Cara menggunakan virtual terminal di proteus

Posted on

Bagaimana cara menggunakan virtual terminal?.virtual terminal merupakan salah satu tool yang ada di proteus.virtual terminal ini berfungsi untuk mensimulasikan komunikasi serial ketika kita akan membuat projet yang berhubngan dengan module GSM, XBee, GPS, dll.

Apa itu virtual terminal?

virtual terminal adalah salah satu tool yang ada di dalam proteus, fungsinya adalah untuk menampilkan data dari serial port, dan bisa juga digunakan untuk mengirimkan dan menerima data dari port serial / rs232.

sebenarnya di sistem operasi windows ada juga virtual terminal ini khususnya di windows xp yang disebut hyper terminal.tetapi mulai window 7 keatas tool ini sudah tidak ada lagi, oleh karena itu jika anda menggunakan windows 7 keatas maka harus mencari tool sendiri ketika mau mencoba komunikasi serial secara virtual.

Apa itu serial port?

komunikasi serial merupakan salah satu komunikasi yang umum atau sering digunakan hampir di setiap jenis mikrokontroller, misalkan saja arduino uno menyediakan failitas komunikasi serial ini melalui pin 0 dan pin 1, sementara di arduino mega ada 4 pin yang bisa digunakan untuk komunikasi serial.

cara menggunakan virtual terminal

seperti yang sudah dijelaskan diatas bawah virtual terminal di proteus ini berfungsi untuk mengirim / menerima data dari atau ke port serial.port serial atau rs232 ini mempunyai jumlah pin sebanyak 9, maka orang kadang menyebutnya db9.

port serial ini bisa anda temua di komputer atau laptop.port ini digunakan untuk mengerim atau menerima data dari hardware ke komputer yang biasanya digunakan ketika belajar mikrokontroller.

Kenapa kita harus menggunakan virtual terminal ini ?. salah satu alasanya adalah ketika kita dapat projek dikampus atau sekolah yang berhubungan dengan data komunikasi khususnya komunikasi serial kita bisa memanfaatkan proteus ini.

jadi sebelum kita membuat secara rii, kita bisa mensimulasikannya di proteus terlebih dahulu.setelah kita membuat simulasinya dan tidak ada kesalah atau error baru kita mengimplementasikan secara riilnya.

Cara menggunakan virtual terminal di proteus

  • Pertama buka sofware proteus kemudian setelah itu click tombol P kemudian cara komponen yang kita inginkan yaitu virtual terminal
  • Sekarang cari di kotak pencarian COMPIM, setelah itu akan muncul gambar seperi dibawah inivirtual terminal
  • setelah itu silahkan klik tombol ok.kemudian tambahkan port serial tersebut ke dalam workspace proteus
  • COMPIM adalah port serial yang ada di proteus dan kita merubah properties dari port ini seperti pin COM dari komputer kita, boud rate, data bit, dll.tapi kita akan merubahnnya nanti saja.
  • setelah itu kita menambahkan virtual terminalnya di workhspace proteus dg cara klik virtual instrument mode, kemudian pilih virtual terminalnya, seperti gambar dibawah ini
    gambar rs232
  • langkah selanjutnya adalah kita akan menghubungkan pin TXD yang di compim dengan pint txd yang ada di virtual terminal, dan kita juga harus menghubungkan pin RXD dengan RXD juga.
    koneksi virtual terminal ke rs232
  • sekarang langkah selanjutnya adalah silahkan klik 2x COMPIM nanti akan muncul windows properties seperti dibawah ini.kemudian rubah parameter-parameternya seperi gambar dibawah ini.
    properties rs232
  • saya menggunakan COM1 dengan baud rate 9600, kamu juga bisa mensetting sesuai keinginan misalnya menggunakan COM3, dll
  • sekarang silahkan koneksikan hardware anda ke komputer kemudian klik tombol simulation. sekali lagi pastikan bahwa port yang dipilih di COMPIM dan port yang di hardware harus sama.
  • setelah anda klik tombol simulasi nanti akan muncul popup windows warna hitam dan akan menampilkan data dari hardware yang anda koneksikan ke komputer anda.
    display virtual terminal
  • windows warna hitam adalah virtual terminal yang menampilkan data dari hardware.

demikian tutorial tentang bagaimana cara menggunakan virtual terminal yang ada di proteus semoga saja bermanfaat, dan untuk tutorial selanjutnya saya akan sharing tentang cara menggunakan osiloskop di proteus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *