Apa itu Energi Baru Terbarukan

Posted on 7 views

Energi baru terbarukan adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada bentuk energi yang secara alami diperoleh dari lingkungan dan dari sumber yang dapat diisi ulang secara alami. Ini termasuk energi matahari, energi angin, energi panas bumi, tenaga air, dan biomassa.

Istilah energi terbarukan tidak boleh disamakan dengan energi alternatif, yang menggambarkan sumber energi di luar bentuk biasa seperti bensin yang dianggap lebih ramah lingkungan atau kurang berbahaya.

Audience

Tutorial ini bisa digunakan untuk semua pembaca yang mau belejar tentang konsep dasar dari energy terbarukan, sumber energy terbarukan, produk energy terbarukan, dan pemanfaatnya

Prasyarat

Tutorial ini sangat dasar sekali.setiap orang yang masih awam tentang apa itu energy baru terbarukan maka sangat bisa menggunakan tutorial ini

Introduction

Energi terbarukan adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada bentuk energi yang secara alami diperoleh dari lingkungan dan dari sumber yang dapat diisi ulang secara alami. Ini termasuk energi matahari, energi angin, energi panas bumi, tenaga air, dan biomassa.

Istilah energi terbarukan tidak boleh disamakan dengan energi alternatif, yang menggambarkan sumber energi di luar bentuk biasa seperti bensin yang dianggap lebih ramah lingkungan atau kurang berbahaya.

Keuntungan Energi Terbarukan

Keuntungan menggunakan sumber energi terbarukan adalah –

  • Biaya perawatanya sangat murah karena,sedikit kerusakan mekanik
  • Sangat ekonomis dan anggarana lebih sedikit dibandingkan dengan ketika menggunakan energy fosil
  • Sumbernya yang tidak terbatas atau sangat ramah terhadap lingkungan
  • Energi terbarukan ini sumbernya tidak akan habis, oleh karena itu sangat prospek jika kedepanya kita mengembangkanya.

Sumber Energi Matahari

Tutorial ini menjelaskan lima sumber utama energi terbarukan. Setiap sumber akan ditinjau secara singkat, meskipun diskusi terperinci akan diberikan dalam bab-bab berikutnya.

  • Energi matahari – Energi dari Matahari disebut sebagai energi matahari. Energi surya dapat digunakan sebagai solar aktif atau pasif. Solar aktif dikonsumsi langsung dalam kegiatan seperti mengeringkan pakaian dan menghangatkan udara. Teknologi yang berkembang saat ini menyediakan sejumlah cara untuk memanfaatkan sumber daya yang berlimpah ini.
  • Energi panas bumi – Ini mengacu pada energi panas yang tersimpan di bawah tanah selama jutaan tahun melalui pembentukan bumi. Kita sangat kaya juga energy panas bumi ini karena di Indonesia banyak terdapat gunung berapi, Cuma permasalahanya adalah belum banyak yang dikembangkan untuk energy panas bumi ini.
  • Tenaga air – Ini adalah sumber energi terbarukan utama yang digunakan di seluruh dunia saat ini untuk menghasilkan listrik.bahkan di negeri kita ini supply energy nasional terbesar dari tenaga air ini
  • Energi angin – Pada zaman kuno, energi angin digunakan untuk menggerakkan kapal, apalagi kalua kita melihat sejarah nenek moyang kita yang seorang pelaut, pasti mereka menggunakan energy angin dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
  • Energi biomassa – Dalam pembangkit energi, ini mengacu pada limbah tanaman yang digunakan untuk menghasilkan energi melalui pembakaran.Kalau yang berada dipedesaan bisa menggunakan limbah dari kotoran sapi untuk menghasilkan energy ini.

DAFTAR ISI

  1. Energi Matahari
  2. Energi Panas Bumi
  3. Energi Air
  4. Energi Angin
  5. Bio Energi

referensi : http://bit.ly/2HqSqws