Cara Sukses Budidaya Buah Anggur

Cara Sukses Budidaya Buah Anggur –

Posted on 25 views

Cara Sukses Budidaya Buah Anggur – Anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah yang tumbuh dengan cara merambat, pada umumnya menanam anggur dilakukan pada lahan yang tertutup dan diberikan tiang sebagai tempat merambat. Buah anggur sendiri menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer untuk dikonsumsi di Indonesia, pasalnya buah yang satu ini sangat segar dengan rasanya yang manis dan sedikit asam. Tidak hanya itu saja, buah anggur juga sangat kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan.

Buah anggur bisa dinikmati dengan berbagai macam cara mulai dari dimakan begitu saja sebagai buah segar hingga diolah menjadi berbagi makanan dan minuman. Seperti yang Anda ketahui bahwa anggur tergolong sebagai buah yang harganya cukup mahal di Indonesia sehingga tidak heran jika ada banyak orang yang mulai tertarik untuk membudidayakan buah anggur secara intensif agar bisa meraup keuntungan besar. Apabila Anda ingin melakukan budidaya anggur, pada kesempatan ini akan kami ulas cara sukses budidaya buah anggur.

Cara Sukses Budidaya Buah Anggur

  1. Mengolah Lahan

Sebelum melakukan budidaya tanaman buah anggur, maka tentu saja Anda harus mengolah lahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Anda bisa membajak ataupun mencangkul lahan agar tanah menjadi gembur. Anda bisa menstabilkan keasaman tanah dengan melakukan pengapuran, selain itu Anda juga perlu memberikan pupuk kandang atau kompos agar lahan siap untuk digunakan.

  1. Memilih Bibit Tanaman Anggur

Agar mendapatkan hasil panen yang maksimal, tentu saja Anda harus memilih bibit tanaman anggur yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan bibit anggur dengan cara stek dari tanaman induk yang sudah teruji kualitasnya. Setelah itu Anda bisa melakukan penyemaian menggunakan polybag atau pot selama 5 hingga 7 hari, Anda juga harus melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.

  1. Proses Penanaman

Setelah bibit anggur telah disemai, maka kini saatnya Anda melakukan proses penanaman. Anda bisa membuat bedengan setinggi 50 cm dengan lebar 150 cm, setelah itu tanamlah bibit anggur yang sehat dengan jarak tanam 50 cm x 50 cm x 50 cm selain itu Anda juga bisa memberikan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang dengan komposisi 2 bagian tanah dan 1 bagian pupuk kandang.

 

  1. Proses Perawatan

Dalam budidaya tanaman anggur, perawatan menjadi proses yang sangat penting karena akan mempengaruhi hasil panennya nanti. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui apakah ada tanaman anggur yang tidak tumbuh dengan baik, Anda bisa menggantinya dengan tanaman yang sehat. Selain itu Anda juga harus melakukan penyiangan dan juga pemupukan.

  1. Proses Pemanenan

Setelah melakukan perawatan, maka saatnya Anda menikmati hasil jerih payah yang telah Anda lakukan selama ini, buah anggur yang telah siap dipanen memiliki ciri buahnya kenyal, warnanya merata dalam satu tandan, dan buah anggur mudah terlepas dari tandannya. Anda bisa memanen buah anggur pada pagi hari dan memasukkannya ke dalam keranjang yang telah disiapkan.

Sebagai salah satu buah yang harganya mahal, buah anggur mulai banyak dibudidayakan secara intensif oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *