blog diagram sistem komunikasi

Balajar blok diagram dari sistem komunikasi

Posted on

Sistem komunikasi

komunikasi merupakan salah satu proses untuk membuat koneksi atau link antara dua titik / point untuk bertukar suatu informasi atau data. atau pengertian mudah dari komunikasi adalah suatu proses untuk saling bertukar informasi atau data.

suatu peralatan elektronik yang fungsi utamnya untuk komunikasi disebut sebagai peralatan komunikasi.suatu peralatan komunikasi yang berbeda-beda ketika di integrasikan akan membentuk suatu sistem komunikasi.

berikut ini adalah beberapa contoh dari suatu sistem komunikasi : radio untuk memandu pesawat terbang untuk mendarat, line telepon, line telegraf, radio untuk navigasi, komunikasi radar, radio broadcasting, komunikasi poin to poin, komunikasi mobile, komunikasi komputer, saluran televisi, radio telementri, dll.

Proses Komunikasi

pengertian fundamental dari proses komunikasi ini adalah informasi yang ditransmisikan dari satu titik ke titik lainya dengan proses yang berurutan seperti dibawah ini

  • memvisualisasikan gambaran pada otak manusia
  • menggambarkan suatu gambar, dengan dimensi dan ukuran tertentu dengan suatu simbol
  • mengkodekan suatu simbol kedalam suatu bentuk lain kemudian di transmisikan melalui suatu media
  • mentransmisikan hasil pengkodean ketempat tujuan
  • mengdecode menjadi simbol aslinya
  • membuat kembali gambar asli dimana kualitas bisa diturunkan.

blog diagram dari suatu sistem komunikasi

dibawah ini merupakan gambaran secara umum tentang sistem komunikasi, untuk lebih detilnya silahkan anda lihat gambarnya

blog diagram sistem komunikasi
sumber gambar : electronicspost.com

kalau kita lihat dari gambar diatas sistem komunikasi ini melibatkan beberapa blog komponen penting seperti : information source , input transducer, chanel komunikasi, transmisi, reciever dan destinasi.

ok, setelah ini kita akan membahas satu persatu komponen-komponen yang ada di sistem komunikasi.

Information source / sumber informasi

kita tahu bahwa bawah tujuan dari sistem komunikasi ini adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi dari penyempai pesan ( information source).

pada dasarnya jenis-jenis pesan yang disampaikan oleh source ini yang bermacam-macam bentuknya seperti kata, kodem simbol , sinyal suara, video, gambar, dll

jadi kesimpulannya bisa dikatakan yang namanya information source ini menghasilkan suatu pesan yang akan di transmisikan ke tempat tujuan.

Input transducer

tranduser adalah suatu peralatan yang fungsinya untuk merubah bentuk energi menjadi suatu energi lainya.

data atau informasi dari source bisa saja berupa sinyal elektrik bisa saja bukan sinyal elektrik, jika informasi dari sumber berupa besaran fisik(Temperature, tekanan, level, dan aliran) maka tranduser ini lah yang akan merubah besaran fisik ini menjadi sinyal elektrik.

Transmitter

salah satu fungsi dari tansmitter adalah untuk mengolah suatu sinyal elektrik supaya bisa di transmisikan ke tempat tujuan.

misalnya saja sinyal listrik dari besaran fisika ( Flow, Level, Pressure, dan temperatur) sinyal listrik 4-20ma akan di transmisikan oleh transmitter ke control room.

contoh lainya ketika siaran radio suara yang dihasilkan akan dirubah oleh tranduser menjadi sinyal elektrik kemudian akan di transmisikan oleh transmitter dengan frekeunsi 5Khz.

sinyal radio ini ketika akan dikirim dengan jarak yang jauh maka dibutuhkan suatu peguatan sinyal.

caranya adalah sinyal tadi akan dimodulasi, sinyal pesan akan ditumpangkan pada sinyal pembawa dengan frekuensi yang tinggi.

jadi kesimpulanya adalah transmitter ini fungsinya untuk mengencode dan memodulasi data.

channel dan noise

yang dimaskud channel disini adalah salah satu media yang digunakan untuk menyalurkan informasi dari sumber ke penerima ( source ), jadi chanel ini juga merupakan saluran fisik diantara pemancara dan penerima.

ada dua tipe channel ini yaitu point to point channel dan brodcast channel.contoh dari poin to point channel ini adalah koneksi kabel, koneksi microwaves dan koneksi fiber optik.untuk channel kabel ini prinsip kerjanya menggunakan gelombang elektromagnetik untuk untuk mentransmisikan datanya.

kalau koneksi microwaves ini prinsip kerjanya sinyal akan ditransmisikan secara radiasi sebagai gelombang elektromagnetik di udara, ini sangat cocok digunakan untuk komunikasi jarak jauh.

fiber optik ini salah satu channel atau media yang mempunyai losses kecil, stabil, core dari kabel ini menggunakan serat optik.

walaupun ketiga media diatas beroperasi berbeda-beda, tetapi semua menyediakan media fisik untuk mentransmisikan sinyal dari source ke destination secara point to point.

disisi lain broadcast channel bisanya menyampaikan informasi dari source ke destination secara bersamaan hanya dari satu pemancar saja.

contoh dari channel broadcast ini adalah satelit yang ada di orbitnya yang bisa memancarkan sinyal atau bisa mengcover sepertiga permukaan bumi.

kelemahan dari channel broadcast ini adalah adanya noise, yaitu sinyal yang tidak dinginkan yang bisa saja mengganggu sinyal aslinya.

Reciever

fungsi utama dari reciever ini adalah untuk menyusun sinyal pesan yang dikirim oleh source.penyususan ulang sinyal di reciever ini disebut dengan demodulasi.

Destination

destination ini merupakan tempat akhir dari sinyal yang dikirim oleh source.dan didestination ini juga bentuk sinyal sudah seperti sinyal awal yang dikirim oleh source.

contoh: misal kita mengirim data suara dari source ( pemancar radio) suara akan dirubah ke dalam sinyal elektrik oleh tranduser kemudian di transmisikan melalui channel sampai akhirnya sinyal di demodulasi, kemudian sinyal sampai di destination mejadi suara.

 

 

 

Gravatar Image
Assalamualaikum,Saya Wasis saat ini tinggal di surabaya dan sebagai lecturer di salah satu politeknik negeri bidang energi, selain sebagai lecturer saya mengelola beberapa blog serta menyukai digital marketing, seo dan IT. email : [email protected]

2 comments

    1. untuk gangguan yg paling sering adalah adanya noise.untuk mengurangi noise bisa menggunakan filter,jika menggunakan kabel usahakan jangan terlalu panjang,hindari mesin yg ada electricalnya,dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *