Hp Tak Bisa Dicharge

Tips Mengatasi Baterai Hp Tak Bisa Dicharge

Posted on

Pasti sangat menyebalkan bila Hp tak bisa discharge sementara baterai smartphone sudah merah, namun saat Anda sambungkan ke charger tidak mau penuh 100% atau bahkan tidak terjadi apa-apa.

Banyak hal yang membuat kondisi ini, dimana ponsel Android mengalami error sehingga mengakibatkan tidak dapat mengisi baterai dengan semestinya.

Dalam kasus ini terdapat beberapa masalah yang menyebabkan terjadi hal tersebut.

Bisa saja perangkat ponsel Anda memang menolak di charge, smartphone Anda dapat mengisi tapi lambat, atau mungkin kabelnya yang bermasalah.

Apabila Anda mengalami salah satunya, Anda bisa lakukan tips untuk memperbaiki baterai ponsel yang tidak bisa dicharge berikut ini:

7 Tips Atasi Baterai Hp Tak Bisa Dicharge

  • Matikan Ponsel Lalu Hidupkan Kembali

Kadang kala handphone bermasalah itu hanya terjadi sementara. Untuk itu, cara penanganan pertama sebaiknya Anda reboot atau mematikan kemudian menyalakan kembali Hpnya, dan langkah simpel inilah yang mesti Anda lakukan.

Meskipun kebanyakan orang yang sering kali melupakan tahapan ini. Jika baterai belum bekerja normal, barulah Anda gunakan langkah berikutnya.

Sebetulnya, ketika ponsel dinonaktifkan, seluruh aplikasi yang sedang berjalan di background akan berhenti atau mati total.

Sehingga hal apa pun yang membuat charging bermasalah, maka secara otomatis akan ikut hilang.

Tetapi jika smartphone Anda masih belum bisa mengisi dengan sempurna lagi setelah dinyalakan, mungkin ada komponen yang perlu perbaikan.

  • Bersihkan Charging atau Memperbaiki USB Port Hp

Ponsel yang tidak mau discharge ini bisa jadi sumber masalahnya dari port yang ada di Hp Anda.

Sebab sering pula didapati plat logam di charger maupun dalam port tidak melakukan kontak sebagaimana mestinya.

Ini dikarenakan adanya penyumbatan oleh debu yang menempel di sana. Dengan memperbaiki atau membersihkan port USB ini biasanya problem tersebut dapat diatasi.

Untuk melakukan perbaikan ini Anda perlu mengikuti langkah-langkah ini:

    • Siapkan benda kecil berupa tusuk gigi atau jarum.
    • Kemudian matikan ponsel pintar Anda dan jika memungkinkan keluarkan baterainya.
    • Pakai jarum atau tusuk gigi maupun benda lainnya yang memungkinkan untuk membersihkan debunya. Lakukan pembersihan dengan hati-hati supaya lempengan di sana tidak rusak.
    • Jika port ponsel Anda telah bersih, pasang baterainya dan coba nyalakan Hp lalu isi baterainya.
  • Mengganti Kabel atau Adapter Charger

Kalau smartphone masih tak mau mengisi baterai, penyebabnya mungkin dari kabel charger yang digunakan.

Bisa jadi terdapat komponen korsleting, ada yang putus, atau kabel yang Anda pakai tidak original.

Jika demikian baiknya ganti kabel dengan yang lain, diutamakan kabel dari bawaan handphone tersebut.

Apabila kabel charger tidak menunjukkan bermasalah, beralihlah untuk memeriksa adapternya.

Biasanya alat ini juga sering longgar karena terlalu lama digunakan. Atau Anda juga bisa cek kombinasi kabel dan adapter yang lain pada handphone Anda, mungkin saja yang Anda pakai sudah tidak cocok dengan ponselnya.

  • Kemungkinan Masalah Ini Terjadi Disebabkan Software Bug

Software bug atau sebuah cacat desain dalam perangkat lunak ataupun keras yang bisa membuat galat program ponsel sehingga tidak berjalan sebagaimana seharusnya.

Dan kasus ini juga berpotensial menyebabkan charging ponsel bermasalah. Untuk memeriksanya perlu bantuan dengan memasang aplikasi yang mampu atasi hal ini pada Hp Android Anda.

Aplikasi tersebut akan memperlihatkan berapa banyak daya baterai yang ada di smartphone Anda.

Melalui info itu, aplikasi ini akan melakukan analisis apakah terdapat bug yang menghambat proses pengisian atau tidak. Jikalau ada, maka sebaiknya Anda langsung update OS ataupun mereset ponsel Anda.

  • Handphone di Update atau Rollback

Apakah Anda pernah memperbarui sistem operasi di smartphone? Permintaan untuk mengupdate sistem ini bila Anda abaikan terus akan berpengaruh pada kinerja pengisian baterai.

Coba Anda periksa apakah ada permintaan menginstal versi OS terbaru. Cara update nya dengan membuka Settings, lalu pilih System Updates atau About Phone.

Akan tetapi, bila Anda telah mengupgrade software malah membuat handphone Anda semakin bermasalah.

Maka Anda rollback saja, rollback atau downgrade ini maksudnya Anda menjadikan sistem operasi handphone kembali versi OS Androidnya ke default pabrik.

Terkadang dengan cara downgrade ini, mampu membuat ponsel Anda dapat menambah daya baterai sehingga lebih lama masa pakainya.

  • Apa yang Dilakukan Jika Problem Ini terjadi Karena Hp kemasukan Air

Kalau handphone Anda terjatuh ke dalam air, kemungkinan besar hal itu menjadi penyebab utama charging ponsel bermasalah.

Sejatinya apabila terjadi hal demikian, sangat disarankan Anda tidak langsung mengisi baterai lebih dahulu. Jika tidak ponsel akan korsleting, sebab Hp tersebut masih dalam keadaan basah.

Untuk itu, Anda jemur dulu dan pastikan pula bagian di dalam smartphone seratus persen kering.

Selain dijemur Anda bisa mengeringkannya menggunakan vacuum cleaner, memasukkan ponselnya ke dalam wadah beras,

atau memakai silica gel. Kalau Hp masih bermasalah juga, mungkin sebaiknya Anda ganti baru baterainya.

  • Kalibrasi Baterai Ponsel

Kalibrasi merupakan sebuah proses dengan maksud untuk menormalkan baterai Hp supaya kapasitas di layar sesuai kondisi ponsel yang sesungguhnya.

Dengan kalibrasi ini Anda dapat pula melakukan koreksi statistik baterai yang tengah error.

Pada dasarnya sistem Android mempunyai kemampuan dalam mengukur daya tampung baterai serta menghitung persentase baterai tersebut.

Jika fiturnya memperlihatkan persentase baterai yang tidak sesuai, maka sudah sepatutnya Anda melaksanakan kalibrasi baterai Android Anda.

namun sebelum itu cek baterainya, apabila baterainya bocor, bit atau retak, kalibrasi tidak dapat dilakukan.

Namun bila baterai dalam keadaan normal Anda bisa mengerjakan tahap ini.

Sebetulnya hal ini merupakan upaya untuk pencegahan kerusakan baterai. tetapi tak ada salahnya dicoba pada kasus ini. Berikut langkah kalibrasi yang harus Anda ikuti:

  1. Handphone dalam posisi menyala Anda charge sampai baterai Hp menunjukkan 100% full
  2. Setelah itu Anda matikan ponsel tersebut.
  3. Dalam keadaan nonaktif Anda isi lagi baterainya hingga penuh. Apabila ponsel Anda mempunyai Indikator LED, lampu tersebut akan berwarna hijau bila baterai telah full.
  4. Bila sudah terisi penuh, Anda hidupkan kembali handphonenya, setelah itu Anda charge lagi hingga terisi 100 persen.
  5. Sehabis itu, habiskan daya baterai ponsel Anda dengan streaming, browsing internet, maupun main game berat. Lakukan sampai ponsel benar-benar jadi 0% atau Hp mati sendiri kehabisan daya.
  6. Kalau sudah nonaktif karena habis baterainya, Anda charge kembali sampai ponsel tersebut penuh. Dan jangan Anda pakai atau hidupkan bila belum 100 persen.
  7. Apabila Hp telah terisi semua, Anda lepaskan charger lalu nyalakan handphone kesayangan Anda. Selesai, proses kalibrasi baterai ponsel berhasil dilakukan.

Akan tetapi, Anda tidak boleh sering menggunakan cara ini sebab proses ini berpotensi mempersingkat masa guna baterai ponsel.

Karena di sini Anda harus menguras daya baterainya sampai mati total. Jadi pakai langkah ini setidaknya 3 bulan sekali atau pada saat Anda betul-betul perlu melakukan hal tersebut.

Memiliki gadget untuk keperluan bisnis tentu sangat memerlukan ponsel dengan performa baik, akan tetapi jika Hp tidak bisa dicharger maka Anda perlu melakukan tips di atas.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *