tidak lepas dari banyaknya fitur yang bisa dinikmati penggunanya. Kira-kira, apa saja fitur unggulan dari WhatsApp?

WhatsApp memiliki fitur chat grup yang bisa menampung hingga 256 orang. Selain itu,

WhatsApp juga memiliki fitur panggilan suara dan video secara gratis. Bahkan, untuk panggilan video dapat dilakukan dengan lebih dari satu orang secara bersamaan.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah pengguna dapat membagikan dokumen hingga 100 MB, mengirim lokasi GPS, mengirimkan voice note, menarik pesan yang telah dikirim,

hingga dark mode di versi WhatsApp terbaru. Menariknya lagi, WhatsApp menjamin keamanan chat dengan adanya enkripsi end-to-end, serta fitur WhatsApp for business.

Itu tadi cara membuat stiker WhatsApp sendiri dengan mudah. Pada dasarnya membuat stiker sendiri membutuhkan aplikasi tambahan.

Sebab WhatsApp tidak menyediakan fitur pembuatan stiker dalam aplikasinya. WhatsApp hanya menyediakan stiker gratis yang dapat Anda gunakan untuk berkirim pesan.

Nah, setelah mengetahui cara membuat stiker sendiri, kamu bisa menambah koleksi stiker WhatsApp dengan foto pribadi.

Selain membuat stiker sendiri, kamu juga bisa menyalin stiker yang ada di WhatsApp dengan mudah.

Semua aplikasi yang digunakan untuk membuat stiker bisa kamu download secara gratis melalui PlayStore.

Dengan membuat stiker sendiri, kamu akan memiliki stiker yang eksklusif dan personal. Rasakan keseruan berbagi pesan dengan stiker ekspresif buatanmu sendiri. Selamat mencoba.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *