osiloskop

Cara menggunakan osiloskop di proteus

Posted on

Kali ini saya akan sharing lagi tentang proteus artikel sebelumnya saya membahas tentang bagaimana menggunakan virtual terminal di proteus.dan hari ini saya akan membahas tentang bagaimana menggunakan osiloskop di proteus.

Osiloskop yang ada di proteus ini pada dasarnya sama persis seperti osiloskop yang ada di lab.osiloskop ini digunakan untuk melihat sinyal atau gelombang.

Didalam osiloskop kita bisa melihat bentuk gelomang listrik dan atribut-atribut lainya seperti kita bisa mengetahui frekuensi dari sinyal listrik, kemudian berapa nilai tegangan dan arusnya.

cara menggunakan osiloskop di proteus

  • untuk menambahkan osiloskop pada circuit atau workspace silahkan klik virtual Instruments Mode sebagaimana yang terlihat dalam gambar dibawah ini.
    komponen
  • kemudian click opsi oscilloscope kemudian silahkan drag di workspace
  • setelah anda drag maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

    oskiloskop

Cara membaca data di osiloskop

  • cara untuk melihat data di osiloskop adalah dengan cara menjalan simulasi di proteus, setelah itu silahkan anda double klik komponen osiloskop hingga muncul jendala baru
  • dibawah ini adalah tampilan osiloskop dengan menggunakan chanel A dari osiloskop di proteus.
    osiloskop
  • Berdasarkan gambar diatas yang disebelah kanan, anda bisa melihat osiloskop yang ada di proteus ini mempunyai 4 chanel dimana masing-masing channel mempunyai sebuah probe
  • tampilan gelombang pada osiloskop diatas adalah tampilan dari PWM yang dihasilkan oleh Arduino UNO.untuk lebih detil mengenai bagaimana cara memanfaatkan pemakaian osiloskop ini silahkan baca tentang bagaimana cara menggunakan pin PWM yang ada di arduino UNO.

demikian sekilas cara penggunanaan osiloskop di dalam proteus. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *