Penyebab Koneksi Internet Android Lemot dan Cara Mempercepatnya

Penyebab Koneksi Internet Android Lemot dan Cara Mempercepatnya

Posted on 18 views

Sudah direstart berkali – kali tapi koneksi internet android Anda tetap lemot? Sebenarnya ada beberapa penyebab koneksi internet android lemot yang berkemungkinan terjadi.

Salah satu sebab mengapa koneksi internet android lemot adalah karena faktor internal atau faktor eksternalnya.

Faktor internal ini adalah karena HP Anda sendiri. Sementara faktor eksternalnya adalah karena jaringan yang bermasalah.

Secara rinci mengenai penyebab koneksi internet android lemot dan cara mempercepatnya akan kami ulas dalam uraian informasi berikut ini. Lets check these out!

Penyebab Koneksi Internet Android Lemot dan Cara Mempercepatnya  

Terlalu banyak cache dan harus dihapus

Tidak hanya HP android lemot saja yang bisa terjadi karena cache. Penyebab koneksi internet android lemot  juga bisa terjadi karena cache yang menumpuk di HP android sehingga performa koneksi internetnya mengendur.

Nah, agar koneksi internet pada perangkat HP android semakin cepat, maka Anda harus rutin membersihkan cachenya. Anda bisa menggunakan bantuan dari Clean Master atau One Tap Cache Cleaner.

Disamping itu, Anda juga bisa menghapus cache di HP android dengan sangat mudah melalui menu settings dan pilih storage dan cache.

Kemudian clear cache. Setelah itu, cache bersih dan rasakan efeknya pada HP android serta koneksi internet Anda sekaligus.

Setting user agent

Ya, situs web masa kini memang sudah sangat responsif dan fleksibel. Tidak hanya memiliki tampilan komputer, melainkan juga secara otomatis memiliki tampilan yang dapat dibuka melalui smartphone dengan ringan.

Akan tetapi walau demikian, masih saja ada pihak yang terkadang masih tetap memaksa menggunakan tampilan komputer di ponsel android. Hal ini sebenarnya yang tidak boleh terjadi. Hal tersebut malah akan membuat akses internet semakin berat.

Nah, agar Anda bisa mengakalinya, Anda bisa mengganti user agent pada browser ke mobile. Setting user agent sendiri bertujuan untuk melakukan kompres data dalam menyesuaikan suatu tampilan mobile.

Manfaatkan jaringan 4G only atau 3G only

Jika perangkat android Anda sudah mendukung adanya jaringan 3G atau 4G, ada baiknya Anda atur kecepatan jaringan internet dengan dua opsi tersebut. Namun pilih salah satunya jangan kedua – duanya digunakan.

Anda bisa kunjungi menu setting, kemudian pilih more. Selanjutnya pilih mobile network dan pilih network mode. Kemudian Anda bisa memilih 4G only atau 3G only sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Manfaatkan VPN

Ada berbagai macam aplikasi VPN yang bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store saat ini. Nah, Anda cukup memilih mana aplikasi yang memang memiliki rating tinggi disana.

Selain akan mempercepat akses internet, dengan Anda menggunakan aplikasi VPN juga bisa digunakan untuk membuka web yang sudah diblokir oleh pemerintah. Jadi, pastikan agar Anda selalu terhubung dengan IP Address di lokasi atau negara yang sesuai.

Itulah berbagai penyebab koneksi internet android lemot dan cara mempercepatnya yang Anda harus tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.