elektronika

Flash/Upload MicroPython Firmware to ESP32 and ESP8266

pada tutorial kali ini saya akan sharing tentang bagaimana caranya melakukan flash /upload firmware micropython ke ESP32 ataupun ESP8266 menggunakan sofware upycraft IDE.

Sebelum kita lanjutnya tutorial ini , silahkan dipastikan terlebih dahulu dikomputer anda sudah terinstall sofware upycraft IDE, jika belum anda silahkan melakukan instalasi terlebih dahulu untuk tutorilanya silahkan klik link ini cara install upycraft IDE di sistem operasi windows.

setelah sofware upycraft IDE ini sudah terinstal di laptop masing-masing, maka dengan mudah kita bisa memulai untuk mengupload firmware python ke ESP32 atau ESP8266.

ok langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara melakukan flasing ke ESP32.

Flash / Upload Firmware Micropyhton ke ESP32

silahkan download versi terbaru dari firmware micropyhton untuk ESP32 di download firmware microphyton , setelah masuk di halaman silahkan scrol kebawah kemudian cari generic ESP32 module

setelah klik bagian yang saya kasih tanda kotak merah diatas silahkan download firmware ESP32 dan silahkan pilih firmware yang terbaru.

silahkan download firmware yng ada tanda kotak merah diatas

setelah download firmware diatas langkah selanjutnya adalah buka sofware upycraf IDE

Memilih Port Serial

Pilih Menu Tools > Serial > kemudian silahkan pilih com port nya

Note :

  • ketika pas anda pilih serial kemudian COM port nya tidak ada maka kemungkinannya ada 2 yaitu 1).USB driver belum terinstall 2.) ESP32 belum anda hubungkan dengan laptop / komputer anda.

ketika anda tidak menemukan com portnya maka bisa dipastikan bahwa USB drivernya berlum terinstall dan solusinya adalah silahkan anda download drivernya di internet.

tapi perlu diketahui juga bawah The ESP32 DEVKIT V1 DOIT board menggunakan chip CP2102.

langsung saja silahkan buka google.com untuk mencari drivernya

kemudian anda bisa download driver CP2102 di websitenya silicon labs

setelah driver USB anda download kemudian silahkan di install di komputer anda masing-masing, kemudian setelah itu silahkan restart sofware upycraft IDE kemudian setelah dibuka kembali sofware upycraft kemudian silahkan ke menu tools > Serial > Pilih Port COM nya.

Pemilihan Board di Upycraf IDE

Pilih menu Tools > board , kemudian silahkan pilih menu ESP32

Flashing / Upload Firmware micropython

Pilih menu Tools > BurnFirmware

selanjunya pilih semua opsi yang muncul ketika akan melakukan upload firmware ke ESP32 board :

  • board : esp32
  • burn_addr: 0x1000
  • erase_flash: yes
  • com: COMX (ini sesuaikan dengan COM yang muncul di komputer anda, dikomputer saya COM5)
  • Firmware: Select “Users”  

kemudian silahkan pilih tombol choose kemudian cari file firmware yang kamu download sebelumnya

setelah proses diatas sesuai dengan panduan, langkah selanjutnya adalah silahkan tekan tombol boot di board ESP32 beberapa saat

selama anda menekan tombol boot di ESP32, klik tombol OK pada windows burn firmware

ketika proses erase flash sudah berjalan tombol boot yang anda tekan di ESP32 bisa anda lepaskan, dalam beberapa saat firmware akan terupload di ESP32.

jika pada proses burn firmware pada gambar diatas prosesnya tidak bergerak sama sekali atau mencul error itu berarti ESP32 tidak dalam mode flash, solusinya adalah silahkan ulangi prosesnya.

Flash / Upload Firmware Micropyhton ke ESP32

untuk proses upload firmware micropython ke ESP 8266 prosesnya mirip dengan proses upload firmware micropython ke esp32, jadi silahkan saja ikuti langkah-langkahnya seperti diatas, cuma bedanya hanya pada saat pemilihan tipe mikrokontroller saja yaitu yang sebelumnya ESP32 maka silahkan rubah ke ESP 8266.

Demikan tutorial tentang bagaimana cara upload firmware micropython ke ESP32 maupun ke ESP 8266 semoga saja bermanfaat untuk anda.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!