Cara Mengembalikan Data Yang Terformat Pada Flashdisk

Cara Mengembalikan Data Yang Terformat Pada Flashdisk

Posted on

Kini Dunia terus berkembang dari berbagai bidang tak kecuali salah satunya adalah kemajuan di bidang Teknologi yang membuat semuanya menjadi lebih mudah, cepat dan tepat.

Salah satunya dalam berbelanja kini anda dapat berjualan di manapun dan dapat dibeli oleh pelanggan anda.

Teknologi memberikan pengalaman yang anda kenal di seluruh pasar, seluler ,sosial dan juga dalam kehidupan nyata. Bahkan dalam bidang penjualan produk dan jasa.

Dan untuk di era modern seperti sekarang ini perkembangan pada komputer tidak hanya tertuju pada perangkat utama seperti pada aplikasi memori Ram, sistem operasi, processor dan juga perangkat utama lainnya.

Namun selain itu ada beberapa media penyimpanan yang berupa eksternal dan dan juga internal yang terus mengalami kemajuan yang begitu pesat. Dan salah satunya adalah Flashdisk.

Apa Itu Flashdisk 

Flashdisk merupakan alat media penyimpanan portable yang menggunakan port USB yang dapat menghubungkannya dengan perangkat komputer.

Flashdisk ialah perangkat penyimpanan yang memiliki bentuk yang kecil dan didalamnya hanya menggunakan chip yang merupakan komponen penyimpanannya.

Meskipun memiliki bentuk yang kecil namun kapasitas untuk penyimpanannya cukup besar dan sangat simple kita gunakan dan dibawa kemana saja.

Tidak seperti media penyimpanan lainnya seperti Compact disk, harddisk dan juga disket.

Flashdisk tidak menggunakan komponen mekanik namun menggunakan komponen digital elektrik sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Tidak hanya mudah dibawa kemana saja tapi juga sangat efektif dan efisien untuk dapat kita gunakan hal ini dikarenakan data yang disimpan di dalam flashdisk dapat kita ubah setiap saat dengan cukup mudah.

Dibalik semua keistimewaannya terdapat hal yang sangat disayangkan yaitu flashdisk sangat rawan terkena virus ataupun beberapa masalah lainnya sehingga membuat kita harus memformatnya.

Dan terkadang kita melakukan kesalahan dengan melakukan format tanpa terlebih dahulu mem-backup data-data penting yang kita perlukan. Hasilnya semua data akan terhapus dan hilang.

Dan ini tentunya akan sangat merugikan terutama jika data yang hilang memang data-data yang penting. Untuk kali ini kita akan membahas cara mengembalikan data yang terformat pada flashdisk.

Berikut cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan data penting yang anda butuhkan :

  1. PhotoRec

Yaitu salah satu aplikasi gratis yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan data anda yang telah terformat dari berbagai macam perangkat yang berbeda.

Anda dapat menggunakan sistem operasi DOS, window 8 ke tas, linux, dan Mac OS X. Tidak hanya mengembalikan file media saja namun juga dapat mengembalikan berbagai macam jenis file.

Dan program ini mampu untuk mendeteksi dan mengembalikan hingga lebih dari 400 jenis format file secara sekaligus.

Dan salah satu fitur yang menarik yang disuguhkan adalah fitur Unformat. Fitur ini dapat mengembalikan semua direktori yang ada di dalamnya sehingga flashdisk atau harddisk kembali menjadi seperti sebelum anda format.

  1. Recuva

Ini merupakan software recovery yang dapat anda gunakan pada sistem windows XP ke atas. Dan program buatan piriform ini tersedia dalam versi gratis dan juga ada versi yang berbayar.

Untuk versi yang berbayar maka tersedia fitur dan dukungan yang lebih lengkap. Recuva akan membimbing anda untuk proses recovery dan akan ditanya mengenai file atau drive yang ingin kita cari.

Dan setelah itu maka Recuva akan langsung mencari file yang ingin kita kembalikan.

Dan setelah proses pencarian selesai maka Recuva akan menampilkan hasilnya dengan sangat detail.

Dan anda cukup klik file pada salah satu file tersebut untuk melihat berbagai informasinya seperti tingkat kesehatan file tersebut.

  1. Remo Recover

Dan selanjutnya ada Remo Recover yang dapat membantu anda untuk mengembalikan file yang telah terformat. Untuk program ini menyediakan beberapa versi dengan fitur yang berbeda-beda.

Anda dapat melakukan pencarian sederhana maupun pencarian yang lebih mendetail. Namun anda harus menunggu hingga proses pencarian selesai jika anda ingin melihat file apa saja yang telah ditemukan.

Dan yang menarik adalah proses pencarian yang dilakukan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan program lainnya.

Namun yang disayangkan adalah kecepatan tersebut justru membuat program ini terkadang kurang tepat dalam mendeteksi file yang kita cari.

  1. Glary Undelete v5.0

Untuk anda yang ingin mengembalikan data yang telah terformat di flashdisk maka anda bisa menggunakan software Glary Undelete v5.0.

Ini merupakan salah software yang cukup baik mengembalikan segala jenis file atau data yang telah terformat di flashdisk.

Dan Glary Undelete v5.0 memiliki interface yang sangat simple dan sangat mudah untuk dimengerti. Dan ini juga merupakan software yang ringan.

Sehingga anda tidak memerlukan storage yang besar namun yang anda harus pastikan adalah anda harus menggunakan windows 10 dan juga windows 8.

  1. Puran File Recovery

Selanjutnya ada Puran File Recovery yang dapat digunakan untuk dapat memulihkan data yang telah terhapus pada harddisk Pc dan Laptop.

Tidak hanya itu saja namun Puran File Recovery juga memiliki kelengkapan fitur lainnya seperti mengembalikan data yang hilang pada flashdisk.

Puran File Recovery memiliki keistimewaan yaitu mampu mencari 50 tipe files yang hilang seperti Foto, video, atau dokumen. Dan ukuran yang tidak terlalu besar atau ringan untuk dapat diinstal di Laptop atau PC.

  1. Disk Drill

Ini Merupakan software pengembalian data yang dapat dibilang cukup ampuh. Dan diklaim mampu untuk mengembalikan data yang hilang baik pada hardisk, ipods, Flashdisk atau perangkat storage lainnya.

Bahkan Disk Drill juga mampu untuk mengembalikan data dengan ukuran lebih dari 500 MB.

Dan uniknya para pengguna disk drill bisa melakukan pause pada saat sedang mengembalikan data untuk kemudian anda resume kembali.

Disk drill juga dapat menyortir data yang akan anda kembalikan berdasarkan dengan ukuran atau pun tanggal.

Nah dengan adanya beberapa cara untuk mengembalikan data yang terformat di flashdisk seperti diatas maka anda tidak perlu panik dan sedih karena kehilangan data atau file penting.

Anda bisa mengembalikan data-data tersebut dengan menggunakan salah satu cara seperti yang ada diatas.

Dan anda juga dapat menggunakannya untuk hardisk , SD card, dan juga berbagai macam kartu memori lainnya.

Berbeda dengan file yang tidak sengaja terhapus maka kita masih dapat mencarinya di Recycle Bin atau dengan menekan tombol CTRL + Z pada keyboard. Dan ini merupakan salah satu shortcut undo yang dapat mengembalikan file yang terhapus tidak permanen.

Dan terkadang laptop mudah sekali terinfeksi virus dan mampu menyembunyikan file anda. Sehingga anda berpikir bahwa file anda hilang dan anda melakukan format pada flashdisk.

Maka jangan terburu-buru untuk memformat flashdisk anda. Karena bisa jadi file anda disembunyikan oleh virus sehingga file yang hanya disembunyikan malah terhapus secara permanen.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *