Ubah Penyimpanan Ponsel Ke Memori External

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi di handphone Ke Kartu Memori

Posted on

Sebagai pemilik ponsel, maka Anda harus bisa merawat ponsel Anda tersebut dengan baik jika memang ingin bisa menggunakan ponsel tersebut dalam waktu yang lama.

Sering kali untuk ponsel yang sudah digunakan dalam waktu yang lama lambat laun akan terjadi hambatan dimana memori internal sudah penuh dengan berbagai file dan aplikasi sehingga dengan demikian membuat performa ponsel menjadi lebih lambat.

Anda bisa saja menghapus beberapa file yang tidak perlu namun pada satu waktu ada banyak hal yang rasanya sudah tidak bisa dihapus lagi karena tentunya semakin lama file yang Anda miliki di dalam ponsel Anda tersebut  akan semakin banyak dan Anda membutuhkan semuanya.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk membuat kinerja dari ponsel Anda menjadi lebih cepat saat ada terlalu banyak file dalam memori internalnya,

salah satunya adalah dengan cara memindahkan beberapa aplikasi yang ada di memori internal ke memori external Anda sehingga dengan demikian beban berat yang ada di memori internal bisa berkurang dan membuat ponsel Anda bisa digunakan dengan lebih baik.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori external, ada beberapa aplikasi yang memang sudah disetting untuk tidak bisa dipindahkan dan hanya bisa diinstal ke memori internal saja.

Pastikan juga saat Anda hendak memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori external maka pada memori external juga harus memiliki cukup ruang untuk menempatkan aplikasi tersebut.

Pada saat dipindahkan, sebaiknya aplikasi juga tidak dalam keadaan aktif, karena bisa merusak aplikasi tersebut.

Untuk Anda yang membutuhkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal menuju ke memori external, maka simak informasi yang ada di bawah ini :

Ubah Penyimpanan Ponsel Ke Memori External

Agar Anda bisa secara otomatis memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke memori external tanpa harus memindahkannya satu persatu secara manual maka Anda bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan cara mengubah penyimpanan ponsel Anda ke memori external. Untuk bisa melakukannya,

maka pertama-tama Anda harus memastikan bahwa memori external sudah terpasang dan terbaca dengan baik pada ponsel Anda.

Kemudian Anda bisa masuk ke dalam menu pengaturan yang ada pada ponsel Anda dan memilih opsi penyimpanan.

Biasanya nanti pada bagian kanan atas layar Anda akan terdapat menu berupa titik tiga horizontal atau vertikal yang bisa Anda pilih.

Di dalamnya terdapat pilihan setelan penyimpanan, setelahnya Anda bisa memilih menu format memori external atau biasanya dibahasakan sebagai SD Card.

Setelah itu Anda harus pastikan bahwa format penyimpanan sudah diganti menjadi format penyimpanan internal, kemudian Anda harus menunggu hingga proses format ini selesai.

Pada saat proses berlangsung, sebaiknya jangan lakukan apapun pada ponsel Anda agar proses format tersebut tidak terganggu.

Ketika semua proses sudah selesai, pilih pindahkan sekarang, agar ponsel bisa secara otomatis memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke SD Card.

Proses pemindahan ini biasanya juga memakan waktu lama, terlebih jika ada banyak aplikasi yang ada di ponsel Anda tersebut.

Pindahkan Dari File Manager

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card adalah dengan cara memindahkannya langsung dari file manager yang ada di ponsel Anda.

Bagaimana caranya ? Mudah saja, Anda bisa membuka ponsel Anda, kemudian pilih file manager atau pun file saya.

Pilihlah penyimpanan internal Anda lalu Anda bisa mulai memilih mana saja aplikasi yang ingin Anda pindahkan dari memori internal ke memori external.

Tandailah aplikasi yang akan Anda pindahkan kemudian pilih titik tiga vertikal atau Anda bisa langsung memilih menu pindahkan dan kemudian pilihlah SD Card sebagai tempat pemindahan aplikasi-aplikasi yang sudah Anda tandai tersebut.

Tunggu sampai proses selesai. Cara ini termasuk mudah bukan ? Juga tidak perlu memakan waktu yang lama sudah bisa digunakan kembali.

Pastikan saat Anda memindahkan aplikasi tersebut, jangan gunakan ponsel untuk hal lain karena bisa mengganggu jalannya proses pemindahan aplikasi tersebut.

Memindahkan Aplikasi Dengan Bantuan Aplikasi Perantara

Misalnya beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya tidak bisa Anda lakukan atau gagal karena berbagai hal,

maka Anda juga bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori external dengan menggunakan sebuah aplikasi lain sebagai perantara.

Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi SHAREit. Namun untuk memindahkan aplikasi dengan menggunakan SHAREit,

maka Anda membutuhkan dua ponsel, satu ponsel yang di dalamnya terdapat aplikasi yang ingin dipindahkan,

kemudian satu ponsel lagi adalah ponsel yang di dalamnya sudah terdapat SD Card yang ingin digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Kemudian kedua ponsel tersebut juga harus memiliki aplikasi SHAREit di dalamnya.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi tersebut pada play store. Setelah aplikasi tersebut sudah tersedia maka Anda bisa membukanya dan pilih kirim,

kemudian pilihlah mana saja aplikasi yang ada di dalam file manager Anda yang ingin Anda pindahkan. Klik next dan matikanlah jaringan yang ada di ponsel Anda.

Lakukan hal yang sama pada ponsel yang akan menerima aplikasi yang dipindahkan, untuk menyambungkan kedua ponsel bisa dilakukan dengan scan barcode atau tekan tombol untuk memilih ponsel tersebut.

Tunggu hingga semua aplikasi terkirim. Lalu pada ponsel penerima buka kembali aplikasi SHAREit dan pilih semua aplikasi yang akan dipindahkan ke SD Card lalu pilih tempat penyimpanan SD Card dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai dilakukan.

Beberapa cara untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori external yang sudah dijabarkan di atas adalah cara-cara yang paling umum dilakukan oleh banyak orang sehingga dengan demikian tentunya Anda pasti sudah tidak begitu asing lagi dengan cara-cara tersebut.

Selain cara tersebut ada cara lain untuk memindahkan aplikasi yaitu dengan menggunakan Bluetooth, namun dengan cara ini Anda juga harus menyiapkan dua ponsel yang bertugas sebagai pengirim aplikasi dan penerima aplikasi.

Namun cara memindahkan aplikasi dengan menggunakan Bluetooth ini jarang dilakukan karena harus menggunakan dua ponsel yang berbeda.

Cara-cara manual yang sudah disebutkan di awal adalah cara-cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan,

namun jika aplikasi yang akan dipindahkan termasuk berat dan banyak maka cara memindahkan aplikasi tersebut dengan menggunakan perantara akan lebih mudah dilakukan,

namun tentunya sedikit merepotkan karena Anda membutuhkan dua ponsel yang berbeda untuk melakukannya.

Setelah Anda selesai melakukan beberapa cara untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori external itu maka tentunya ponsel Anda bisa menjadi lebih cepat kinerjanya dan tidak akan mengganggu aktivitas yang harus Anda lakukan dengan ponsel Anda.

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : wasiswa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *