simulasi arus dan tegangan

Cara menggunakan voltmeter dan Ammeter di Proteus

Posted on

Hallo, Assalamualaikum, kali ini saya akan membuat tutorial penggunaan voltmeter dan Ammeter di proteus, dan dengan adanya tutorial ini saya harapkan bisa memahami prinsip / cara kerja voltmeter dan Ammeter pada rangkaian elektronika.

Cara penggunaan voltmeter di proteus

  • DC voltmeter berfungsi untuk mengukur perbedaan potensial tegangan DC diantara dua titik pada rangkaian elektronika
  • supaya bisa menggunakan DC voltmeter ini anda harus klik pada list intrumentation komponen yang ada pada proteus.untuk anda yang belum tau proteus silahkan baca cara menggunakan proteus
    DC Voltmeter
  • di list daftar komponen silahkan cari DC Volmeter, kemudian klik dan drag di workspace yang ada di proteus

ok saya akan mencoba untuk mempraktekan cara membuat rangkainya.berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat rangkainnya.

silahkan  buka software proteus kemudian insert 4 buah led ke dalam workspace yang ada diproteus, caranya klik komponen mode.

proteus
gambar1

setelah muncul gambar diatas silahkan klik nomor 1 kemudian klik nomor dua hingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

 

insert komponen ke workspace proteus
gambar2

setelah anda melakukan langkah-langkah seperti pada gambar nomor 1 , langkah selanjutnya silahkan praktekan seperti yang tertulis pada gambar 2 diatas :

  1. dikolom keyword ketik komponen yang akan dicari.berdasarkan gambar diatas saya mengetikan LED.
  2. muncul komponen di kolom result silahkan cara LED seperti yang saya kasih tanda kotak.kemudian double klik semua led hingga komponennya muncul di kotak nomor 3.ulangi langkah nomor 1-2 untuk mencari komponen resistor.
  3. dikolom 3 nanti akan muncul daftar komponen yang sudah anda tambahkan dari kolom 2, setelah itu silahka klik tombol ok pada kotak kanan kiri bawah.

setelah kita mengambil semua komponen-komponen dari library yang ada diproteus langkah selanjutnya adalah membuat rangkaiannya.

silahkan memasang led secara pararel, kemudian voltmeter juga dipasang secara pararel.kemudian anda bisa menggunakan probe untuk melihat tegangan di tiap tiap titik LEDnya.

simulasi voltmeter dan ampermeter

 

Cara menggunakan ammeter di rangkaian

  • DC Ammeter digunakan untuk mengkur arus yang mengalir dalam suatu rangkaian elektronika
  • klik instrument icon di toolbox kanan pada proteus, kemudian silahkan carai DC ammeter
  • kemudian pasang ammeter secara seri pada rangkaian elektronika yang sudah anda buat sebelumnya
  • untuk hasil pemasangan dari ammeter ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

simulasi arus dan tegangan

demikian tutorial tentang bagaimana cara menggunakan DC voltmeter dan DC Ammeter pada protues.semoga tutorial ini bermanfaat.

 

 

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *