reset wordpress

Panduan reset web wordpress seperti awal instalasi

Posted on

tutorial kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mereset website dengan platform wordpress menjadi seperti awal saat installasi.jika belum paham cara instalasi wordpress silahkan baca dulu artikel tentang bagaimana cara instalasi wordpress.

Mengapa kita harus mereset website kita??

apa sih kira-kira maksud reset disini?..analaginya adalah sama ketika kita mempunyai sebuah smartphone, karena ada sesuatu hal maka kita melakukan factory reset, harapanya adalah supaya handphone kita menjadi settingan awal saat kita beli baru.

sama juga di website dengan platform wordpress, misalnya saja saya lagi membuat website, ternyata web yang sudah saya buat tadi terjadi kesalahan, kalau saya melakukan reset terhadap website saya otomaatis website saya kembali ke settingan awal pertama kali saat instalasi.

berikut ini adalah beberapa situasi yang bisa membuat kita melakukan reset website

  1. ketika kita mencoba menggunakan demo dari suatu theme.jadi ketika kita menginstall wordpress dilocalhost trus mau mencoba berbagai tampilan dari theme yang kita punya.kemudian untuk berpindah dari theme satu ke theme yang lain untuk mempersingkat waktu kita bisa menggunakan fasilitas reset ini.
  2. disaat mau membuat website baru.ini bisa terjadi ketika kita mau membuat website baru menggunakan wordpress.ternyata setelah dibuat dan jadi ternyata kita kurang suka dengan desain atau tampilan dari website kita, untuk mengulang kembali dalam pembuatan website tersebut kita bisa menggunakan fasilitas reset juga.
  3. anda dapat project untuk merubah tampilan dari suatu website.kita anda menghadapi masalah ini, dimana anda mau merombak total website sebelumnya, maka anda bisa bisa menggunakan fasilitas reset wordpress ini juga.tetapi dengan catatan sebelum anda melakukan reset silahkan melakukan backup terlebih dahulu terhadap semua websitenya.
  4. ketika pertama kali belajar worpdress.biasanya pertama kali kita belajar membuat website menggunakan wordpress, pasti belum tentu sekali buat langsung jadi.misalnya saya tidak cocok dengan themenya, tidak cocok dengan customize webnya ,dll.untuk mempermudah pekerjaan anda bisa menggunakan fasilitas reset wordpress ini.

Bagaiamana cara reset wordpress mejadi settingan semula

mungkin ada juga yang menganggap bahwa untuk melakukan reset ini diubutuhkal skill tertentu atau susah dilakukan oleh orang awam atau pertama kali kita belajar menggunakan wordpress.

tapi kenyataannya untuk melakukan reset di wordpress ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan skill apapun.ok langsung saja saya akan mempraktekan bagaimana cara melakukan reset wordpress.

tapi sebelum itu saya menyarankan untuk membackup website anda menggunakan wordpress backup plugin terlebih dahulu.langkah ini bisa anda abaikan jika anda tidak mau lagi menggunakan file-file / settingan website lama anda.

cara reset wordpress menggunakan wp reset

pada praktek kali ini saya akan menggunakan plugin gratis yang bernama WP reset, dengan plugin ini kita bisa dengan mudah melakukan reset di website kita.

untuk pertama kali silahkan anda install dan aktifkan plugin WP reset ini.untuk info detilnya silahkan anda membaca instruksinya bagaimana cara menginstall plugin di wordpress

sekali lagi silahkan dipastikan bahwa plugin wp reset sudah aktif, setelah itu silahkan pilih Tool>> WP reset, menu tool ini letak di sebelah kiri bawah pada dasboard worpdress anda

kemudian silahkan ketikan huruf reset didalam kotak yang sudah disediakan. setelah itu silahkan menekan tombol reset site disampingnya

wp reset

setelah itu akan muncul pesan dalam bentuk popup untuk meminta persetujuan sekali lagi kepada anda bahwa memang benar-benar mau mereset website, jika sudah yakin silahkan klik tombol reset wordpress.

proses reset website

proses reset wordpress sedang berjalan silahkan tunggu beberapa detik, hingga muncul tampilan seperti dibawah ini yang menandakan bahwa proses reset telah selesai.

proses reset selesai

beberapa opsi yang bisa di pilih ketika menggunakan wp reset

langkah-langkah diatas adalah cara default ketika melakukan reset wordpress, tapi sebenarnya anda bisa menggunakan beberapa opsi ketika melakukan reset pada wordpress.berikut ini adalah beberapa opsi yang bisa anda pilih atau gunakan.

menggunakan opsi taking a snapshot ketika melakukan reset

kita bisa menggunakan fitur snapshot yang ada di plugin WP Reset.snaphost digunakan untuk merestore database pada web wordpress.jadi kita bisa melihat perubahan apa saja ketika kita sudah mengaktifkan fitur snapshot.

tapi perlu diingat bawah snapshot ini bukan fitur untuk membackup semua file di wordpress, jadi anda tetap harus membackup website anda terlebih dulu.

untuk setting snapshot ini, silahkan klik tab snapshot, kemudian scroll kebawah kemudian klik tombol create snapshots.

snapshots wp reset

setelah itu nanti akan muncul popup, kemudian isi nama atau keterangan dari snapshot di kotak yang sudah disediakan.untuk nama atau keterangan bebas saja terserah anda.

snapshot

Menghapus theme dan plugin dg WP reset

secara defaultnya WP reset ini tidak bisa menghapus theme dan plugin, tapi ketika fitur ini diaktifkan maka plugin dan theme akan terhapus juga.

pertama silahkan anda ke tools>>WP Reset kemudian klik tab tools kemudian mudah saja silahkan klik hyperlink delete theme dan delete plugins.

menghapus theme

setelah anda klik link , maka akan muncul tampilan windows seperti dibawah ini

hapus plugin dan theme

kamu bisa memilih opsi mau menghapus semua file atau menghapus plugin tinggal di klik saja tombolnya.

setelah anda klik tombolnya nanti akan muncu popup konfirmasi, apakah anda yakin untuk menghapus semua theme, silahkan klik tombol delete all theme jika mau menghapus semua theme.

mau menghapus theme

setelah anda menghapus semua theme,maka anda harus melakukan installasi theme secara manual melalui cpanel.kerena jika anda install theme melalui appearence>> theme akan muncul tampilan seperti dibawah ini

theme wordpress

selain melalui cpanel anda juga bisa menambahkan theme dengan click tombol addnew seperti gambar diatas, atau jika butuh bantuan silahkan baca cara install theme di wordpress.

Restore data setelah melakukan reset wordpress

setelah website yang menggunakan platform wordpress ini direset, web akan kembali ke awal saat pertama kali melakukan instalasi wordpress. jadi kalalu di menu post ada artikel hallo word, kemudian di menu page ada default page, trus permalink juga masih default.

pada restore data ini anda bisa menggunakan plugin lain selain wp reset.

demikian tutorial ini dibuat, semoga bermanfaat

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *