elektronika

Mengenal micropython di esp32 dan esp8266

ketika kita belajar mikrokontroller seperti arduino biasanya biasanya kita menggunakan Arduino IDE sebagai tool sofware untuk pemrograman.

sama juga ketika kita menggunakan mikrokontroller jenis ESP 32 atau ESP8266 yang umum dilakukan adalah menggunakan arduino IDE jg.tapi kali ini saya akan membahas micropython sebagai bahasa pemrograman untuk ESP 32 atau ESP 8266.

nanti saya akan menjelaskan juga apa sih perbedaan antara micropython dan pemrograman python biasa, serta nanti kita akan mencoba pemrograman micropython ini untuk menyalakan LED di ESP32.

apa itu micropython ?

micropython merupakan salah satu bagian  dari pemrograman python yang dikhususkan untuk pemrograman pada mikrokontroler dan sistem embedded.

micropython ini sebenarnya sama saja dengan bahasa pemrograman python pada umumnya, jadi kalau anda sudah paham pemrograman python secara otomatis anda akan paham juga tentang micropython ini.

python vs micropython

sebenarnya fitur-fitur yang ada di bahasa pemrograman python ada juga di micropython, tapi perbedaan terbesarnya micropyhon ini dirancang untuk bekerja dalam kondisi yang terbatas, oleh kerena itu micropython ini librarinya terbatas dibandingkan dengan bahasa pemrograman python.

library yang terbatas tersebut termasuk library yang digunakan untuk mengakses hardware langsung, jadi kita bisa secara langsung untuk mengakses GPIO sebuah mikrokontroler.

ketika kita menggunakan ESP 32 atau  ESP8266, kita bisa mengakses modul-modul yang ada di ESP32 seperti WIFI dan sistem jaringan lainya dengan library yang ada di micropython.

Mengapa menggunakan micropython?

bahasa pemrograman python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini (AI,Big Data, website,Mikrokontroller,dll).bahasa pemrograman ini sangat sederhana dan mudah untuk dipelajari.

kalau sebelum-sebelumnya ketika kita belajar mikrokontroller atau mikroprosesor biasanya kita menggunakan bahasa assembly, tetapi sekarang ketika belajar tentang elektronika digital micropython merupakan salah satu bahasa pemrograman yang layak untuk anda coba.

micropyhon ini sangat mudah untuk dipelajari oleh karena itu ketika kita belajar tentang teknik antar muka, embedded sistem dan elektronika digital micropython ini bisa mempermudah pekerjaan kita.

selain itu micropython ini sangat cocok digunakan oleh hobbies, guru, dosen, pengajar, bahkan untuk tujuan pembuat produk untuk komersial.kali ini kita akan mencoba bagaimana cara memprogram ESP32 untuk menyalakan dan mematikan led menggunakan micropython.

from machine import Pin
from time import sleep

led = Pin(2, Pin.OUT)

while True:
  led.value(not led.value())
  sleep(0.5)

salah satu fitur yang keren dari micropython ini adalah REPL (Read-Evaluate-Print Loop).dengan REPL ini kita bisa langsung terhubung ke board serta kita bisa langsung melakukan run program tanpa harus mengkompile atau uplode codingnya.

berikut ini board yang support micropython.

  • ESP32
  • ESP8266
  • PyBoard
  • Micro:Bit
  • Teensy 3.X
  • WiPy – Pycom
  • Adafruit Circuit Playground Express

pada tutorial kali ini saya akan menggunakan micropython untuk esp32

install upycraf IDE

sebelum kita bahas lebih detil tentang micropython dengan ESP32 supaya dipastikan terlebih dahulu upycraf IDE ini sudah terinstall di komputer anda.untuk lebih detail bagaimana cara install upycraf IDE silahkan klik link dibawah ini

  • Cara install upycraf IDE

Flash / Upload Firmware micropython

supaya kita bisa menggunakan bahasa pemrograman python khususnya micropython maka kita harus mengupload / flashing firmware micropython ke board ESP32 atau ESP 8266.silahkan baca link dibawah ini bagaimana cara flash / upload firmware micropython ke ESP32 / ESP 8266 

Memulai program micropython di upycraft IDE

pada bab ini saya akan sharing bagaimana cara memulai pemrograman micropyhton menggunakan upycraft IDE.sofware ini terdiri dari tools > sebagai tempat proses development, debugging, dan uploading.sebenarnya banyak tool-tool lainya seperti tonny IDE, tapi kali ini saya menggunakan upycraft karena user friendly dan simple.

karena kita langsung mencoba pemrograman dengan upycraft IDE, maka saya berasumsi maka di komputer anda sudah ada :

  • upycraft IDE sudah terinstall di komputer
  • firmware micropython sudah di upload di board ESP32 / ESP8266

Pengenalan upycraft IDE

mari kita berkenalan lebih dekat tentang upycraft IDE :

  • Folder dan Files
  • Editor
  • Terminal / Shell Micropython
  • Tools

Folder dan Files

Pada bagian ini kita melihat beberapa folder dan file salah satunya adalah folder device.difolder device ini tersimpan file-file yang ada di ESP board.ketika board esp23 atau esp8266 terhubung secara serial ke upycraft IDE anda akan menemukan 2 file default yaitu boot.py dan main.py.

  • boot.py : file ini berisi konfigurasi-konfigurasi set up device esp32
  • main.py : file ini berisi coding dari program-program kita 

SD folder berfungsi untuk mengakses beberapa file yang tersimpan di SD card. dan folder ini bekerja jika device yang kita gunakan menggunakan tambahan sd card.

folder upy_lib berisi file-file library yang akan kita gunakan di ESP board nanti.

kemudian yang terakhir adalah workspace.folder ini berfungsi untuk menyimpan file-file kita atau file coding kita yang tersimpan didalam komputer.

Pertama kali kita membuka upycraft IDE pertama kali silahkan pilih workspace kemudian buat folder yang ada dikomputer sebagai tempat penyimpanan file program-program kita.kemudian setelah itu silahkan pilih menu FILE > Reflush Directory ( untuk mengupdate direktori yang sudah kita buat tadi).

note : untuk merubah direktori yang sudah kita buat tadi menjadi direktori lainya mudah saja tinggal pilih menu Tools > Initconfig kemudian pilih direktori lainya.

EDITOR

fungsi dari editor ini adalah sebagai tempat untuk menulis program-program micropython kita *.py.editor ini bisa kita buka lebih dari satu ( beberapa editor).

Micropython Shell / terminal

di shell ini kita bisa langsung mengeksekusi coding yang kita buat dengan menggunakan perintah command tanpa harus kita upload terlebih dahulu ke board ESP.terminal ini juga memberikan beberapa informasi tentang coding yang kita buat seperti eksekusi program, error program, syntax error, dan pesan-pesan lainya.

Tools

ini berisi tombol shorcut- shorcut yang bisa kita gunakan secara cepat tanpa harus memilih file menu diatas berikut ini adalah keterangan dari tombol-tombol shurcutnya.

  • New file > untuk membuat file baru di editor upycraft
  • Open file > membuka file yang ada di drive komputer
  • save file > menyimpan file
  • download and run >  upload coding micropython ke board ESP
  • Stop > berfungsi untuk menghentikan eksekusi program
  • connect / disconnect : berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan koneksi ke board ESP

Menjalankan program micropython dg upycraft

setelah anda mengupload firmware micropython di board ESP maka langkah selanjutnya adalah kita akan menghubungkan ESP board ke dalam komputer kita.berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Pilih menu tools > board silahkan pilih device yang anda gunakan
  • pilih tools > Port silahkan dipilih jenis port dari ESP board anda.
  • klik tombol connect untuk menghubungkan ESP board ke komputer secara serial

setelah klik tombol connect nanti di shell / terminal akan muncul tanda seperti ini >>> .selanjutnya kita test menggunakan commmand prompt dengen perintah seperti dibawah ini

>> print (‘testing’)

Testing

>>

komunnikasi dikatakan berhasil ketika kita muncul pesan testing, tapi ketika pesan tidak tampil silahkan dicek ulang sistem komunikasi serialnya atau proses upload / flash firmware micropython bermasalah.

Membuat File main.py di board ESP

  1. Klik tombol new file
  2. Klik tombol save untuk menyimpan file di komputer anda dengan nama main.py
  3. setelah proes 1 dan 2 maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini
  4. tuliskan program dibawah ini di file main.py
  5. untuk upload code script diatas di ESP32 board silahkan klik tombol download and run button.
  6. ketika proses diatas sukses, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!